Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Membuat Setrum Tikus Dengan Aki (Jebakan Tikus Elektrik)

Wartalova.com – Banyak yang mencari tips dan cara membuat setrum tikus dengan aki, namun tidak menemukan tutorial yang cocok, nah disini kita bakal membahas dengan detail apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat jebakan tikus elektrik.

Tikus yang dikenal sebagai hewan pengerat memang membuat jengkel jika hidup disekitar rumah ataupun di persawahan yang dapat merugikan. Dirumah tidak jarang mengganggu karena bisa memanjat ke atap rumah dan plafon, sehingga kotorannya juga bisa disembarang tempat yang dapat menimbulkan penyakit.

Jika dipersawahan, tikus menjadi hama karena memakan padi sehingga mengurangi hasil panen, bahkan jika jumlah tikus terlalu banyak, panen bisa gagal. Oleh karena itu, Anda harus tahu bagaimana cara membuat setrum tikus dengan aki yang bisa dimanfaatkan untuk menjebak tikus.

Sebenarnya banyak tutorial cara membuat setrum tikus dengan aki, atau bahkan bisa dengan listrik yang bisa ditemukan, namun kadang tidak lengkap dan kurang bisa dipahami. Biar lebih jelas, Anda bisa simak uraian dan tutorial yang bakal di bahas dalam artikel ini.

Saat ini menggunakan cara tradisional seperti memelihara kucing tidak efektif, karena terkadang tikus sudah berani melawan kucing, karena tikus Got ukurannya lebih besar. Ada juga cara lama seperti menggunakan racun tikus, namun ini agak membuat repot karena jika tikus mati di tempat tersembunyi, tau tau sudah dalam keadaan membusuk sehingga baunya sangat menyengat.

Nah, cara yang lebih bagus adalah dengan menggunakan jebakan elektrik, seperti strum tikus dengan aki ini. Karena, tikus bakal mati ditempat, tidak takut bau tikus yang membusuk.

Membuat setrum tikus dengan aki tidaklah mahal, karena beberapa komponen bisa diperoleh dari barang bekas. Aki yang digunakan juga tidak harus aki baru, karena bisa menggunakan aki bekas yang harganya lebih murah.

Bahan untuk membuat setrum tikus dengan Aki

  1. Aki (Bekas atau baru) 12 Volt
  2. 2 Kaleng bekas minuman.
  3. Kabel
  4. Papan kayu
  5. Travo Bekas Lampu neon

Cara membuat Setrum Tikus Dengan AKI

Setelah semua bahan tersedia, kini Anda bisa memulai membuat setrum tikus. Adapun langkah-langkahnya cukup mudha, karena tinggal merangkai komponen aki dan trafo yang dihubungkan dengan kabel ke kaleng bekas yang sudah di potong.

Warta Menarik:   Serba 35 Terdekat: Menemukan Segala Kebutuhan di Dekatmu

Biar lebih jelas, berikut ini langkah-langkah membuat setrum tikus:

  1. Kaleng bekas silahkan di potong dibuang ujung atas dan bawah, bentuk persegi panjang.
  2. Siapkan kabel dan kaitkan dengan aluminium kaleng bekas.
  3. Lalu tempelkan pada papan kayu yang sudah tersedia. Ulangsi dengan kaleng bekas satunya.
  4. Rakit travo pada kabel yang akan dihubungkan pada bagian aki plus.
  5. Kaitkan kabel 1 lagi ke bagian aki minus.
  6. Coba dengan kawat elemen laumunium kaleng bekas dengan menghubungknya, apakah terjadi percikan api atau tidak. Jika sudah ada percikan, siap dipasang di tempat strategis.

Nah, mudah bukan cara membuat setrum tikus dengan aki? Biar lebih jelas, bisa mencoba melihat video berikut ini.

Kelebihan Jebakan Tikus dengan AKI

Berikut ini beberapa kelebihan membuat jebakan tikus dengan AKI yang bisa menjadi pertimbangan Anda membuat dan memasangnya dirumah.

1. Efektivitas Tinggi

Jebakan tikus dengan AKI terbukti sangat efektif dalam menangkap tikus. Kehadiran AKI sebagai sumber daya listrik memberikan daya tarik yang kuat bagi tikus untuk mendekat. Ketika tikus menggigit kabel AKI, mereka akan terjebak dalam perangkap dengan cepat. Kecepatan tangkapan yang tinggi ini membuat jebakan tikus dengan AKI menjadi metode yang efisien untuk mengendalikan populasi tikus di sekitar rumah Anda.

2. Penggunaan yang Mudah

Jebakan tikus dengan AKI dirancang untuk penggunaan yang mudah. Anda hanya perlu menempatkan perangkap di area yang terinfestasi tikus dan menghubungkannya ke AKI yang ada. Tidak diperlukan pengetahuan teknis yang rumit atau keterampilan khusus. Setelah perangkap terpasang, tinggal tunggu saja hingga tikus terjebak. Kemudahan penggunaan ini membuat jebakan tikus dengan AKI menjadi pilihan yang praktis untuk setiap orang.

3. Ramah Lingkungan

Salah satu kelebihan utama jebakan tikus dengan AKI adalah bahwa metode ini ramah lingkungan. Tidak ada bahan kimia yang digunakan, sehingga tidak ada residu berbahaya yang dapat meracuni tanah atau air. Hal ini juga tidak berdampak negatif pada hewan peliharaan atau hewan liar lainnya. Dalam upaya kita untuk menjaga lingkungan yang sehat, penggunaan jebakan tikus dengan AKI merupakan pilihan yang bertanggung jawab.

4. Harga Terjangkau

Jebakan tikus dengan AKI merupakan solusi yang terjangkau untuk mengatasi masalah tikus di rumah. Dibandingkan dengan metode lain seperti penggunaan racun tikus atau menyewa jasa pembasmi tikus profesional, jebakan tikus dengan AKI lebih ekonomis. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya awal untuk membeli perangkap dan menghubungkannya ke AKI yang sudah ada. Tidak ada biaya berkelanjutan yang perlu dikeluarkan, seperti pembelian ulang racun tikus atau membayar jasa pembasmi tikus secara berkala.

Warta Menarik:   Cara Ampuh Memusnahkan Hama Tanaman Cabe Secara Alami

Penutup

Demikian tutorial cara membuat setrum tikus dengan aki yang mudah dan murah namun efisien dan efektif membasmi tikus. Semoga apa yang wartalova.com tulis bisa memberikan manfaat dan ikuti terus update info menarik lainnya.

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK