Web Analytics Made Easy - Statcounter

Build Claude Tersakit dan Terkuat di Mobile Legends 2023

Claude merupakan salah satu hero Mobile legends bertipe Marksman sama seperti Bruno, yang pernah meta pada masanya. Claude Memiliki kemampuan bertarung yang licin, memiliki damage dan attack speed yang tinggi, sehingga Claude bisa memberikan damage luar biasa dengan menggunakan skillset-nya. Claude saat ini banyak digunakan sebagai gold lane, tetapi buat kalian yang senang bermain hyper carry, Claude juga masih cocok.

Bermain Claude terbilang agak sulit karena dibutuhkan skill mekanik yang bagus. Hal ini dibutuhkan agar memudahkan kalian dalam menggunakan setiap skill serangannya dengan baik dan tepat. Tantangan terbesar bermain hero ini, adalah harus pintar-pintar menjaga stack-nya agar tidak hilang saat dibutuhkan, misalnya ketika akan terjadi suatu war atau teamfight.

Claude memiliki mobilitas yang baik daro pasif skill Claude yang memberinya attack speed tambahan dan juga bisa meningkatkan movement speed-nya. Karena jika stack-nya penuh, maka Claude bisa bergerak dengan cepat, ditambah lagi penggunaan skill keduanya (blink) pun bisa lebih memaksimalkan mobilitas Claude.

Selain itu damage yang dihasilkan dari skill ultimate Claude pun sangat besar, apalagi ditambah dengan build item yang pas, pasti damage yang dihasilkan akan lebih besar lagi. Skill ultimate ini bisa kamu manfaatkan untuk memberikan burst damage kepada hero atau unit lawan. Selain itu, dengan perpaduan stack maksimal dari pasif skill Claude dan skill ultimate-nya, maka damage yang dihasilkan akan sangat besar.

Oleh karena itulah kalian harus bisa memainkan dan menjaga stack-nya dengan baik, dan juga kalian harus memperhatikan penggunaan build item yang sesuai, agar Claude menjadi Marksman dengan damage tersakit di Land of Dawn.

Kisah Tentang Hero Claude Mobile Legends

Hero Claude Mobile Legends

Sebelum lanjut, disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu kisah hero Claude Mobile Legends, yang mungkin saja ingin kamu ketahui. Buat kamu yang penasaran dan ingin mengetahui kisah latar belakang Claude, silakan baca ulasannya setelah ini. Dan buat yang tidak penasaran, bisa langsung skip ke pembahasan build Claude Mobile Legends tersakit dan terkuat.

Claude dikisahkan sebagai seseorang yang lahir di Los Pecados, suatu kota di bagian barat Land of Dawn yang terkenal dengan kejahatannya. Kota ini tidak terdapat pemerintahan ataupun tata tertib, sehingga tidak kaget kalau banyak kejahatan disana.

Claude tumbuh besar di tempat demikian sebagai seorang yatim piatu, ia juga belajar cara bertarung, berbohong, berjudi, dan mencuri untuk bisa bertahan hidup di Loc Pecados. Claude sangat berbakat dalam mencuri, dan tidak ada pencuri yang dapat menyaingi ketajaman mata dan kelincahannya.

Tidak butuh waktu lama baginya untuk menjadi pemimpin dari sekelompok gelandangan, dengan mengandalkan kemampuannya, dan akhirnya Claude menjadi terkenal di Los Pecados. Dia juga menemukan seseorang yang akan menawarkan perlindungan kepadanya dan kelompoknya (Waldo Kane).

Kane belum mencapai monopoli Los Pecados yang dia impikan. Ambisi dan konspirasi yang liar memenuhi dirinya. Baginya, sekelompok gelandangan ini merupakan alat yang sempurna untuk mencapai tujuannya. Di balik topeng kebajikannya, dia memanipulasi anak-anak dengan kebohongan dan kasih sayang palsu yang membuat mereka jatuh dalam hidup yang gelap. Hingga membentuk mereka menjadi bagian atau anggota kelompok kriminalnya, dengan setiap anak-anak tersebut memanggilnya “Ayah”.

Ketika dia berusia 18 tahun, Claude diberikan tugas yang besar; Dia harus pergi ke Castle Grandrock di bagian utara Moniyan, menyelinap ke dalam rumah Duke of Vance. Kemudian, dia harus berpura-pura mencuri laporan rahasia, sambil menyalahkan kelompok lain. Kane berjanji kepada Claude bahwa dia akan ditunggu oleh beberapa orang ketika dia telah masuk. Setelah dia menyelesaikan misi ini, Claude dan timnya akan diberikan tempat tinggal mereka sendiri, sehingga mereka tidak perlu lagi tinggal di daerah kumuh.

Akan tetapi, yang sebenarnya terjadi tidak pernah terbayangkan oleh Claude. Tidak ada yang menunggunya setelah ia masuk; dia bukanlah apa-apa selain sebuah bidak, dan dia maupun saudaranya tidak akan menerima hadiah apapun. Seperti Claude, saudara-saudara mereka hanyalah batu loncatan bagi ‘Ayah’ (Pemimpin Waldo Kane) mereka untuk menjadi raja Los Pecados.

Maka, ketika dia menyelinap masuk ke dalam rumah Duke of Vance, dia menemukan sebuah perangkap yang sudah menunggunya. Yang Claude dapat lakukan hanyalah menerima nasibnya, dan menunggu untuk ditahan. Setelah sidang yang cepat, dia divonis bersalah dan dimasukkan ke dalam penjara yang dingin dan gelap. Dikurung dan dirantai, Claude dipenuhi dengan penyesalan, hilang tanpa arah dan tanpa tujuan. Satu-satunya hal yang membuatnya bertahan adalah saudara-saudaranya

Warta Menarik:   Build Layla Tersakit di Mobile Legends - Mudah Dapat Savage!!

Hari-hari berjalan dengan lambat. Suatu hari Claude berpindah sel, dan berbagi sel dengan seorang kakek tua dengan janggut dan rambut seputih salju. Orang tua aneh ini tak lain dan tak buka adalah sang pencuri legenda ~ Merlin. Merlin yang sangat kuat dan pintar memiliki alasan dikurung dalam sebuah penjara. Alasan yang membuat Claude terkejut; Dia hanya ingin tempat yang tenang untuk pensiun.

Claude yang licik mengatakan kepada Merlin tentang masa mudanya. Maka, Merlin memutuskan bahwa Claude akan menjadi ahli warisnya. Tetapi sebagai gantinya, Claude harus memenuhi permintaan aneh Merlin. Setelah kabur dari penjara, Claude harus mencuri di seluruh kota di segala penjuru Land of Dawn, sambil meninggalkan tanda khasnya.

Dua tahun berikutnya, Claude mewarisi segala teknik Merlin dalam penipuan, melarikan diri, dan pertarungan. Kemampuannya berkembang hingga dia siap untuk mencuri segala benda yang dia dapat bayangkan. Suatu malam, Claude memulai rencananya untuk kabur dari penjara dan merebut kebebasannya kembali.

Skin Claude Christmas

Untuk memenuhi janjinya, Claude berkelana ke seluruh Land of Dawn selama bertahun-tahun. Jalanan dipenuhi oleh desas-desus mengenai Claude, pesonanya, dan kemampuannya yang luar biasa. Dengan senyuman khasnya, Claude adalah orang yang harus dicari jika Anda ingin sesuatu dicuri, tanpa peduli barang apapun itu. Yang dia minta adalah bayaran yang besar, serta barang yang dicuri berasal dari tangan jahat.

Sementara ini berlanjut, Claude ditemani oleh rekan yang sempurna ~ Dexter yang misterius. Monyet kecil nakal ini pertama kali bertemu Claude di Moniyan, di mana dia mencuri koin emas keberuntungan Claude. Setelah pengejaran yang singkat, mereka pun bersahabat dan Claude mengangkat Dexter sebagai rekannya. Maka petualangan mereka pun dimulai.

Pada tahun kelima sejak keberangkatannya dari Los Pecados, Claude akhirnya menyelesaikan janji yang dibuatnya dengan Merlin. Dia meninggalkan jejaknya di seluruh kota di Land of Dawn. Berikutnya, dia kan kembali ke Los Pecados, tetapi tidak ada yang dapat mempersiapkan Claude untuk apa yang akan dia lihat ketika kembali setelah lima tahun lamanya.

Teman-teman lamanya belum berkembang dalam dunia bawah tanah, bebas dari kemiskinan dengan ‘Ayah’ mereka yang manipulatif. Tidak, suatu nasib yang berbeda telah menimpa mereka. Dia melihat bahwa masih terdapat anak-anak jalanan di seluruh sudut kota ini, sama seperti Claude di masa lalu dan bahkan lebih banyak dari sebelumnya.

Claude telah ditipu dan ini membuatnya dipenuhi dengan amarah. Dia mulai merencanakan balas dendamnya. Waldo Kane telah memonopoli kota ini, menjadi raja Los Pecados. Untuk melancarkan balas dendamnya, Claude menyelinap ke Eruditio dan dengan bantuan Dexter memasuki penjara. Dia kemudian mencuri benda temuan Dr. Rooney-Mirror Device.

Bangga dengan keberhasilannya, dia kemudian melihat suatu tulisan pada benda tersebut: “Saya berharap bahwa alat ini dapat membantu Anda. Jika Anda memiliki ide atau saran untuk mengembangkannya, hubungi saya! ~Rooney.”

Dengan hadiah dari Dr. Rooney, Claude dan Dexter segera pergi ke Los Pecados. Di kota yang dipenuhi kekacauan dan kejahatan ini, dia kaan membalaskan dendamnya pada Waldo Kane ~ Tamat.

Build Claude Mobile Legends Tersakit dan Terkuat

Skin Claude MSC Mightiest

Disamping memainkan mekanik skill-nya dengan baik dan menjaga stack-nya dengan baik, kamu juga wajib memperhatikan penggunaan build dengan susunan atau equipment sesuai, agar Claude menjadi Marksman dengan damage tersakit di Land of Dawn.

Untuk itu, di bawah ini kami merekomendasikan equipment build yang cocok untuk Claude saat ini, agar menjadi Marksman tersakit dan bisa memperoleh MVP.

Tough Boots

Equipment movement atau sepatu yang banyak digunakan oleh player Claude saat ini adalah Tough Boots. Tough Boots ini memiliki pasif mengurangi durasi efek crowd control yang diberikan oleh hero lawan dan memberikan tambahan magical defense.

Atribut Tough Boots:

  • + 40 Movement Speed
  • + 22 Magical Defense

Pasif Unik – Fortitude: Durasi efek crowd control yang diterima berkurang sebesar 30%

Demon Hunter Sword

Equipment kedua yang wajib Claude beli adalah Demon Hunter Sword (DHS). Efek DHS ini bisa membuat lawan yang keras atau memiliki HP tebal, bisa di eliminasi dengan mudah. Karena memang pada dasarnya DHS berguna sebagai pembunuh Tank.

Atribut Demon Hunter Sword:

  • + 35 Physical Attack
  • + 25% Attack Speed

Pasif Unik – Devour: Basic attack akan memberikan 9% dari HP target yang tersisa sebagai tambahan physical damage (bisa mencapai 60 terhadap Minion dan Creep). Dan setiap basic attack juga akan memberikan 3% physical lifesteal yang akan berlangsung selama 3 detik. Bisa di stack hingga 5 kali.

Golden Staff

Equipment ketiga yang juga harus kamu beli adalah Golden Staff, untuk meningkatkan physical attack dan attack speed Claude menjadi lebih tinggi. Dengan item ini, basic attack Claude akan menjadi semakin sakit di early-mid game dan semakin cepat pula tembakan dari pistolnya.

Warta Menarik:   Build Eudora Tersakit dan Terkuat di Mobile Legends 2023

Atribut Golden Staff:

  • + 65 Physical Attack
  • + 15% Attack Speed

Pasif Unik – Swift: Tidak dapat meningkatkan critical chance, sehingga setiap 1% critical chance yang didapatkan akan diubah menjadi attack speed Claude sebesar 1%.

Pasif Unik – Endless Strike: Setelah setiap kali Claude mengeluarkan 2 basic attack non critical, attack speed dari basic attack berikutnya akan meningkat sebesar 100% dan akan aktif selama 2 detik.

Brute Force Breastplate

Setelah item wajib di atas sudah kamu beli, selanjutnya di mid game Claude membutuhkan equipment defense Brute Force Breastplate untuk memberikan tambahan HP yang cukup banyak, untuk menunjang kebutuhan pertahanan Claude agar tidak mudah mati. Item ini memberikan stack defense ke Claude, serta memberikan tambahan physical defense yang akan membuat Claude makin mudah bertahan di dalam war.

Atribut Brute Force Breastplate:

  • + 770 HP
  • + 45 Physical Defense

Pasif Unik – Brute Force: Ketika menggunakan skill atau basic attack akan menambahkan movement speed sebesar 2%, physical & magic defense sebesar 4. Pasif ini akan berlangsung selama 4 detik dan bisa di stack hingga 5 kali.

Wind of Nature

Di late game Claude saya sarankan untuk memberli equipment Wind of Nature (WON) yang memberikan efek immune terhadap physical attack. Equipment ini dapat dibilang sebagai item attack dan item defense sekaligus, karena WON akan memberikan tambahan attack dari atributnya dan akan menambahkan defense dari pasif yang dimilikinya.

Pasif WON dapat diaktifkan, jika kamu menekan logo equipment Wind of Nature yang muncul di kanan layar, setelah kamu membelinya.

Atribut Wind of Nature:

  • + 30 Physical Attack
  • + 20% Attack Speed
  • + 10% Physical Lifesteal

Skill Aktif – Wind Chant: Mengaktifkan immune (perlindungan) terhadap physical damage yang akan aktif selama 2 detik (durasi akan berkurang setengah jika digunakan oleh hero Non-Marksman). Efek ini memiliki cooldown selama 70 detik.

Malefic Roar

Ketika gameplay sudah memasuki akhir pertandingan, pastinya Claude membutuhkan tambahan penetration (PEN) untuk menghadapi musuh yang memiliki physical defense yang tinggi.

Atribut Malefic Roar:

  • + 60 Physical Attack
  • + 35% Physical Penetration

Pasif Unik – Armor Buster: Setiap physical defense yang dimiliki oleh lawan akan meningkatkan physical penetration Claude sebesar 0.05% saat memberikan damage kepadanya, dibatasi hingga maksimal 20%.

Spare Equipment

Slot spare equipment atau item cadangan yang juga muncul pada kolom rekomendasi pembelian, mungkin saja perlu kamu isi juga agar ketika gameplay berjalan kamu bisa dengan mudah mengganti atau menyesuaikan equipment yang kurang pas dengan kondisi permainan.

Rose Gold Meteor

Equipment Rose Gold Meteor bisa kamu jadikan alternatif sebagai pengganti Brute Force Breastplate jika item defense tersebut tidak begitu dibutuhkan di dalam gameplay. Rose Gold Meteor memberikan Claude sheild ketika HP-nya rendah.

Atribut Rose Gold Meteor:

  • + 60 Physical Attack
  • + 30 Magical Defense
  • + 5% Physical Lifesteal

Pasif Unik – Lifeline: Ketika HP akan berkurang hingga 30%, Claude memperoleh 510-1350 sheild (berskala dengan level) dan 25 magic defense tambahan selama 3 detik. Pasif ini memiliki cooldown selama 40 detik.

Radiant Armor

Ketika hero musuh banyak memiliki magic damage berkelanjutan/damage bertubi-tubi, maka Claude harus menggunakan equipment Radiant Armor untuk bisa meng-counter dan bertahan dari magic damage berkelanjutan tersebut.

Atribut Radiant Armor:

  • + 950 HP
  • + 52 Magical Defense
  • + 12 HP Regen

Pasif Unik – Holy Blessing: Meningkatkan magic damage reduction sebanyak 3-10 setelah menerima magic damage (berskala dengan level), berlangsung selama 3 detik dan dapat di-stack hingga 6 kali.

Custom Emblem Untuk Hero Claude

Emblem yang paling cocok dan paling sakit untuk Claude tentunya adalah Emblem Marksman. Ya, karena pada dasarnya Bruno memang seorang Marksman, jadi lebih cocok menggunakan Emblem Marksman, karena pada emblem tersebut Claude akan mendapatkan tambahan lifestealcriticalattack speedpenetration, dan physical attack.

Nah, untuk susunan Emblem-nya sendiri bisa kamu lihat pada gambar di atas. Dengan detailnya adalah adalah 3/3 Bravery untuk talent pertama, 3/3 Swift untuk talent kedua, dan Weakness Finder untuk talent ketiga.

Lalu bagaimana jika menggunakan Emblem Assassin? Ya, sebenarnya boleh-boleh saja dan banyak juga yang menggunakan Emblem Assassin untuk Claude. Namun, perlu kamu ketahui kalau Emblem Assassin tidak memberikan tambahan attack speed, dan physical lifesteal, yang mana kedua efek tersebut sebenarnya sangat cocok dengan Marksaman seperti Claude.

Namun, jika kamu lebih memilih Embelm Assassin dengan alasan level Emblem Assassin lebih tinggi dibandingkan Emblem Marksman maka silakan saja. Dan untuk susunan Emblem-nya saya sarankan menggunakan 3/3 Agility, 3/3 Invasion, dan Killing Spree.

Battle Spell Claude

Sebenarnya tidak ada Battle Spell pasti yang harus digunakan Claude, karena memang semua itu tergantung dengan peran apa yang kamu ambil di Land of Dawn, dan cara bermain Claude kamu. Banyak juga orang yang menggunakan Execute untuk menghabisi musuh di HP terakhirnya, dan ada juga yang menggunakan Retribution jika ia seorang hyper carry.

Warta Menarik:   Simak 10 Aplikasi Penghasil Saldo Dana Terpercaya dan Tercepat Membayar

Tapi banyak player yang menggunakan Speel Flicker. Megapa demikian? Karena dengan Flicker kamu bisa kabur atau mengejar hero lawan. Terlebih lagi Flicker lebih bisa digunakan di berbagai kondisi, dan bisa dikombinasikan dengan ultimate Claude.

Alternatif Build Claude by Top Global & Pro Player

Seperti biasa, selain merekomendasikan build Claude tersakit dan terkuat seperti yang sudah saya tuliskan di atas, saya juga telah menyiapkan alternatif build Claude yang bisa kamu coba gunakan. Alternatif build ini datang dari Top Global Claude, dari salah satu pro player Claude, dan satu tambahan alternatif build jika ingin bermain Claude sebagai hyper carry.

Build by Top Global Claude

Untuk alternatif build yang pertama dari Top Global Claude ini cocok digunakan jika kamu menggunakan Claude sebagai gold lane. Pada gambar di atas, bisa kamu lihat juga custom Emblem Marksman yang dia gunakan dan battle speel-nya.

Nah, untuk susunan equipment build-nya secara detail adalah sebagai berikut:

  • Warrior Boots: + 40 Movement Speed, + 22 Physical Defense (Stack Physical Defense)
  • Demon Hunter Sword: + 35 Physical Attack, + 25% Attack Speed (Pembunuh Tank)
  • Golden Staff: + 65 Physical Attack, + 15% Attack Speed (Memperkuat Basic Attack)
  • Brute Force Breastplate: + 770 HP, + 45 Physical Defense (Stack Defense)
  • Malefic Roar: + 60 Physical Attack, + 35% Physical PEN (Physical Penetration)
  • Rose Gold Meteor: + 60 Physical Attack, + 30 Magical Defense, + 5% Physical Lifesteal (Menciptakan Sheild saat HP Rendah)
  • Wind of Nature (Spare Equipment): + 30 Physical Attack, + 20% Attack Speed, + 10% Physical Lifesteal (Immune Terhadap Physical Attack)
  • Athena’s Shield (Spare Equipment): + 900 HP, + 62 Magical Defense, + 2 HP Regen (Menahan Burst Magic Damage)

Build by Pro Player Claude

Lanjut untuk alternatif build kedua, yang mana ini datang dari salah satu pro player Claude. Dia juga menggunakan Claude sebagai gold lane dengan build seperti gambar di atas, Emblem Assassin, dan battle speel Execute.

Untuk custom Emblem-nya bisa kamu coba dengan meniru susunannya pada gambar di atas. Lalu untuk detail equipment build-nya, seperti di bawah ini:

  • Warrior Boots: + 40 Movement Speed, + 22 Physical Defense (Stack Physical Defense)
  • Demon Hunter Sword: + 35 Physical Attack, + 25% Attack Speed (Pembunuh Tank)
  • Golden Staff: + 65 Physical Attack, + 15% Attack Speed (Memperkuat Basic Attack)
  • Corrorsion Scythe: + 80 Physical Attack, + 25 Attack Speed (Menimbulkan Efek Slow dari Basic Attack)
  • Athena’s Shield: + 900 HP, + 62 Magical Defense, + 2 HP Regen (Menahan Burst Magic Damage)
  • Malefic Roar: + 60 Physical Attack, + 35% Physical PEN (Physical Penetration)
  • Brute Force Breastplate (Spare Equipment): + 770 HP, + 45 Physical Defense (Stack Defense)
  • Immortality (Spare Equipment): + 800 HP, + 40 Physical Defense (Resurrect)

Build Claude Hyper Carry

Jika kamu memainkan Claude sebagai hyper carry, maka silakan gunakan build, custom emblem jungle, dan battle speel-nya seperti di atas. Build ini sangat saya rekomendasikan, karena win rate-nya saja 99%, jadi bisa dibilang tidak pernah kalah.

Untuk detail equipment build-nya adalah sebagai berikut:

  • Tough Boots + Ice Retribution: + 40 Movement Speed, + 22 Magical Defense (Mengurangi Durasi Efek Crowd Control)
  • Demon Hunter Sword: + 35 Physical Attack, + 25% Attack Speed (Pembunuh Tank)
  • Golden Staff: + 65 Physical Attack, + 15% Attack Speed (Memperkuat Basic Attack)
  • Wind of Nature: + 30 Physical Attack, + 20% Attack Speed, + 10% Physical Lifesteal (Immune Terhadap Physical Attack)
  • Athena’s Shield: + 900 HP, + 62 Magical Defense, + 2 HP Regen (Menahan Burst Magic Damage)
  • Malefic Roar: + 60 Physical Attack, + 35% Physical PEN (Physical Penetration)
  • Endless Battle (Spare Equipment): + 65 Physical Attack, + 5 Mana Regen, + 250 HP, + 10% Cooldown Reduction, + 5% Movement Speed, + 10% Physical Lifesteal (Memperkuat Basic Attack)
  • Queen’s Wings (Spare Equipment): + 25 Physical Attack, + 900 HP, + 10% Cooldown Reduction (Damage Reduction)

Akhir Kata

Susunan build yang utama sifatnya universal, dan bisa kamu gunakan sebagai gold lane, ataupun hyper. Namun bila kamu tidak cocok, bisa menggunakan salah satu dari tiga alternatif build yang sudah saya sediakan.

Selain build Claude tersakit, kamu juga bisa membaca artikel yang tidak kalah menarik lainnya yaitu Build Esmeralda Tersakit di Mobile Legends.

Mungkin cukup sekian dulu artikel yang dapat saya bagikan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita seputar Mobile Legends Bang Bang. Oh iya, perlu kamu ingat juga kalau di dalam gameplay kamu harus menyesuaikan pemilihan equipment dengan kondisi pertempuran di Land of Dawn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK