Cara Screenshot di Laptop dan PC Mudah dan Praktis

Wartalova.com – Bingung ambil gambar screenshot di Laptop? Buat kamu yang suka membuat tutorial atau sedang mengerjakan laporan, simak nih Cara Screenshot di Laptop dan PC Mudah dan Praktis.

Wartalova sudah mengumpulkan ringkasan cara-cara screenshot di Laptop dan PC yang mudah dan praktis, mulai dari menggunakan tombol dan aplikasi tangkap layar.

Menangkap layar atau screenshot merupakan cara cepat untuk menyimpan dan membuat gambar tangkapan layar Laptop atau PC yang kamu gunakan.

Screenshot Laptop atau PC biasanya untuk mengambil gambar mulai dari aplikasi, gambar game, ataupun lainnya yang ingin kamu simpan dan bagikan kembali. Kamu bisa mengambil sebagian layar, atau semua tampilan layar.

Berbagai macam tampilan pada layar perangkat kamu bisa kamu simpan dan ambil dengan mudah dengan fitur Screenshot ini. Gambar hasil screenshot bisa disimpan dengan mudah dan cepat di memori Komputer atau Laptop.

Nah, kabar baiknya bahwa untuk melakukan screenshot di Laptop atau PC yang menggunakan Sistem Operasi Windows bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, jadi banyak cara untuk mengambil gambar tangkapan layar.

Cara Screenshot di Laptop dan PC

Seperti penjelasan waralova diatas, bahwa cara screenshot di Laptop dan PC berbasis Windows ada banyak metode yang bisa digunakan. Apa saja metode untuk screenshot di Laptop?

1. Menggunakan Tombol Print Screen (PrtScn)

Pada keyboard pasti kamu melihat tombol PrtScn bukan? Itu merupakan singkatan dari Print Screen. Jadi tombol ini memiliki fungsi untuk mengambil gambar tangkapan layar atau screenshot.

Kamu tinggal pencet tombol PrtScn maka seluruh layar di perangkat kamu akan disalin dalam bentuk clipboard. Tidak disimpan dalam bentuk file ya!.

Agar kamu bisa menyimpannya dalam bentuk file gambar, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi edit gambar. Kamu bisa menggunakan aplikasi Paint atau MS Word.

Buka aplikasi Paint dan paste (Ctrl+V) untuk menempelkan gambar hasil screenshot dengan tombol PrtScn. Setelah gambar berhasil di tempel di Paint, kamu tinggal menyimpannya.

2. Menggunakan Tombol Alt + Prtscn

Jika kamu hanya menekan tombol PrtScn, maka seluruh layar akan dicopy ke clipboard. Jika kamu ingin hanya windows yang aktif saja yang di salin, maka kamu bisa menggunakan tomnol Alt+PrtScn.

Jadi, dengan menggunakan kombinasi tombo Alt+PrtScn, maka hanyak Window yang aktif saja yang akan ditangkap. Kemudian silahkan buka aplikasi edit gambar seperti paint untuk mengedit dan menyimpan gambarnya.

3. Menggunakan Tombol Windows Key + Prtscn

Buat yang lebih suka otomatis nih, bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + Prtscn. Ini bakal mengambil screenshot seluruh layar dan otomatis akan disimpan.

Jika kamu menekan tombol Windows Key + PrtScn, maka layar kamu akan meredup sesaat, hal ini menandakan bahwa proses screenshot di laptop atau PC sedang berlangsung dan otomatis disimpan.

Untuk melihat hasilnya, silahkan buka exporer, folder gambar atau Pictures lalu Screenshot atau tangkapan layar.

4. Menggunakan Tombol Windows Key + Shift + S

Cara screenshot di laptop dan PC keempat adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows Key + Shift + S.

Sesaat setelah kamu menekan kombinasi tombol tersebut, maka layar akan meredup dan kursor berubah dilengkapi dengan beberapa pintasan di bagian tengah atas layar.

Kamu bisa menarik kursor dan menentukan area yang ingin kamu ambil gambarnya. Setelah itu, gambar akan disalin ke clipboard, sehingga kamu bisa menempelkanya pada aplikasi edit gambar lainnya.

Oh iya, cara screenshot di laptop dan PC kombinasi tombil ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows 10 versi terbaru.

Tangkapan layar akan disalin ke clipboard yang dapat kamu tempelkan ke program atau

5. Menggunakan Tombol Logo Windows + Volume Turun

Cara ini hanya berlaku untuk perangkat Microsoft Surface. Kamu bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + Volume Turun untuk melakukan screenshot pada layar.

Cara ini mirip dengan cara mengambil screenshot pada ponsel Samsung Galaxy M20 atau ponsel lainnya.

Cara mangambil screenshot di tablet Microsoft Surface, sentuh logo windows pada bagian start layar dan kamu tekan tombol volume turun pada sisi layar tablet.

Perhatikan layar kamu akan meredup sebentar, dan gambar screenshot akan disimpan secara otomatis difolder gambar atau Picturesà Screenshot.

6. Menggunakan Game Bar

Cara keenam ini adalah mengambil screenshot dengan game bar. Cara ini bisa kamu gunakan baik sedang main game ataupun tidak.

Caranya adalah tekan tombol Windows + G agar game bar muncul. Setelah muncul kamu dapat klik tombol screenshot di game bar. Biasanya ada di pojoka kiri atas. Seperti gambar dibawah ini.

Kamu juga bisa menggunakan pintasan sendiri dengan mensetting pada menu pengaturan àgame àgame bar.

7. Menggunakan Snipping Tool

Cara ketujuh untuk screenshoot di Laptop dan PC adalah memanfaatkan aplikasi Snipping Tool. Dengan Snipping Tools kamu bisa mengambil gambar layar sesuai dengan keinginan, bisa beragam bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan.

Untuk melakukan screenshot dengan Snipping Tools, kamu tinggal membuka aplikasi Snipping Tools dan klik tombol New. Layar kamu akan meredup, dan kamu bisa menyeleksi bagian layar yang ingin kamu screenshot.

Untuk menyimpan hasil screenshot dengan Snipping Tools, kamu tinggal tekan tombol Ctrl+S atau klik menu Save.

8. Menggunakan Aplikasi Pihak LightShot

Nomor 8 cara screenshot di Laptop adalah dengan menggunakan Lightshot. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu memiliki banyak pilihan. Namun kamu harus mendownload aplikasinya terlebih dulu.

Menggunakan aplikais Lightshot iin memang lebih profesional, karena hasil screenshotnya dapat kamu edit lebih significant.

Nah, dari 8 cara screenshot di Laptop dan PC diatas, cara manakah yang paling cocok buat kamu?

Pastinya kamu bisa memilih salah satu cara screenshot yang paling efektif dan cepat untuk menunjang pekerjaan kamu. Semoga apa yang wartalova.com uraikan diatas bisa memberikan manfaat buat kamu semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *