Web Analytics Made Easy - Statcounter

Tutorial Backup & Restore Modem Via TWRP

Backup & Restore Modem Via TWRP Hal yang sering diabaikan oleh kalian yang suda mengoprek HP adalah pentingnya melakukan backup modem. File modem ini mengandung parameter IMEI/MEID dan pengaturan jaringan yang sangat vital. Risiko korupsi atau kerusakan file ini cukup tinggi, bahkan tanpa melakukan oprekan pun, kerusakan tersebut bisa terjadi secara tiba-tiba dan mengakibatkan hilangnya sinyal atau jaringan pada perangkat HP.

Untuk melakukan backup modem, diperlukan TWRP. Metode backup dan restore modem melalui TWRP merupakan pilihan terbaik karena tidak memerlukan PC atau komputer. Metode ini sangat membantu dalam mengatasi masalah ketika sinyal atau jaringan tidak muncul pada HP, terutama jika kerusakan masih dalam skala kecil. Namun, jika kerusakan pada file modem sudah parah, kemungkinan besar metode ini tidak akan berhasil, dan harus menggunakan metode lain dengan bantuan perangkat lunak PC seperti QPST. Saya akan menjelaskan metode Backup/Restore melalui QPST suatu saat nanti.

Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan sudah menginstal TWRP di HP Anda dan memastikan bahwa IMEI, sinyal, dan jaringan HP Anda tidak hilang.

Sangat disarankan untuk menggunakan TWRP yang sama saat melakukan backup dan restore. Kadang-kadang, kegagalan dapat terjadi saat melakukan proses restore, dan menggunakan versi TWRP yang sama dapat membantu menghindari masalah tersebut.

Cara Backup Modem Via TWRP

Backup modem merupakan langkah penting yang perlu dilakukan oleh pengguna smartphone, terutama bagi mereka yang gemar melakukan modifikasi atau oprekan terhadap perangkat mereka. Proses ini memastikan keamanan file-file penting seperti parameter IMEI/MEID dan pengaturan jaringan yang tersimpan di dalam modem. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan backup modem melalui TWRP.

  1. Masuk ke TWRP: Pertama-tama, pastikan Anda masuk ke dalam TWRP (Team Win Recovery Project) melalui mode pemulihan pada perangkat Anda. Ini biasanya dilakukan dengan menekan kombinasi tombol tertentu saat perangkat dimatikan.
  2. Pilih Backup: Setelah berhasil masuk ke TWRP, Anda akan disajikan dengan beberapa opsi. Pilih opsi “Backup” untuk memulai proses pencadangan.
  3. Pilih File Modem yang Ingin Dicadangkan: Pada layar berikutnya, Anda akan melihat daftar file yang dapat Anda backup. Pilih opsi yang sesuai dengan model perangkat Anda, seperti “Modem”, “Modemst1”, dan “Modemst2”. Tambahan, Anda juga dapat memilih untuk mencadangkan file-file lain seperti “EFS”, “fsg”, atau “NVRAM” sesuai kebutuhan Anda.
  4. Geser untuk Memulai Proses Backup: Setelah memilih file yang ingin Anda backup, geser tombol “Swipe to backup” untuk memulai proses pencadangan. Pastikan untuk menunggu hingga proses ini selesai sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
  5. Reboot Setelah Selesai: Begitu proses pencadangan selesai, Anda akan diberi opsi untuk me-reboot perangkat Anda. Pilih opsi “Reboot” untuk menghidupkan kembali perangkat Anda dalam kondisi normal.
Warta Menarik:   4 Cara Cek Kuota Smartfren Terbaru (Update 2023)

Cara Backup Modem Via TWRP

Setelah selesai, Anda dapat menemukan file backup tersebut di dalam folder TWRP. Pastikan untuk menyimpannya dengan aman dan memberi nama folder dengan jelas, misalnya “backup-modem”, agar mudah ditemukan di kemudian hari.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengompres file tersebut ke dalam format zip dan mengunggahnya ke Google Drive sebagai langkah pengamanan tambahan, terutama jika Anda khawatir file tersebut terhapus secara tidak sengaja atau kartu memori perangkat Anda mengalami kerusakan. Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan keamanan dan ketersediaan file-file penting dalam modem perangkat Anda.

Cara Restore Modem Via TWRP

Setelah Anda berhasil melakukan pencadangan file modem melalui TWRP, langkah selanjutnya adalah mempelajari cara mengembalikan atau melakukan restore file tersebut ke perangkat Anda. Proses ini penting untuk memastikan bahwa perangkat Anda dapat kembali menggunakan parameter IMEI/MEID dan pengaturan jaringan yang telah disimpan sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan restore modem menggunakan TWRP.

  1. Letakkan Folder Backup Modem di Lokasi Tepat: Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah meletakkan folder yang berisi file backup modem di dalam folder TWRP. Anda dapat menemukan folder TWRP di direktori penyimpanan internal perangkat Anda, biasanya terletak di dalam folder “Backup”. Penting untuk dicatat bahwa setiap perangkat memiliki kode unik yang berbeda untuk folder backup, jadi pastikan Anda menyesuaikan dengan kode unik yang sesuai dengan perangkat Anda.
  2. Masuk ke TWRP: Setelah menempatkan folder backup modem di lokasi yang tepat, masuklah ke TWRP seperti yang biasa dilakukan, menggunakan kombinasi tombol yang sesuai saat perangkat dimatikan.
  3. Pilih Opsi Restore: Setelah berhasil masuk ke dalam TWRP, Anda akan disajikan dengan berbagai opsi pemulihan. Pilih opsi “Restore” untuk memulai proses pemulihan.
  4. Pilih Folder Backup Modem: Selanjutnya, Anda akan melihat daftar folder backup yang tersedia. Pilih folder yang berisi file backup modem yang ingin Anda pulihkan ke perangkat Anda.
  5. Selesaikan Proses dan Reboot: Setelah memilih folder backup modem, lanjutkan dengan memilih opsi “Swipe to Restore” atau setara di layar berikutnya. Tunggu hingga proses restore selesai, dan setelah itu Anda akan diberi opsi untuk me-reboot perangkat Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file backup modem ke perangkat Anda menggunakan TWRP. Pastikan untuk menyimpan backup dengan aman dan mengikuti instruksi dengan cermat untuk menghindari kehilangan data yang penting.

Warta Menarik:   Moisturizer Lokal untuk Memperbaiki Skin Barrier

Penutup

Demikianlah tutorial tentang cara melakukan backup serta restore modem menggunakan TWRP pada perangkat Android Anda. Proses ini sangatlah penting untuk memastikan keamanan dan ketersediaan file-file penting seperti parameter IMEI/MEID dan pengaturan jaringan. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda diharapkan dapat melakukan langkah-langkah tersebut dengan mudah dan tanpa masalah.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan TWRP memerlukan pemahaman yang cukup tentang proses pemulihan dan modifikasi pada perangkat Android. Pastikan Anda memahami risiko dan konsekuensi yang mungkin terjadi selama proses ini. Selain itu, selalu lakukan pencadangan data yang diperlukan sebelum melakukan tindakan apapun yang berpotensi mengubah konfigurasi perangkat Anda.

Semoga Tutorial Backup & Restore Modem Via TWRP ini bermanfaat bagi Anda dalam menjaga keamanan dan ketersediaan file-file penting di perangkat Android Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau mengalami kesulitan dalam mengikuti langkah-langkah tersebut, jangan ragu untuk mencari bantuan dari komunitas pengguna Android atau mencari informasi tambahan melalui sumber-sumber terpercaya.

Oh iya, untuk yang ingin menghapus Magisk TWRP, ikuti panduan cara uninstall Magist Via TWRP ini. Terima kasih telah membaca, dan semoga berhasil!

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK