Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Unlock Bootloader di HP Xiaomi 2024 Dengan Cepat

Cara Unlock Bootloader di HP Xiaomi – Panduan ini menyediakan langkah-langkah untuk membuka kunci bootloader pada perangkat Xiaomi agar Anda dapat melakukan modifikasi sistem seperti pemasangan pemulihan khusus, ROM kustom, atau melakukan root.

Membuka kunci bootloader (UBL) memungkinkan pengguna untuk mengubah sistem seperti pemulihan atau sistem operasi. Setelah bootloader dibuka, pengguna dapat melakukan root untuk mendapatkan hak akses superuser dan juga menginstal ROM kustom untuk mengubah pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Pada masa kini, semua perangkat Android terbaru dilengkapi dengan bootloader yang terkunci, yang mengakibatkan keterbatasan dalam melakukan modifikasi sistem pada perangkat Android. Untuk memasang TWRP, ROM Kustom, dan melakukan root, pengguna harus melewati proses Pembukaan Bootloader (UBL).

Setiap vendor smartphone memiliki kebijakan tersendiri mengenai UBL, termasuk Xiaomi. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, PolaHP akan membagikan langkah-langkah untuk membuka kunci bootloader di perangkat Xiaomi, Redmi, dan Poco.

Apakah itu UBL atau Unlock Bootloader?

Pembukaan Bootloader merupakan proses untuk membuka kunci bootloader di perangkat Android. Dengan melakukan UBL, Anda dapat melakukan modifikasi pada sistem seperti pemulihan atau sistem operasi.

Setelah UBL, Anda dapat melakukan root untuk memperoleh hak akses superuser dan menginstal ROM kustom untuk mengubah pengalaman ponsel secara keseluruhan. Tetapi, terdapat juga risiko keamanan seperti potensi ancaman peretas yang dapat menginstal aplikasi berbahaya pada perangkat yang telah di UBL.

Di samping itu, beberapa aplikasi perbankan juga membatasi sejumlah fitur pada perangkat yang telah ter-unlock. Selain itu, UBL juga dapat menurunkan level Widevine menjadi L3, mengakibatkan konten video yang dilindungi DRM seperti Netflix hanya dapat diputar dengan kualitas rendah.

Jika Anda merupakan pengguna Xiaomi dan tertarik untuk melakukan UBL secara resmi, silakan ikuti panduan di bawah ini.

Cara UBL di Perangkat Xiaomi

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, proses membuka kunci bootloader semakin disederhanakan oleh Xiaomi, di mana sekarang tidak lagi memerlukan permintaan melalui SMS untuk melakukannya. Cukup menggunakan Alat Mi Unlock untuk melakukan UBL.

Warta Menarik:   Cara Memperbaiki LCD HP Bergaris

Namun, yang perlu Anda ketahui juga, proses UBL ini memerlukan penggunaan PC atau Laptop dengan sistem operasi minimal Windows 7 64-bit. Berikut adalah langkah-langkah membuka kunci bootloader Xiaomi hingga berhasil.

1. Aktifkan Akun Xiaomi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun Mi, jika Anda sudah memiliki akun, silakan login. Bagi yang belum memiliki, Anda dapat membuatnya melalui perangkat HP atau situs web. Kami akan menjelaskan cara membuat akun Mi dengan mudah melalui HP Xiaomi untuk memudahkan Anda.

  1. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat HP Xiaomi Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk opsi Mi Account.
  3. Anda akan diberikan 2 opsi untuk mendaftar menggunakan alamat email atau nomor HP.
  4. Selanjutnya, ketuk Buat akun menggunakan alamat email.
  5. Masukkan alamat email yang ingin Anda daftarkan.
  6. Ketikkan password yang akan digunakan.
  7. Isi captcha yang disediakan, kemudian ketuk OK.
  8. Sekarang buka email Anda dan konfirmasikan untuk mengaktifkan akun Mi Anda.

2. Aktifkan Opsi Pengembang

Langkah berikutnya adalah mengaktifkan opsi pengembang yang tersedia di pengaturan Xiaomi Anda. Untuk mengetahui cara mengaktifkannya, silakan ikuti panduan di bawah ini:

  1. Buka menu Pengaturan pada perangkat Xiaomi Anda.
  2. Pilih opsi Tentang Ponsel.
  3. Ketuk versi MIUI sebanyak 7 kali hingga muncul pesan “Anda telah masuk ke mode pengembang”.

3. Aktifkan Debugging USB

Sekarang, aktifkan opsi Debugging USB dan Unlock OEM yang terdapat dalam opsi pengembang atau developer options. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan.
  2. Pilih Pengaturan Lanjutan.
  3. Gulir ke bawah, lalu ketuk Opsi Pengembang.
  4. Selanjutnya, aktifkan Unlock OEM.
  5. Aktifkan juga Debugging USB.

4. Binding Akun Mi

Masih dalam pengaturan opsi pengembang, langkah berikutnya adalah melakukan pengikatan akun Mi melalui menu Status Mi Unlock. Pastikan terlebih dahulu bahwa koneksi internet pada HP Redmi atau Poco Anda sudah aktif dan stabil.

  • Silakan buka Opsi Pengembang. Kemudian ketuk Status Mi Unlock.
  • Di bagian bawah, ketuk Tambahkan Akun dan Perangkat.
  • Jika berhasil, akan muncul pemberitahuan yang menyatakan “Berhasil ditambahkan.
  • Akun Mi telah terikat dengan perangkat ini”.

5. Download dan Extract Mi Unlock Tools Di PC

Langkah berikutnya adalah mengunduh Alat Mi Unlock dan mengekstraknya di Laptop dengan setidaknya sistem operasi Windows 7 64-bit.

Warta Menarik:   Cara Memperbaiki Kursor Laptop Yang Tidak Bergerak

6. Install USB Driver Xiaomi

Agar proses pembukaan kunci bootloader sukses, Anda harus memastikan bahwa HP Anda terdeteksi oleh komputer. Oleh karena itu, Anda perlu memasang Driver USB seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  1. Pertama-tama, buka folder Mi Unlock.
  2. Kemudian, klik dua kali pada file Driver USB Mi.
  3. Selanjutnya, hubungkan HP Xiaomi ke PC menggunakan kabel USB.
  4. Secara otomatis, driver akan terpasang.

7. Masuk Ke Fastboot Mode

Selanjutnya, pastikan HP Xiaomi Anda telah masuk ke Mode Fastboot. Bagi yang belum mengetahui cara memasuki Mode Fastboot Xiaomi, silakan ikuti panduannya di sini.

  1. Langkah pertama, matikan HP Xiaomi Anda.
  2. Tekan tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan.
  3. Tahan kedua tombol tersebut dan lepaskan setelah masuk ke Mode Fastboot.
  4. Selanjutnya, hubungkan smartphone Anda ke PC.

8. Jalankan Mi Unlock Tool

Sekarang, setelah Anda siap menggunakan Alat Mi Unlock, pastikan komputer Anda terhubung ke internet.

  1. Buka folder Alat Mi Unlock di PC.
  2. Kemudian, klik kanan pada miflash_unlock.
  3. Selanjutnya, pilih Buka dengan Jalankan sebagai administrator.
  4. Klik Agree untuk menyetujui disclaimer.

9. Unlock Bootloader Selesai

Pada tahap terakhir, Anda akan membuka kunci bootloader menggunakan alat Mi Unlock. Berikut adalah prosesnya secara lengkap.

  1. Masuk dengan menggunakan Akun Mi Anda.
  2. Klik tombol Buka Kunci di bagian bawah.
  3. Jika muncul jendela pop-up, klik Buka Kunci.
  4. Dalam beberapa detik, Anda akan melihat pesan “Bootloader Dibuka dengan Sukses”.
  5. Ini menandakan bahwa Anda telah berhasil membuka bootloader di HP Xiaomi Anda.

Sekarang proses membuka kunci bootloader telah selesai, dan Anda dapat melanjutkan dengan memasang TWRP dan menginstal ROM kustom.

Cara Unlock Bootloader di HP Xiaomi 2024 Dengan Cepat

Kenapa UBL Gagal dan muncul keterangan“Couldn’t unlock”?

Meskipun proses ini sering berhasil, namun tidak jarang juga ditemui kendala. Ada kalanya, Anda diminta untuk bersabar dan menunggu beberapa waktu, bahkan hingga beberapa hari, sebelum proses UBL berhasil. Jika muncul pesan “Tidak dapat membuka kunci. Setelah 72 jam mencoba membuka kunci perangkat,” ini berarti Anda perlu menunggu selama 72 jam sebelum mencoba lagi, atau sekitar 3 hari ke depan. Kendala semacam ini kadang terjadi karena proses verifikasi keamanan yang dilakukan oleh Xiaomi.

Pembukaan Bootloader memang menjadi langkah awal yang krusial jika Anda ingin melakukan modifikasi lebih lanjut pada perangkat Android Anda, seperti menginstal TWRP, ROM Kustom, atau melakukan root. Hal ini disebabkan karena bootloader merupakan lapisan keamanan paling tinggi di perangkat tersebut, yang bertanggung jawab untuk memeriksa dan memvalidasi setiap boot-up dari sistem operasi. Oleh karena itu, hingga saat ini belum ada metode yang dapat menghindari atau melewatkan proses UBL.

Warta Menarik:   Cara Memperbaiki Layar HP Lepas - Cara yang Mudah dan Praktis

Meskipun proses UBL kadang-kadang memerlukan waktu dan kesabaran ekstra, kita berharap agar Xiaomi terus memberikan dukungan dan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan UBL pada perangkat mereka. Mempermudah proses UBL akan membuat pengguna lebih leluasa untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan perangkat Android mereka sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing, tanpa harus terkendala oleh batasan bootloader yang terkunci.

Sebagai pengguna, penting bagi kita untuk tetap memahami pentingnya proses UBL dan meluangkan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya dengan benar. Meskipun kadang-kadang menghadapi kendala, dengan kesabaran dan pemahaman yang tepat, kita dapat berhasil membuka kunci bootloader pada perangkat Xiaomi kita dan mengembangkan kemampuan perangkat sesuai keinginan.

Penutup

Demikianlah panduan lengkap mengenai proses membuka kunci bootloader pada HP Xiaomi tanpa harus menunggu waktu yang lama. Kami berharap dengan adanya tutorial ini, Anda dapat melaksanakan proses unlock bootloader dengan lancar dan tanpa hambatan. Penting untuk diingat bahwa melakukan unlock bootloader memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai modifikasi pada sistem perangkat Anda, seperti menginstal ROM kustom, memasang pemulihan khusus, atau melakukan root.

Dengan demikian, dengan pengetahuan yang Anda peroleh dari panduan ini, Anda dapat lebih leluasa mengoptimalkan pengalaman pengguna perangkat Xiaomi Anda sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda. Selamat mencoba!

 

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK