Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Mengembalikan IMEI Hilang, Invalid atau Null

Cara Mengembalikan IMEI Hilang – Saat membeli ponsel, baik dengan harga terjangkau maupun mahal, pastinya semua dilengkapi dengan nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) atau Mobile Equipment Identifier (MEID) untuk ponsel CDMA. Nomor IMEI tersebut memuat berbagai data terkait dengan ponsel yang dimiliki.

Kehilangan IMEI bisa terjadi pada ponsel kesayangan karena beberapa alasan, seperti melakukan unlock jaringan, kesalahan dalam menginstal firmware, atau faktor lainnya. Beberapa ponsel, seperti seri Andromax, rentan mengalami kehilangan IMEI/MEID “null”.

Keadaan ini dapat dimaklumi mengingat Andromax Series dirancang khusus untuk jaringan Smartfren dengan berbagai proteksi tertentu, yang membuat pengguna tidak dapat sembarangan mengubah pengaturan jaringan di ponsel buatan mereka. Kesalahan dalam mengatur jaringan atau memaksa mengubah konfigurasi modem dapat mengakibatkan kehilangan IMEI/MEID.

Untuk mengatasi masalah ini, terdapat beberapa langkah yang dapat diambil. Salah satunya adalah dengan menggunakan perangkat lunak khusus atau aplikasi yang dirancang untuk memperbaiki IMEI yang hilang. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi semacam itu harus dilakukan dengan hati-hati dan memahami risiko yang terkait.

Selain itu, pengguna juga dapat mencoba metode lain seperti melakukan flashing ulang firmware atau mengembalikan pengaturan pabrik pada ponsel. Namun, sebelum melakukan langkah-langkah tersebut, disarankan untuk mencadangkan data penting terlebih dahulu agar tidak hilang selama proses pemulihan IMEI atau MEID. Dengan langkah-langkah yang tepat, diharapkan ponsel dapat kembali normal dengan IMEI atau MEID yang terbaca dengan benar.

Cara Mengatasi invalid IMEI di Hp Android Dengan Chip Qualcomm

Bagi pengguna ponsel pintar yang memakai chip Qualcomm, berikut adalah panduan untuk memperbaiki IMEI atau MEID yang tidak valid pada perangkat Anda.

Bahan-Bahan Write IMEI / MEID

Sebelum memulai proses menulis IMEI atau MEID pada perangkat Anda, pastikan untuk mempersiapkan beberapa bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Instal Minimal ADB And Fastboot dan USB Driver di komputer Anda. Bahan ini penting untuk memastikan komputer Anda dapat terhubung dengan perangkat Android Anda dengan lancar.
  2. Unduh dan instal perangkat lunak khusus untuk menulis IMEI (Write IMEI). Pastikan untuk menggunakan versi yang kompatibel dengan perangkat Anda dan mengikuti petunjuk instalasi dengan cermat.
  3. Jika perangkat Anda menggunakan MEID, pastikan untuk memiliki perangkat lunak khusus untuk menulis MEID (MIDE Writer). Beberapa ponsel yang menggunakan MEID termasuk Andromax E2, Andromax Qi, Andromax R, dan sejenisnya.
Warta Menarik:   Waterpark Terdekat: Temukan Wisata Seru di Dekat Anda

Dengan mempersiapkan semua bahan di atas dengan baik, Anda akan siap untuk melanjutkan proses menulis IMEI atau MEID pada perangkat Android Anda.

Cara Lihat IMEI / MEID

Untuk memulai proses melihat nomor IMEI atau MEID pada ponsel Anda, pertama-tama Anda perlu mencatat nomor tersebut. Biasanya, nomor IMEI dapat ditemukan di bagian belakang tempat baterai atau pada kotak kemasan ponsel Anda.

Setelah Anda mencatat nomor IMEI atau MEID, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa ponsel Anda telah di-root dengan sukses dan USB Debugging telah diaktifkan. Namun, bagi pengguna Andromax, mengingat menu USB Debugging tidak dapat diakses secara langsung, Anda perlu menginstal custom ROM terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan USB Debugging, buka menu Setelan pada ponsel Anda, kemudian navigasikan ke bagian Tentang Ponsel. Di sana, ketuk nomor bentukan ponsel Anda tujuh kali berturut-turut untuk membuka menu Opsi Pengembang. Setelah menu tersebut muncul, masuk ke dalamnya dan aktifkan opsi Debugging USB.

Jika Anda masih bingung tentang cara mengaktifkan USB Debugging, Anda dapat melihat petunjuknya secara spesifik untuk pengguna Xiaomi MIUI, OPPO ColorOS, Vivo Funtouch, dan ASUS ZenUI.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat dengan mudah melihat nomor IMEI atau MEID pada ponsel Anda dan siap untuk melanjutkan proses yang diperlukan.

Cara Write IMEI Dan MEID Di Qualcomm

Sebelum memulai proses menulis IMEI dan MEID pada perangkat Qualcomm, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Berikut adalah panduan lengkapnya:

1. Pertama, buka folder Minimal ADB and Fastboot yang terletak di direktori C:Program Files atau C:Program Files (86). Setelah itu, klik py_cmd.exe untuk membuka program tersebut.

Cara Write IMEI Dan MEID Di Qualcomm 1

2. Selanjutnya, hubungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Setelah terhubung, ketik perintah adb devices di jendela command prompt, lalu ketik adb shell, dan selanjutnya ketik su untuk mendapatkan akses root. Pastikan untuk memeriksa apakah ada permintaan izin dari SuperSU di perangkat Android Anda dan klik izinkan jika diminta.

Cara Write IMEI Dan MEID Di Qualcomm 2

3. Setelah mendapatkan akses root, pastikan untuk mengetik perintah dengan benar. Ketik setprop sys.usb.config diag,adb dan pastikan sudah ada tanda pagar sebelumnya. Setelah melakukan hal ini, Anda akan melihat munculnya port Ports diag Qualcomm HS-USB Android DIAG 901D di device manager.

4. Sekarang, jalankan program untuk menulis IMEI. Isi MEID, IMEI1, dan IMEI2 sesuai dengan yang diminta oleh program. Setelah itu, klik tombol START. Penting untuk diingat bahwa jika Anda melakukan proses menulis MEID, Anda juga harus mengisi IMEI2. Untuk IMEI2, tulislah dengan format yang sama seperti IMEI1, namun dengan sedikit perbedaan di bagian angka belakang.

Warta Menarik:   Cara Setor Tunai BRI untuk Diketahui Nasabah Pemula

5. Jika proses berhasil, Anda akan melihat kotak warna hijau dengan tulisan PASS. Ini menandakan bahwa IMEI dan MEID telah berhasil ditulis pada perangkat Anda.

Cara Write IMEI Dan MEID Di Qualcomm 3

6. Terakhir, reboot ponsel Anda untuk menerapkan perubahan yang telah dilakukan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas secara cermat, Anda akan dapat menulis IMEI dan MEID pada perangkat Qualcomm Anda dengan sukses. Pastikan untuk memeriksa setiap langkah dengan teliti untuk menghindari kesalahan yang tidak diinginkan.

Penutup

Saat ini, IMEI dan MEID pada ponsel Anda telah berhasil dipulihkan, Anda dapat mengecek IMEI dengan mengetikkan kode *#06#. Jika nomor IMEI sudah terlihat, itu berarti proses menulis IMEI telah berhasil dilakukan dengan sukses.

Semoga panduan Cara Mengembalikan IMEI Hilang dapat memberikan solusi terbaik bagi Anda dalam mengatasi masalah kehilangan IMEI atau MEID pada ponsel Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dengan teliti, diharapkan Anda dapat mengembalikan fungsi IMEI atau MEID pada perangkat Anda dengan mudah dan tanpa masalah

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK