Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Cek IMEI dan Garansi Vivo Untuk Semua Tipe

Cara Cek IMEI dan Garansi Vivo – Kali Ini wartalova.com bakal membagikan tiga metode untuk memverifikasi keaslian smartphone Vivo yang Anda miliki dengan melakukan pemeriksaan IMEI. Dengan diberlakukannya regulasi terbaru oleh pemerintah terkait masalah IMEI, membuat kita sedikit cemas tentang status HP Vivo yang sedang kita gunakan.

Vivo telah menjadi salah satu dari lima merek ponsel teratas yang beredar di Indonesia. Keberhasilan Vivo ini telah mendorong para distributor tidak resmi untuk bersaing dalam menjual smartphone ini di pasar gelap (Black Market/BM). Ponsel BM yang dijual umumnya memiliki harga lebih murah dibandingkan dengan yang resmi, sehingga banyak di antara kita yang lebih memilih untuk membeli ponsel dari pasar gelap.

Meningkatnya peredaran ponsel dari pasar gelap di Indonesia mendorong pemerintah untuk mengeluarkan regulasi terkait IMEI pada tahun ini. Kementerian Perindustrian akan menerapkan sistem identifikasi produk ilegal yang disebut Device Identification, Registration, dan Blocking System (DIRBS). Sistem ini akan melakukan validasi terhadap IMEI yang terdapat pada perangkat seluler kita.

Setiap perangkat seluler, baik GSM maupun CDMA, memiliki nomor identifikasi yang disebut IMEI (untuk GSM) dan MEID (untuk CDMA). Kedua nomor ini dapat dianggap sebagai kartu identitas (KTP) dari perangkat tersebut. Jika IMEI Anda tidak terdaftar oleh pemerintah, maka ponsel atau tablet Anda tidak akan dapat digunakan untuk berkomunikasi atau mengakses internet (kecuali melalui Wi-Fi).

Dengan adanya regulasi IMEI ini, tidak hanya para distributor yang menjadi khawatir, tetapi kita sebagai pemilik ponsel juga tentu merasa cemas akan status HP Vivo yang kita miliki. Maka dari itu, penting untuk memastikan keaslian perangkat kita dengan melakukan pemeriksaan IMEI sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa perangkat yang kita gunakan adalah produk resmi dan telah terdaftar secara legal oleh pemerintah.

3 Cara Akurat Cek Nomor IMEI HP Vivo

Adalah bijaksana untuk saat ini memeriksa status IMEI pada HP Vivo yang Anda miliki. Prosesnya juga cukup sederhana dan tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 4 menit. Di sini, saya akan membagikan tiga cara untuk menentukan apakah HP Vivo Anda merupakan produk resmi atau ilegal dengan memeriksa nomor IMEI-nya.

Warta Menarik:   Cara Mengatasi Netbook Tidak Dapat Connect Wifi

Sebelum memulai proses verifikasi, persiapkan sebuah HP Vivo beserta kotaknya (opsional) dan sebaiknya siapkan juga pulpen untuk mencatat nomor IMEI yang akan terlihat nantinya.

Cara Cek IMEI Vivo Lewat Kode Dial

Salah satu cara termudah untuk mengetahui nomor IMEI adalah melalui kode dial. Berikut langkah-langkahnya untuk memeriksa IMEI menggunakan kode dial.

  1. Buka aplikasi Telepon di HP Anda.
  2. Ketikkan kode *#06# pada layar dial.
  3. Setelah itu, Anda akan melihat munculnya nomor IMEI1 dan IMEI2 di layar HP Anda.

Cek IMEI Vivo Lewat Kode Dial

Dengan menggunakan kode dial ini, Anda dapat dengan cepat memeriksa dan mencatat nomor IMEI dari HP Vivo Anda.

Cara Cek IMEI Vivo Di Menu Pengaturan

Selain menggunakan kode dial, Anda juga dapat melihat nomor IMEI melalui menu pengaturan. Berikut adalah langkah-langkahnya untuk memeriksa IMEI Vivo melalui menu pengaturan.

  1. Buka menu Setelan di HP Anda.
  2. Ketuk opsi Setelan tambahan.
  3. Pilih opsi Tentang Ponsel.
  4. Di sana, Anda akan menemukan berbagai informasi tentang HP Anda, seperti Model HP, versi Android, dan nomor IMEI.

Cek IMEI Vivo Di Menu Pengaturan

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat dengan mudah memverifikasi nomor IMEI dari HP Vivo Anda tanpa perlu menggunakan kode dial.

Cek IMEI Di Dus Vivo

kemasan HP Vivo Anda. Berikut langkah-langkahnya untuk memeriksa IMEI di kotak kemasan Vivo.

  1. Ambil kotak kemasan ponsel Vivo Anda.
  2. Perhatikan bagian belakang kotak.
  3. Di bagian bawah kotak, Anda akan menemukan informasi tentang nomor IMEI Vivo.

Cek IMEI Di Dus Vivo

Dengan menggunakan kotak kemasan, Anda dapat dengan mudah memverifikasi nomor IMEI dari HP Vivo Anda.

Verifikasi Status IMEI Vivo Terdaftar atau Tidak

Semua nomor IMEI dari perangkat yang dijual secara resmi sudah terdaftar di Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Jika nomor IMEI tidak terdaftar, maka secara otomatis ponsel Anda tidak akan dapat menggunakan kartu dari operator seluler Indonesia.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memeriksa apakah nomor IMEI Anda terdaftar atau tidak di Kemenperin:

  1. Buka situs https://imei.kemenperin.go.id di perangkat Anda.
  2. Masukkan nomor IMEI dari HP Vivo Anda.
  3. Ketuk tombol yang tersedia di bawahnya.

Jika Anda melihat tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”, itu berarti nomor IMEI Anda telah diakui oleh pemerintah. Sekarang, setelah Anda memeriksa informasi nomor IMEI HP Vivo Anda, pastikan untuk mencatatnya dan memeriksa apakah semua nomor IMEI yang tercantum sama atau tidak.

Jika semua nomor sama, kemungkinan besar HP Vivo Anda adalah produk asli dan terdaftar secara resmi. Dengan demikian, Anda dapat yakin bahwa perangkat Anda memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

Warta Menarik:   Kantor Polisi Terdekat: Cara Mudah Mencari Lokasi dan Alamatnya

Cek Verifikasi Garansi Vivo Dengan IMEI

Selain untuk memeriksa keaslian dan status ponsel, nomor IMEI juga dapat digunakan untuk mengetahui masa berlaku garansi dari perangkat Vivo Anda, apakah masih berlaku atau sudah berakhir.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa status garansi Vivo melalui nomor IMEI:

  1. Buka situs resmi Vivo di halaman https://www.vivo.com/id/support/IMEI.
  2. Masukkan nomor IMEI yang Anda miliki ke dalam kolom yang disediakan dengan judul “Harap Masukkan Nomor IMEI Anda”.
  3. Selanjutnya, masukkan kode verifikasi yang ditampilkan dan klik tombol Kirim.

Setelah itu, Anda akan melihat beberapa informasi yang berkaitan dengan produk, seperti Model Produk, Warna Produk, dan informasi tentang Masa Garansi. Jika informasi yang ditampilkan sesuai dengan detail smartphone Anda, maka dapat dipastikan bahwa HP Vivo Anda adalah produk resmi.

Penutup

Ponsel yang dibeli sebelum tanggal 18 April 2020 masih dapat digunakan tanpa masalah. Namun, untuk ponsel yang dibeli setelah tanggal tersebut, kemungkinan besar akan langsung diblokir. Untuk menjaga keamanan nomor IMEI HP Vivo Anda, disarankan untuk tidak pernah membagikan tangkapan layar yang menampilkan nomor IMEI.

Selain itu, langkah penting lainnya adalah dengan melakukan Backup Modem melalui TWRP. Bagi yang belum memasang TWRP, Anda dapat menggunakan alat PC seperti QFIL atau MTK Droid Tool. Dengan memiliki cadangan IMEI ini, Anda dapat dengan mudah mengembalikan IMEI HP Vivo Anda jika suatu saat mengalami kehilangan IMEI atau masalah lainnya seperti invalid atau Null.

Jika saat ini nomor IMEI Anda hilang dan hanya tertulis sebagai invalid atau Null, Anda dapat melakukan pemulihan melalui restore backupan QCN melalui QFIL atau NVRAM melalui MTK Droid Tool/SP Flash Tool. Disarankan untuk menggunakan file backupan Anda sendiri dan menghindari menggunakan file dari orang lain kecuali dalam keadaan darurat, karena penggunaan file backupan dari sumber yang tidak jelas dapat menyebabkan ketidaksesuaian nomor IMEI.

Alternatif lainnya adalah mencoba menulis kembali nomor IMEI seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dalam solusi untuk masalah IMEI hilang pada HP Qualcomm. Pengguna perangkat Mediatek dapat menggunakan aplikasi Mobile Uncle untuk memperbaiki nomor IMEI yang invalid. Dengan mengambil langkah-langkah perlindungan dan pemulihan yang tepat, Anda dapat memastikan keamanan dan keabsahan nomor IMEI dari ponsel Vivo Anda.

Semoga Cara Cek IMEI Vivo Ini bermanfaat. Jangan lupa untuk bookmark halaman ini untuk kebutuhan yang akan datang. Terimakasih!.

Warta Menarik:   Toko Onderdil Mobil Terdekat: Solusi Cepat dan Mudah untuk Kebutuhan Mobil Anda

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK