Build Bruno Tersakit dan Terkuat di Mobile Legends 2022

Bruno merupakan salah satu hero marksman Mobile Legends yang memiliki damage tinggi dan critical yang tinggi. Hal ini tidak lain adalah karena skill pasifnya yang memberinya 4 persen critical chance jika skill-nya mengenai hero musuh dan efek ini dapat di-stack hingga 5 kali. Selain itu Bruno juga memiliki mobilitas yang baik, sehingga cukup lincah untuk dimainkan di Land Of Dawn.

Bruno menjadi hero marksman yang jarak serangan atau jarak tembaknya yang cukup jauh. Jarak tembak yang jauh tersebut membuatnya cukup aman dimainkan di early game dan susah dibunuh karena memiliki skill blink juga. Dengan begitu, hero Bruno tentu bisa diandalkan untuk menghabisi lawan-lawannya di Land of Dawn dari jarak jauh dan juga ia cukup kuat di pertengahan hingga akhir game.

Berkat kemampuan keduanya (skill blnik) ia menjadi lebih cepat untuk mengejar atau melarikan diri, serta skill ini juga sangat baik untuk positioning dalam pertarungan tim. Untuk sumber damage utama hero ini berasal dari skill Volley Shot atau skill satunya, yang mana ia akan menanamkan kekuatan ke Mecha Leg-nya dan bassic attack berikutnya akan menendang powerball secara langsung dan jika mengenai lawan akan memberikan 120 physical attack/physical damage.

Skill Volley Shot tersebut bisa kita update dengan mengambil bola yang terlempar dari skill 1. Disamping itu bola dari skill satunya juga bisa memantul kembali ke arah Bruno yang membuat skill 1 nya langsung bisa digunakan kembali tanpa cooldown. Dengan begitu kita bisa menggoncang musuh dengan lebih mudah, ditambah lagi jika dikombinasikan dengan skill keduanya (Flying Tackle) untuk mendekati atau menjauhi musuh atau bahkan untuk menembus dinding.

Skill Flying Tackle Bruno tidak hanya membuatnya lincah dan gesit, tetapi kemampuan tersebut juga memungkinkannya untuk memberikan efek crowd control yang memberikan stun ke hero musuh yang terkena tackle selama 0,5 detik. Oh iya, skill pertamanya juga tidak hanya memberikan damage tetapi juga memberikan efek slow sebesar 30% selama 0,5 detik.

Lalu untuk ultimate atau skill ketiganya (Wave of the World), Bruno menendang bola energi ke hero lawan yang ditentukan dan bola tersebut dapat memantul di antara musuh yang masih dalam jangkauan bola. Ultimate ini juga memberikan efek knockback serta mengurangi physical defense mereka sebesar 4% selama 8 detik. Damage dari ultimate ini sebesar 250 physical damage, dan damage pantulannya sebesar 150 physical damage.

Dan untuk mendapatkan damage dan critical yang besar pada hero Bruno, maka kamu harus menggunakan komposisi equipment atau build yang tepat. Nah untuk itu, pada artikel ini saya akan memberikan rekomendasi build Bruno tersakit dan terkuat di Mobile Legends saat ini yang bisa kamu coba gunakan.

Kisah Tentang Hero Bruno Mobile Legends

Hero Bruno Mobile Legends

Bruno adalah salah satu anak yang terlahir dengan nasib yang cukup malang. Bruno terlahir di tengah kondisi keluarga yang terbilang sangat kekurangan dan tinggal di pemukiman penduduk yang kumuh. Bruno termasuk anak yang lemah dan juga terbilang sangat kurus diantara anak sebayanya. Walaupun begitu Bruno tetap sabar dan memiliki ambisi cukup kuat agar dirinya dapat menjadi seseorang yang memiliki kebebasan dan kekuatan yang hebat suatu saat nanti.

Namun, setelah kecelakaan tragis yang menimpanya, membuat Bruno kehilangan kedua kakinya saat ia menyelamatkan nyawa temannya. Sayangnya peristiwa ini menyebabkan Bruno kehilangan seluruh harapan hidupnya, dan ia pun mulai tidak berambisi lagi untuk menjadi seseorang yang kuat karena kedua kakinya telah hilang.

Para ilmuwan Antoinerei mendengar kisah inspiratif Bruno dan memuji keberaniannya serta berempati dengan tragedi yang dialaminya. Karena perasaan iba yang kuat, para ilmuwan menggunakan teknologi terbaru Antoinerei untuk menciptakan kaki sintesis untuk Bruno.

Akhirnya para ilmuwan itu memutuskan untuk membuatkan kaki sintesis yang dibuat dengan teknologi yang hebat nan canggih. Dan setelah selesai dibuat akhirnya mereka menemui Bruno untuk memberikan kaki yang sudah diciptakannya.

Setelah bertemu dengan Bruno, para ilmuwan memasangkan sepasang kaki buatannya itu kepada Bruno dan seketika membuat suasana menjadi penuh dengan kekagetan. Bruno kaget karena ketika dipasangkan pada dirinya kaki tersebut seperti memberikan kekuatan yang luar biasa. Seketika itu juga dia mencoba untuk berdiri dan menggunakannya untuk bergerak.

Ketika Bruno mengambil langkah pertamanya, ia dikejutkan dengan perasaan aneh dari kaki sintesisnya, namun takjub dengan bagaimana ia bisa bergerak secepat angin dan bisa berlari dengan terasa seperti terbang.

Benar memang kekuatan kaki Bruno sangat hebat, hingga ia sangat berterimakasih kepada para ilmuwan Antoinerei dan ia berjanji akan menggunakan kekuatan kakinya untuk melindungi semua orang di kotanya. Bruno pun bersumpah untuk melindungi Antoinerei hingga akhir hayatnya.

Para ilmuwan kota yang gembira segera mengembangkan sebuah Energy Ball sebagai senjata utama Bruno, khususnya untuk digunakan dengan kaki sintesisnya. Sejak saat itu, setiap penjajah yang menginjakkan kakinya di Antoinerei harus berhadapan dengan serangan tanpa henti dari Bruno. Penduduk kota akhirnya memberikan ia panggilan “The Protector of Antoinerei.”

Build Bruno Mobile Legends Tersakit dan Terkuat

Skin Firebolt Bruno Mobile Legends

Selain karena mengkombinasikan antara skill dan basic attack dengan benar, Bruno bisa menjadi salah satu hero Marksman tersakit jika menggunakan komposisi Equipment yang pas. Nah, untuk mewujudkan hal tersebut, pada artikel ini kami telah memberikan rekomendasi build Bruno tersakit dan terkuat yang bisa kamu coba gunakan.

Swift Boots

Equipment pertama yang harus kamu beli di awal pertandingan dimulai tentunya adalah sepatu movement. Nah untuk hero Bruno, Swift Boots menjadi sepatu yang sangat cocok, karena item ini memberikan tambahan movement speed dan attack speed Bruno.

Atribut Swift Boots:

  • + 40 Movement Speed
  • + 15% Attack Speed

Windtalker

Setelah item sepatu dibeli, selanjutnya kamu harus membeli equipment attack agar Bruno menjadi hero Marksman tersakit di Land of Dawn. Equipment attack pertama yang harus kamu beli adalah Windtalker. Dengan Wintalker ini, basic attack dari bruno akan menimbulkan splash atau percikan ke lawan di sekitar target utama. Selain itu sttack speed dan critical chance Bruno akan bertambah.

Pasif Unik-Typhoon: Setiap 5-3 detik bassic attack dari pengguna Wintalker akan menimbulkan efek splash yang memberikan 150-362 magic damage kepada hingga 3 lawan. Dan juga dapat memberikan critical kepada unit yang diserang, dan damage sebesar 200% kepada minion.

Pasif Unik-Activate: Setiap kali Typhoon dikeluarkan, movement speed akan meningkat sebesar 5% dalam waktu singkat.

Atribut Windtalker:

  • + 40% Attack Speed
  • + 20 Movement Speed
  • + 10% Critical Chance

Berserker’s Fury

Di early menuju mid game Bruno membutuhkan item attack Berserker’s Fury agar nanti damage-nya semakin besar dan menjadi semakin sakit. Equipment ini wajib dibeli, karena Bruno membutuhkan tambahan critical damage dan critical chance agar basic attack dan skill-nya semakin sakit ketika critical semakin sering dikeluarkan.

Untuk pasif unik dari equipment Berserker’s Fury ini adalah memberikan tambahan physical attack ke hero Bruno sebesar 5% dalam 2 detik, yang mana physical attack tersebut bersumber dari critical hit yang dihasilkan Berserker’s Fury.

Atribut Berserker’s Fury:

  • + 65 Physical Attack
  • + 25% Critical Chance
  • + 40% Critical Damage

Scarlet Phantom

Di mid game hero Marksman harus sudah bisa memberikan damage yang cukup besar agar ketika war mudah menang. Nah, untuk memaksimalkan damage tersebut, kamu bisa membeli equipment Scarlet Phantom yang memberikan tambahan physical attack, attack speed, dan critical.

Pasif Unik – Frenzy: Critical hit akan meningkatkan attack speed hero penggunanya sebesar 30% dan critical chance sebesar 5% yang berlangsung selama 2 detik.

Atribut Scarlet Phantom:

  • + 30 Physical Attack
  • + 20% Attack Speed
  • + 25% Critical Chance

Malefic Roar

Ketika sudah memasuki late game physical penetration sangatlah dibutuhkan, karena biasanya di fase ini hero-hero musuh sudah menggunakan item defense yang cukup untuk membuat mereka sulit dibunuh jika hanya mengandalkan physical damage saja. Terlebih lagi jika di tim musuh ada Tank atau hero lain dengan physical defense yang besar.

Oleh karena itulah, Bruno harus membeli equipment Malefic Roar untuk bisa membunuh lawan dengan defense yang besar. Dengan Malefic Roar, setiap physical defense yang dimiliki oleh hero lawan akan meningkatkan physical penetration sebesar 0.05%, ketika Bruno memberikan damage pada hero tersebut, dan bisa bertambah hingga maksimal 20%.

Atribut Malefic Roar

  • + 60 Physical Attack
  • + 35% Physical PEN

Blade of Despair

Equipment terakhir untuk menyempurnakan build Bruno tersakit ini adalah dengan membeli Blade of Despair, yang mana item tersebut merupakan item dengan physical attack tertinggi.

Blade of Despair atau biasa disingkat dengan BOD, memiliki pasif unik despair. Yaitu ketika penggunanya menyerang unit lawan atau hero musuh yang memiliki HP di bawah 50% maka akan meningkatkan physical attack sebesar 25% selama 2 detik.

Atribut Blade Of Despair:

  • + 160 Physical Attack
  • + 5% Movement Speed

Equipment Cadangan

Slot equipment cadangan atau spare equipment yang juga muncul di rekomendasi pembelian item, harus kamu isi juga agar ketika gameplay berjalan kamu bisa dengan mudah mengganti atau menyesuaikan item yang kurang pas dengan kondisi saat permainan.

Untu hero Bruno, saya merekomendasikan dua item, yaitu Haas’s Claws, dan Immortality.

Haas’s Claws

Ketika pertandingan kamu berjalan lebih lama di late game dan semua item build sudah dibeli, maka kami merekomendasikan untuk menjual sepatu movement untuk diganti dengan equipment attack Haas’s Claws.

Di akhir, Bruno tidak lagi memerlukan sepatu karena dari build di atas Bruno sudah mendapatkan movement speed tambahan yang cukup besar. Sehingga lebih baik sepatunya diganti dengan Haas’s Claws agar damage-nya menjadi semakin sakit dan physical lifesteal-nya semakin besar.

Atribut Haas’s Claws:

  • + 70 Physical Attack
  • + 20% Physical Lifesteal

Pasif Unik – Insanity: Jika HP Bruno berada di bawah 50%, maka ia akan mendapatkan 15% Physical Lifesteal tambahan.

Immortality

Spare equipment kedua yang bisa saja dibutuhkan Bruno dalam kondisi tertentu, adalah item defense Immortality. Fungsi dari Immortality ini adalah untuk membuat hero kita bisa hidup kembali setelah mati dengan HP beberapa persen saja dari semula.

Atribut Immortality:

  • + 800 HP
  • + 30 Physical Defense

Pasif Unik – Immortal: Resurrect 2,5 detik setelah teriminasi dan memperoleh 16% HP dan sheild yang dapat menyerap 220-1200 damage (berskala dengan level hero). Sheild ini bertahan selama 3 detik, dan efek ini memiliki cooldown 210 detik sebelum bisa digunakan kembali.

Susunan Emblem Untuk Hero Bruno

Emblem yang paling cocok dan paling sakit untuk Bruno adalah Emblem Marksman. Ya, karena pada dasarnya Bruno memang seorang Marksman, jadi lebih cocok menggunakan Emblem Marksman, karena pada emblem tersebut Bruno akan mendapatkan tambahan lifesteal, critical, attack speed, penetration, dan physical attack.

Nah, untuk susunan Emblem-nya sendiri bisa kamu lihat pada gambar di atas. Dengan detailnya adalah adalah 3/3 Fatal untuk talent pertama, 3/3 Agility untuk talent kedua, dan Weapon Master untuk talent ketiga.

Lalu bagaimana jika menggunakan Emblem Assassin? Ya, sebenarnya boleh-boleh saja, namun Emblem Assassin tidak memberikan tambahan attack speed, dan physical lifesteal, yang mana kedua efek tersebut sebenarnya sangat cocok dengan Marksaman seperti Bruno.

Namun, jika kamu lebih memilih Embelm Assassin dengan alasan level Emblem Assassin lebih tinggi dibandingkan Emblem Marksman maka silakan saja. Dan untuk susunan Emblem-nya saya sarankan menggunakan 3/3 Agility, 3/3 Fatality, dan Killing Spree.

Battle Spell Bruno

Selanjutnya untuk Battle Speel Bruno yang sesuai adalah Inspire. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya Bruno berperan sebagai gold lane sehingga ia membutuhkan Inspire untuk memperkuat basic attack-nya dan meningkatkan attack speed.

Inspire sendiri memberikan tambahan damage pada basic attack dalam 5 detik, dan meningkatkan attack speed menjadi 1.55 kali dan batas attack speed menjadi 500%. Serta mengabaikan 8 physical defense milik target dalam waktu tersebut dan juga setiap basic attack jika masih menggunakan Inspire akan memulihkan 60 HP Bruno saat mengenai target.

Alternatif Build Bruno by Top Global & Pro Player

Selain rekomendasi build Bruno tersakit di atas, kamu bisa juga menggunakan alternatif build lain dari Top Global Bruno atau dari Pro Player Bruno yang akan saya tuliskan di bawah ini.

Build by Top 1 Global Bruno

Susunan build pertama ini datang dari Top 1 Global hero Bruno saat ini, yang mana ia menggunakan Bruno dengan susunan build seperti gambar di atas. Dia juga menggunakan Bruno sebagai hyper sehingga ia menambahkan item jungle di sepatunya.

Selain itu, untuk susunan Emblem-nya bisa kamu sesuaikan sendiri atau bisa juga dengan meniru susunan Emblem Assassin yang digunakan oleh Top Global seperti pada gambar di atas. Nah, untuk susunan build-nya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Swift Boots: + 40 Movement Speed, + 15% Attack Speed (Attack Speed tambahan)
  • Berserker’s Fury: + 65 Physical Attack, + 25% Critical Chance, + 40% Critical Damage (Tambahan Efek Critical)
  • Endless Battle: + 65 Physical Attack, + 5 Mana Regen, + 250 HP, + 10% Cooldown Reduction, + 5% Movement SPD, + 10% Physical Lifesteal (Memperkuat Basic Attack)
  • Scarlet Phantom: + 30 Physical Attack, + 20% Attack Speed, + 25% Critical Chance (Tambahan Critical Chance & Attack Speed)
  • Malefic Roar: + 60 Physical Attack, + 35% Physical PEN (Physical Penetration)
  • Wind of Nature: + 30 Physical Attack, + 20% Attack Speed, + 10% Physical Lifesteal (Immune Terhadap Physical Attack)
  • Blade of Despair (Cadangan): + 160 Physical Attack, + 5% Movement SPD (Physical Attack Tertinggi)
  • Immortality (Cadangan): + 800 HP, + 40 Physical Defense (Ressurect)

Build by Pro Player Bruno

Untuk alternatif build Bruno kedua ini datang dari salah satu pro player hero Bruno, yang mana ia sering menggunakan Bruno sebagai gold lane. Sebagai gold lane, dia menggunakan Aegis sebagai battle speel-nya dan dia menggunakan Emblem Marksman dengan susunan emblem seperti pada gambar di atas.

Nah, untuk susunan build-nya adalah sebagai berikut:

  • Swift Boots: + 40 Movement Speed, + 15% Attack Speed (Attack Speed tambahan)
  • Berserker’s Fury: + 65 Physical Attack, + 25% Critical Chance, + 40% Critical Damage (Tambahan Efek Critical)
  • Scarlet Phantom: + 30 Physical Attack, + 20% Attack Speed, + 25% Critical Chance (Tambahan Critical Chance & Attack Speed)
  • Wind of Nature: + 30 Physical Attack, + 20% Attack Speed, + 10% Physical Lifesteal (Immune Terhadap Physical Attack)
  • Blade of Despair: + 160 Physical Attack, + 5% Movement SPD (Physical Attack Tertinggi)
  • Malefic Roar: + 60 Physical Attack, + 35% Physical PEN (Physical Penetration)
  • Windtalker (Cadangan): + 40% Attack Speed, + 20 Movement Speed, + 10% Critical Chance (Bassic Attack Menimbulkan Splash)
  • Immortality (Cadangan): + 800 HP, + 40 Physical Defense (Ressurect)

Akhir Kata

Demikianlah tadi pembahasan mengenai build Bruno tersakit dan terkuat di Mobile Legends yang bisa kami sampaikan. Di atas tadi kami telah merekomendasikan build yang paling sakit, build dari pro player, dan build dari top global Bruno.

Silakan kamu pilih ingin menggunakan build mana yang sekiranya paling pas dengan cara kamu bermain Bruno di Land of Dawn.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita seputar Mobile Legends Bang Bang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *