Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Mengatasi Tombol Back, Home dan Recent Tidak Berfungsi dengan Baik

Wartalova.com – Fitur di dalam ponsel pastinya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apabila terjadi masalah pada salah satunya, kemungkinan akan sulit bagi Anda untuk menjalankan hp secara lancar. Apalagi jika terjadi kerusakan pada tombol. Lalu, bagaimana cara mengatasi tombol back, home dan recent tidak berfungsi?

Fungsi Tombol Back, Home dan Recent

Tombol yang berbeda-beda pada smartphone tentunya memiliki fungsi tersendiri. Fungsi tombol back untuk mengarahkan pengguna kembali ke halaman sebelumnya setelah membuat aplikasi tertentu. Tentu ini sangat berguna agar Anda tidak kebingungan saat ingin melihat data di previous application.

Tombol home merupakan tombol yang dapat Anda gunakan jika ingin menutup maupun keluar dari sebuah aplikasi dan langsung mengarah ke layar utama ponsel. Ini akan menghemat waktu pengguna selama berselancar di sosial media atau situs tertentu.

Sedangkan tombol recent berguna untuk melihat deretan aplikasi yang sudah pengguna buka sebelumnya. Fitur ini juga berfungsi dalam melihat aplikasi-aplikasi yang masih tetap berjalan walaupun tidak Anda gunakan. Dengan tombol ini, bisa membersihkan ram ponsel secara cepat agar akses lancar.

Cara Mengatasi Tombol Back, Home dan Recent Tidak Berfungsi

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan fungsi tombol back, home dan recent pada ponsel. Semuanya mulai dari termudah hingga harus menggunakan fitur tambahan. Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjutnya, simak ulasan di bawah ini dengan seksama!

1. Melakukan Restart pada Hp

Langkah pertama yang paling mudah dan bisa Anda lakukan adalah melakukan restart pada hp. Ini merupakan metode umum jika ingin memperbaiki error pada smartphone. Selain itu, pengguna tidak perlu terburu-buru membawa ponsel ke jasa servis. Begini cara kerja untuk merestart hp:

  • Jika layar hp tidak bisa tersentuh atau mengalami lagging, Anda tidak perlu panik.
  • Tekan tombol power dalam waktu yang cukup lama di bagian kanan atau kiri ponsel sesuai dengan tipenya.

Melakukan Restart pada Hp Tekan Tombol Power

 

 

  • Nantinya, akan muncul beberapa pilihan menu. Klik “restart”. Secara otomatis, handphone akan terestart dengan sendirinya.
Warta Menarik:   Bank BRI Terdekat: Temukan Lokasi dan Layanan Terbaik

Melakukan Restart pada Hp Klik Tombol Restart

 

  • Tunggulah hingga proses berjalan dan ponsel nyala kembali.

Setelah ponsel menyala, coba tes kembali tombol back, home dan recent yang sempat tidak berfungsi tadinya. Jika bisa, maka cara tadi berhasil. Penyebabnya mungkin karena ponsel terlalu lama digunakan, sehingga terjadilah lagging. Untuk itu, perhatikan penggunaan hp agar sesuai kebutuhan saja.

2. Hapus Aplikasi yang Baru Terpasang

Masalah berikutnya yang dapat menyebabkan tombol back, home dan recent tidak berfungsi yakni karena adanya pemasangan aplikasi baru pada ponsel. Ini terjadi apabila Anda melakukan pengunduhan di situs tidak resmi atau illegal, bukan di Google Play Store atau App Store.

Selain itu, cara ini juga dapat membahayakan bagi ponsel karena bisa menyebarkan virus berbahaya yang merusak sistem maupun data. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya lakukan pengunduhan di situs resmi saja dan hindari penggunaan aplikasi illegal. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

  • Untuk menghapus aplikasi sebenarnya cukup mudah, Anda tinggal menekan lama aplikasi yang baru saja terpasang.
  • Setelah itu, nanti akan muncul beberapa opsi yang bisa Anda pilih.
  • Untuk mencopot aplikasi, Anda bisa memilih opsi “uninstall” atau “copot”.

Hapus Aplikasi yang Baru Terpasang

  • Secara otomatis, aplikasi sudah hilang dari ponsel Anda.

Perlu Anda ketahui juga, untuk menjaga performa ponsel terjaga seiring berjalannya waktu, sebaiknya hindari pengunduhan aplikasi dari sumber yang tidak sistem rekomendasikan. Ini juga membantu pengguna menjaga keamanan data di dalam smartphone mereka.

Unroot Hp

Langkah selanjutnya yakni dengan unroot hp. Ini berfungsi apabila Anda sebelumnya telah melakukan root pada ponsel.Rooting adalah proses di mana pengguna perangkat Android mendapatkan kontrol istimewa atas beberapa subsistem perangkat, yang seringkali berupa ponsel cerdas.

Saatroot hp, pengguna biasanya akan melakukan custom rom guna memenuhi kepentingan tertentu. Namun, custom root tersebut akan sangat berbahaya apabila Anda secara paksa memasangnya ke ponsel karena belum tentu kompatibel dengan tipe smartphone itu sendiri. Lalu, bagaimana caranya?

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi yang bernama SuperSu. Pastikan untuk mengunduhnya di Google Play Store.

Unroot Hp dengan Aplikasi SuperSu d Google Play Store

 

  • Setelah selesai terunduh dan terpasang di ponsel, Anda bisa membuka aplikasi tersebut.
  • Buka menu setting atau pengaturan, kemudian pilih “Unroot penuh”
Warta Menarik:   Cara Cek Resi J&T dengan Mudah dan Cepat

Unroot penuh

  • Tunggulah beberapa saat sampai hp melakukan restart secara otomatis.
  • Setelah melalui proses restart dan hp kembali menyala, Anda bisa menggunakan kembali ponsel tersebut dalam tampilan sebelum root.

4. Kembalikan Hp ke Setelan Pabrik

Cara selanjutnya banyak orang lakukan ketika tombol back, home dan recent di ponsel mereka tidak berfungsi, yakni dengan mengembalikan hp ke setelan pabrik atau factory reset. Ini sedikit berbahaya apabila Anda tidak teliti dalam melakukannya karena bisa menghilangkan banyak data. Berikut langkah-langkah lengkapnya!

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memback up atau mencadangkan file maupun data di dalam ponsel agar tidak hilang.

memback up atau mencadangkan file

  • Back up data bisa Anda lakukan di aplikasi setting atau pengaturan.
  • Setelah selesai mencadangkan semua data, buka lagi aplikasi pengaturan.

buka lagi aplikasi pengaturan

  • Gulir layar ke bawah hingga menemukan menu “tentang ponsel” atau “about phone”.

  • Kemudian, klik bagian “factory data reset”.

factory data reset

  • Secara otomatis ponsel Anda akan mengalami reset ke setelan pabrik.

Ini berguna apabila sistem di dalam smartphone mengalami error maupun kesalahan pada saat konfigurasi dan juga bug. Dengan mengembalikan tampilannya ke setelan pabrik, Anda bisa secara mudah mengatasi hal tersebut tanpa harus membawa ponsel ke jasa service.

5. Menggunakan Aplikasi Pengganti Tombol

Apabila beberapa tahapan di atas tidak mampu mengembalikan fungsi tombol back, home dan recent pada ponsel, maka lakukan cara ke-5 ini dengan menggunakan aplikasi pengganti tombol. Jika menggunakan hp android, Anda bisa mendapatkan bantuan ini melalui aplikasi Assistive Touch.

  • Buka aplikasi pengaturan atau setting pada smartphone Anda.
  • Gulir layar ke bawah hingga menemukan menu “Accessibility” atau “Aksesibilitas”.

Accessibility

  • Setelah itu, Anda akan melihat jendela baru yang berisi beberapa menu, pilihlah “interaction and dexterity”.

interaction and dexterity

  • Selanjutnya, klik “Assistant Menu” dan pilih “on” atau “nyalakan”.

Assistant Menu

  • Secara otomatis, assistant menu akan terlihat dengan berbagai fitur tambahan lainnya untuk memudahkan Anda mengoperasikan ponsel.

Menggunakan Aplikasi Pengganti Tombol

Selain itu, ada juga aplikasi bernama Hand Soft Key. Keduanya dapat membantu Anda mengatasi apabila tombol back, home dan recent yang rusak. Alat bantu ini juga terletak di layar dan mudah untuk melihatnya, jadi tidak perlu repot untuk membuka tutup aplikasi ini secara terus menerus.

Itu tadi informasi berkaitan dengan cara mengatasi tombol back, home dan recent tidak berfungsi. Lakukan setiap langkah secara runtut agar Anda bisa menemukan penyelesaiannya. Selain itu, jangan terlalu memaksakan ponsel apabila memang tidak dapat memperbaikinya. Langsung saja ke jasa servis.

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK