Web Analytics Made Easy - Statcounter

Build Esmeralda Tersakit & Terkuat di Mobile Legends 2023

Esmeralda merupakan salah satu hero Mobile Legends yang masih sering digunakan banyak player di ranked ataupun classic. Kemampuan bertarung hero Mage sekaligus Tank ini sangat istimewa di tangan yang tepat, dan dapat menyusahkan lawan, karena Esmeralda memiliki kemampuan dapat mencuri shield milik lawan untuk dijadikan HP tambahan pada dirinya.

Ketika Esmeralda menggunakan skill-nya untuk menarik shield musuh untuk dirinya sendiri, maka ia harus menggunakan skill 1 nya secara terus menerus, sehingga skill tersebut sangat bergantung pada equipment CD. Esmeralda juga menjadi counter kebanyakan hero yang bisa membuat shield seperti Uranus, Harrith, Hilda, Mathilda, Aldous dan sebagainya.

Skill 1 Esmeralda yaitu Frostmoon Shield selain bisa menghasilkan shield untuk dirinya sendiri, juga bisa menambah movement speed-nya. Lalu untuk skill 2 Esmeralda (Stardust Dance) akan memberikan physical damage dan magic damage kepada lawan terdekat dengan mengayunkan Stardust dan Frostmoon Esmeralda. Dan setiap kali Esmeralda memberikan damage, cooldown dari Frostmoon Shield (skill 1) berkurang selama 1.3 detik dan Movement Speed lawan berkurang sebesar 10% selama 1.5 detik.

Skill Ultimate Esmeralda menyatukan kekuatan Astrospace ke dalam dua senjatanya, yaitu Stardust dan FrostMoon. Semakin lama durasi skill, semakin besar kekuatannya. Gunakan skill ini untuk mengeluarkan Stardust ke arah yang telah ditentukan. 

Terakhir adalah skill ultimate Esmeralda yaitu Falling Starmoon yang dapat memberikan 350 (+90% Total Physical Attack) Physical Damage, dan kemudian Esmeralda akan berpindah ke arah yang telah ditentukan untuk mengeluarkan Frostmoon dengan memberikan 350 (+140% Total Magic Power) Magical Damage dan menyebabkan efek Immobilize pada lawan di area selama 1 detik.

Oh iya, perlu kamu ketahui juga kalau skill passive dari Esmeralda merupakan pedang bermata 2, dimana setiap damage yang diberikan Esmeralda akan memberikan shield tambahan kepada musuh juga. Sehingga teman satu team kamu tidak dapat memberikan damage lebih karena efek dari shield tersebut, sehingga hanya Esmeralda sendiri dapat memberikan full damage dengan menembus efek shield tadi.

Akan tetapi, bila dikombinasikan dengan penggunaan combo skill, dan build yang tepat, maka Esmeralda akan menjadi hero yang sulit dibunuh dan dapat memberikan burst damage yang besar. Sehingga dari sinilah pemilihan equipment build harus diperhatikan betul.

Kisah Tentang Hero Esmeralda Mobile Legends

Hero Esmeralda Mobile Legends

Esmeralda dikisahkan sebagai seorang Astrolog, yang dalam kehidupannya sehari-hari dihabiskan dengan mengamati angkasa luas yang penuh misteri. Esmeralda juga memiliki keahlian untuk bisa memprediksi segala kejadian di dunia, mengenai proses sampai hasilnya.

Tidak mudah untuk bisa menjadi seorang Astrolog sepertinya, karena orang-orang yang ingin menjadi Astrolog harus melalui berbagai macam penilaian yang ketat, yang akan menguji kemauan serta kemampuan astrologi mereka. Setelah beberapa generasi yang gagal lulus dalam penilaian, akhirnya para tetua memilih Esmeralda, seorang gadis muda dari Western Desert untuk menjadi seorang Astrolog baru di Land of Dawn.

Setelah menjadi penerus pada Astrolog di Land of Dawn, Esmeralda bertugas menjaga Starmoon Casket yang diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Dengan harapan bisa membukanya suatu saat nanti dan mendapat kekuatan misterius dari zaman kuno, Esmeralda pun pergi ke Minos Labyrinth untuk mempelajari rahasia dari Starmoon Casket. Namun, sayangnya dalam perjalanannya menuju Minos Labyrinth, tanah tiba-tiba tanah bergetar dan hamparan padang pasirnya pun hancur berantakan oleh kemunculan badai pasir hitam yang datang mendadak.

Tidak diduga, secara tiba-tiba Starmoon Casket nya terbuka dan aliran kekuatan misterius memenuhi Esmeralda. Di bawah perlindungan kekuatan misterius tersebut, Esmeralda tidak akan terluka oleh badai pasir, dan juga ia tiba-tiba merasakan ada memori kenangan lama yang terlintas di benaknya.

Warta Menarik:   Dijamin Aman!! Berikut 11 Aplikasi Penghasil Uang yang Resmi dan Halal

Dia merasakan Starmoon Casket tersebut memanggilnya, memperingatkan bahwa Khufra sang Tiran yang keji dari Western Desert jaman dulu sudah menampakkan diri. Mengikuti arahan dari Starmoon Casket, Esmeralda mengubah arah perjalanannya menuju Deep Desert, sebuah padang pasir yang lebih dalam, dimana tempat kota kuno disana.

Ada dua kekuatan dari Starmoon Casket yang mengelilingi tubuh Esmeralda, yaitu Frostmoon yang penuh dengan sihir, serta Stardust yang memberikan kekuatan. Esmeralda sangat terkesan dengan kekuatan yang ada di dalam Starmoon Casket tersebut, dan menyadari bahwa semua itu awalnya hanya ada di dalam kisah cerita saja.

Esmeralda melihat kenangan para Astrolog generasi pertama ketika Esmeralda sudah mendekati kota kuno tersebut. Dia merasakan ada sebuah kisah cinta yang tidak diketahui antara Khufra dengan salah satu Astrologer. Setelah menelaah lebih jauh, Esmeralda pun merasa sedih dan menyesal tentang kisah cinta terlarang tersebut. Meskipun demikian, dia tidak bisa melupakan misinya untuk menyegel kembali Khufra, dan membawa kedamaian di Western Desert ~ Tamat.

Build Esmeralda Mobile Legends Tersakit dan Terkuat

Skin Esmeralda Superhero

Nah, untuk build Esmeralda yang terbaik, yang bisa membuat Esmeralda menjadi hero tersakit dan sulit dibunuh di Land of Dawn akan kami jelaskan per equipment-nya di bawah ini. Jadi, kamu bisa menyusun build Esmeralda dengan mengikuti rekomendasi di bawah.

Warrior Boots

Equipment movement atau sepatu yang sesuai dengan susunan build Esmeralda kali ini adalah Warrior Boots. Item ini akan memberikan stack defense physical attack untuk Esmeralda.

Atribut Warrior Boots:

  • + 40 Movement Speed
  • + 22 Physical Defense

Pasif Unik – Valor: Meningkatkan physical defense sebanyak 5 dan maksimal 25 setiap kali hero pengguna menerima basic attack. Pasif ini berlangsung selama 3 detik. Pasif ini khusus untuk Warrior Boots tanpa tambahan item jungle retribution.

Pasif Unik – Hunter: Setelah memberikan damage kepada creep, akan memberikan 150 (+15) true damage kepada target selama 3 detik. Pasif ini aktif jika kamu menggunakan Warrior Boots dengan tambahan item jungle retribution.

Enchanted Talisman

Equipment kedua yang wajib kamu beli adalah equipment Magic Enchanted Talisman. Item ini wajib dibeli Esmeralda untuk menunjang penggunaan mana yang boros karena Enchanted Talisman memberikan efek regenerasi mana dengan cepat. Selain itu, item ini memberikan tambahan Magic Power, dan Cooldown Reduction.

Atribut Enchanted Talisman:

  • + 50 Magic Power
  • + 250 HP
  • + 20% Cooldown Reduction

Pasif Unik – Mana Spring: Meregenerasi 15% dari Max Mana hero setiap 10 detik secara keseluruhan.

Calamity Reaper

Selain mengandalkan skill-nya untuk menyerap sheild dan memberikan damage, basic attack Esmeralda juga harus mampu memberikan damage yang besar. Oleh karena itulah kamu wajib membeli equipment Magic Calamity Reaper untuk memperkuat basic attack.

Atribut Calamity Reaper:

  • + 70 Magic Power
  • + 100 Mana
  • + 6 Mana Regen
  • + 10% Cooldown Reduction

Pasif Unik – Calamity: Dalam 3 detik setelah menggunakan skill, maka basic Asttack berikutnya akan memberikan true damage tambahan sebesar 120% dari magic power dengan CD selama 1,5 detik. Selanjutnya Esmeralda akan mendapatkan 10% movement speed tambahan dalam waktu yang singkat.

Oracle

Selain mana regen yang harus diperkuat, HP Regen Esmeralda juga wajib diperkuat dengan membeli equipment Oracle. Equipment ini juga memberikan tambahan magic defense, HP, dan CD untuk membuat Esmeralda semakin kuat dan tidak gampang dibunuh.

Atribut Oracle:

  • + 850 HP
  • + 42 Magical Defense
  • + 10% Cooldown Reduction

Pasif Unik – Bless: Meningkatkan shield absorption dan HP Regen sebesar 30%. Selain itu, HP dari Esmeralda juga akan dipulihkan selama 4 detik setelah terkena damage.

Holy Crystal

Di late game Esmeralda wajib membeli equipment Holy Crystal untuk memberikan tambahan magic damage dan magic power persentil. Efek dari item ini cocok untuk membuat Esmeralda menjadi hero tersakit di Land of Dawn.

Atribut:

  • + 100 Magic Power

Pasif Unik – Misteri: Meningkatkan magic attack sebesar 21-35%. Peningkatan tersebut bergantung pada level hero kamu. Makin tinggi level Esmeralda, maka peningkatan magic attack-nya juga akan semakin besar.

Brute Force Breastplate

Setelah item wajib di atas sudah kamu beli semua, selanjutnya di late game Esmeralda bisa kamu tambahkan equipment defense Brute Force Breastplate untuk menunjang kebutuhan pertahanan Esmeralda agar tidak mudah mati. Item ini memberikan stack defense ke Esmeralda, dan juga memberikan tambahan physical defense yang akan membuat Esmeralda makin mudah bertahan di dalam team fight.

Atribut Brute Force Breastplate:

  • + 770 HP
  • + 45 Physical Defense
Warta Menarik:   Aplikasi Raja Koin, Game Penghasil Uang Terbaru 2022

Pasif Unik – Brute Force: Ketika menggunakan skill atau basic attack akan menambahkan movement speed Esmeralda sebesar 2%, physical & magic defense sebesar 4. Pasif ini akan berlangsung selama 4 detik dan bisa di stack hingga 5 kali.

Spare Equipment

Untuk equipment terakhir di late game, tidak harus menggunakan Brute Force Breastplate, karena bisa saja kamu tidak membutuhkan defense lagi, dan lebih membutuhkan item magic damage seperti Divine Glaive, atau mungkin saja kamu membutuhkan Immortality.

Nah, untuk menunjang kebutuhan tersebut, silakan isi slot spare equipment dengan kedua item tersebut.

Divine Glaive

Divine Glaive adalah salah satu equipment magic yang bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghadapi lawan yang memiliki magical defense cukup tinggi. Item magic satu ini memberikan tambahan magic penetration tinggi, sehingga akan membuat Esmeralda makin sakit.

Atribut Divine Glaive:

  • + 65 Magical Power
  • + 35 Magical Penetration

Pasif Unik – Spellbreaker: Setiap magic defense yang dimiliki lawan akan meningkatkan magic penetration sebesar 0,1% saat memberikan damage padanya, dan ini dibatasi sampai maksimal 20%.

Immortality

Lalu untuk equipment kedua yang bisa saja dibutuhkan dalam kondisi tertentu adalah Immortality. Fungsi dari Immortality ini adalah untuk membuat hero kita bisa hidup kembali setelah mati dengan HP beberapa persen saja dari semula. Equipment ini cocok sebagai pertahanan akhir Esmeralda, jika kondisi war agak sulit.

Atribut Immortality:

  • + 800 HP
  • + 30 Physical Defense

Pasif Unik – Immortal: Resurrect 2,5 detik setelah teriminasi dan memperoleh 16% HP dan sheild yang dapat menyerap 220-1200 damage (berskala dengan level hero). Sheild ini bertahan selama 3 detik, dan efek ini memiliki cooldown 210 detik sebelum bisa digunakan kembali.

Custom Emblem Untuk Hero Esmeralda

Emblem yang cocok untuk digunakan oleh Esmeralda tentu saja adalah Emblem Mage. Emblem ini juga cocok dengan susunan build di atas, karena dengan Emblem Mage, damage Esmeralda akan meningkat. Untuk susunan atau custom Emblem-nya adalah 3/3 Agility (movement speed + 6.00%), 3/3 Observation (magic penetration + 6.00), dan Magic Worship (talent level 30).

Namun, kamu juga bisa menyesuaikan Emblem yang digunakan dengan Emblem yang kamu miliki dan cara bermain kamu. Karena banyak juga player Esmeralda yang menggunakan Emblem Support, karena dia memainkan Esmeralda sebagai Tank/Support.

Oh iya, jika kamu bermain Esmeralda sebagai Support/Tank, kamu bisa menggunakan alternatif build yang saya tuliskan di bawah, beserta dengan Battle Speel, dan custom Emblem-nya.

Battle Spell Esmeralda

Battle Speel yang pas dengan Esmeralda dan dengan susunan build di atas adalah Battle Speel Purify. Battle Speel ini sangat berguna bagi Esmeralda, yang mana Speel tersebut bisa menghapus semua efek CC atau efek negatif, memperoleh Control Immunity, dan movement speed tambahan sebesar 15%.

Purify juga menjadi penutup kelemahan Esmeralda, yang mana ia akan lebih mudah terbunuh jika terkena Crowd Control dari lawan. Namun, selain Purify, kamu bisa menggunakan Battle Speel Flicker, Sprint, ataupun Retribution (jika sebagai hyper carry).

Alternatif Build Esmeralda

Seperti biasa, selain merekomendasikan build Esmeralda tersakit dan terkuat seperti yang sudah saya tuliskan di atas, saya juga telah menyiapkan alternatif build Esmeralda yang datang dari Top Global, dan Pro Player Esmeralda yang bisa kamu coba gunakan.

Ada juga satu build tambahan ingin bermain Esmeralda sebagai hyper carry. Untuk detail build, custom Emblem, dan Battle Speel-nya bisa kamu baca pada ulasan di bawah ini.

Build by Top Global Esmeralda

Alternatif build yang pertama ini datang dari salah satu Top Global Esmeralda yang memiliki match 1123 dan win rate 78%. Build ini cocok untuk kamu yang memainkan Esmeralda sebagai tank, karena pada build di atas menggunakan item full defense, dengan Emblem Support dan Speel Sprint.

Untuk Custom Emblem Support-nya bisa kamu coba juga dengan mengikuti susunannya pada gambar di atas. Dan untuk detail equipment build-nya adalah sebagai berikut:

  • Tough Boots: + 40 Movement Speed, + 22 Magical Defense (Mengurangi Durasi Efek Crowd Control)
  • Enchanted Talisman: + 50 Magic Power, + 250 HP, + 20% Cooldown Reduction (Mengurangi Cooldown Mana Regen)
  • Dominance Ice: + 500 Mana, + 70 Physical Defense, + 5% Movement Speed, + 10% Cooldown Reduction (Mengurangi Efek Heal dan Attack Speed Lawan)
  • Oracle: + 850 HP, + 42 Magical Defense, + 10% Cooldown Reduction (Memperkuat Efek Regen)
  • Brute Force Breastplate: + 770 HP, + 45 Physical Defense (Stack Defense)
  • Immortality: + 800 HP, + 40 Physical Defense (Ressurrect)
  • Antique Cuirass: + 920 HP, + 54 Physical Defense, + 4 HP Regen (Mengurangi Physcial Attack Lawan)
  • Radiant Armor (Spare Equipment): + 950 HP, + 52 Magical Defense, + 12 HP Regen (Menahan Continuous Magic Damage)
Warta Menarik:   Build Saber Tersakit Mobile Legends

Build by Pro Player Esmeralda

Build yang kedua ini juga banyak menggunakan equipment defense dengan tambahan 2 item magic. Jadi build ini cocok untuk Esmeralda sebagai offlaner/sidelaner. Untuk Emblem-nya masih menggunakan Emblem Support dengan susunannya seperti gambar di atas, dan dia menggunakan talent level 30.

Battle Speel yang digunakan pro player Esmeralda ini adalah Flicker, untuk memudahkannya mengejar atau kabur dari musuh. Lalu untuk susunan equipment build-nya adalah seperti di bawah ini:

  • Warrior Boots: + 40 Movement Speed, + 22 Physical Defense (Stack Physical Defense)
  • Enchanted Talisman: + 50 Magic Power, + 250 HP, + 20% Cooldown Reduction (Mengurangi Cooldown Mana Regen)
  • Dominance Ice: + 500 Mana, + 70 Physical Defense, + 5% Movement Speed, + 10% Cooldown Reduction (Mengurangi Efek Heal dan Attack Speed Lawan)
  • Oracle: + 850 HP, + 42 Magical Defense, + 10% Cooldown Reduction (Memperkuat Efek Regen)
  • Ice Queen Wand: + 75 Magical power, + 10% Magical Lifesteal, + 150 Mana, + 7% Movement Speed (Memberikan Efek Slow dari Damage)
  • Immortality: + 800 HP, + 40 Physical Defense (Ressurrect)
  • Radiant Armor (Spare Equipment): + 950 HP, + 52 Magical Defense, + 12 HP Regen (Menahan Continuous Magic Damage)
  • Brute Force Breastplate (Spare Equipment)+ 770 HP, + 45 Physical Defense (Stack Defense)

Build Esmeralda Hyper Carry

Alternatif build terakhir ini bisa kamu coba gunakan jika ingin memainkan Esmeralda sebagai hyper carry. Build ini saya dapatkan dari salah satu Top Global Esmeralda yang sering memainkan hero ini sebagai hyper carry. Match Esmeralda-nya juga sudah lumayan banyak, yaitu 501 pertandingan dengan perolehan win rate 76%.

Nah, bila kamu cocok dengan build ini, silakan ikuti susunan equipment-nya seperti di bawah:

  • Warrior Boots + Ice Retribution+ 40 Movement Speed, + 22 Physical Defense (Stack Physical Defense)
  • Enchanted Talisman: + 50 Magic Power, + 250 HP, + 20% Cooldown Reduction (Mengurangi Cooldown Mana Regen)
  • Dominance Ice: + 500 Mana, + 70 Physical Defense, + 5% Movement Speed, + 10% Cooldown Reduction (Mengurangi Efek Heal dan Attack Speed Lawan)
  • Oracle: + 850 HP, + 42 Magical Defense, + 10% Cooldown Reduction (Memperkuat Efek Regen)
  • Brute Force Breastplate: + 770 HP, + 45 Physical Defense (Stack Defense)
  • Ice Queen Wand: + 75 Magical power, + 10% Magical Lifesteal, + 150 Mana, + 7% Movement Speed (Memberikan Efek Slow dari Damage)
  • Concentrated Energy (Spare Equipment): + 70 Magic Power, + 700 HP (Spell Vamp)
  • Immortality (Spare Equipment): + 800 HP, + 40 Physical Defense (Ressurrect)

Akhir Kata

Pembahasan mengenai build Esmeralda tersakit dan terkuat di Mobile Legends Bang Bang mungkin sampai disini dulu. Silakan kamu gunakan build yang cocok dengan cara bermain kamu menggunakan hero Esmeralda, dengan memilih build utama, atau alternatif build yang sudah saya sediakan.

Agar Build hero makin lengkap, sebaiknya kamu baca juga informasi tentang Build Fanny Tersakit yang menarik dan banyak info agar kamu bisa mengalahkan lawan dengan mudah di Mobile Legends.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK