Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Mengisi Google Form Berkali Kali, Begini Settingnya!

Wartalova.com – Begini lho cara mengisi Google Form Berkali-kali!. Google Form mempermudah pekerjaan, bahkan penerimaan lowongan kerja bisa menggunakan form ini. Seperti apa cara settingnya agar bisa di isi berkali-kali?

Fungsi Google Form sangat beragam, bisa digunakan untuk mengisi absen, mengisi nilai ujian siswa sekolah, dan form survey online. Yang sering jadi masalah adalah tidak bisa di isi berkali-kali, padahal Google Form bisa di isi berkali-kali.

Google Form dibuat secara mandiri, jadi agar bisa di isi berulang-ulang maka pengaturannya harus benar. Nah, biar lebih jelas bagaimana caranya, simak selengkapnya dalam penjelasan dibawah ini.

Apa Itu Google Form

Google Form merupakan layanan online yang memungkinkan pengguna untuk membuat formulir interaktif, survei, atau kuesioner secara mudah dan cepat. Dengan menggunakan Google Form, Anda dapat mengumpulkan respons dari banyak orang dalam waktu singkat, serta menganalisis data yang terkumpul dengan mudah. Google Form mempermudah proses pengumpulan informasi dan memungkinkan Anda untuk membuat formulir yang dapat diakses dan diisi oleh orang lain secara online.

Cara Mengisi Google Form Berkali-kali

Pada dasarnya Google Form bisa di isi berkali-kali, namun jika salah dalam pengaturannya, maka tidak bisa di isi berkali-kali. Nah, buat Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mengisi Google Form Berkali-kali, simak detailnya berikut ini:

  • Langkah pertama dalam membuat Google Form adalah memiliki akun Google.
  • Untuk mengakses Form, pastikan Anda sudah memiliki link Google Form yang akan diisi.
  • Klik Link yang sudah tersedia, secara otomatis akan masuk ke halaman Google Form.
  • Biasanya, ada dua jenis Google Form, yaitu Anda akan menemukan panduan untuk mengisi dan ada yang tanpa panduan.
  • Jika panduannya, maka biasanya Anda akan diminta untuk mengisi form dengan memasukkan email terlebih dulu. Setelah itu, anda dapat mengisi form sesuai perintahnya.
  • Isi Form sesuai dengan pertanyaan masing-masing field.
  • Setelah semua pertanyaan terjawab, sebaiknya anda periksa terlebih dulu sebelum disubmit.
  • Setelah yakin, dengan jawaban yang anda masukkan, silahkan langsung tekan tombol submit.
  • Setelah tersimpan, biasanya ada opsi “edit your response” atau tidak ada. Jika ada opsi tersebut berarti Anda dapat mengedit form tersebut berkali-kali. Namun, jika tidak ada opsi edit your response, berarti form yang sudah dikirimkan tidak dapat diedit lagi.
  • Lalu bagimana jika ternyata ada jawaban yang belum sesuai, dan Anda ingin mengedit Google Form Tersebut?
  • Jika ternyata Anda ingin mengedit form tersebut namun tidak ada tombol “Edit your Response”, maka jalan alternatifnya adalah dengan mengklik Link Google Form yang anda miliki.
  • Artinya, Anda bisa mengisi ulang Google Form dari awal dan mensubmitnya lagi setelah merasa yakin jawaban anda sudah tepat.
  • Namun, jika ternyata pada saat membuka link Google Form yang anda miliki muncul peringatan bahwa Anda telah mengisi form, berarti Anda tidak dapat mengisi ulang form tersebut.

Cara Setting Pada Google Form

Cara Setting Pada Google Form

Seperti penjalasan bagaimana cara mengisi Google Form diatas, ada dua kemungkinan yaitu bisa di edit ulang form yang sudah disubmit atau tidak bisa di edit, hal ini terjadi karena pengaturan yang dibuat oleh authornya. Nah, bagaimana pengaturan Google Form? Berikut selengkapnya!

1. Aktifkan Collect Email Address

Pengaturan Collect Email Address digunakan pada saat Anda menginginkan konfirmasi pengiriman kepada alamat yang sudah mengisi form Google. Konfirmasi ini akan mengirimkan detail atas jawaban pada Google Form yang sudah disubmit.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa mengaturnya pada bagian “Pengaturan” yaitu General Setting. Silahkan di centang pada opsi Collect Email Address dan pada opsi “Response Receipts”.

Sekarang fitur Collect Email Addres sudah aktif. Kemudian lanjutkan pada langkah kedua berikut ini.

2. Limit To One Response

Fitur Limit to One Response adalah fitur yang digunakan untuk membatasi responden pada form yang Anda buat. Jadi jika pengaturan ini diaktifkan, maka semua responden hanya bisa mengisi form sekali saja, tanpa bisa mengedit form yang sudah dikirimkan.

Untuk mengaktifkan pengaturan ini, pada Form yang Anda buat harus menyediakan pertanyaan alamat email. Buatlah perintah agar reponden mengisikan email terlebih dulu atau login keakun Google Mereka. Setelah login, barulah responden bisa melanjutkan untuk mengisi form survey atau Google Form. Namun, jika form yang Anda buat bisa di isi berkali-kali oleh reponden, maka fitur ini tidak perlu diaktifkan.

Nah, bagaimana? Apakah Anda sudah paham bagaimana cara mengisi Google Form Berkali-kali dan bagiamana membuat Google Form agar bisa di isi berkali kali tanpa harus repot mengulang form dari awal lagi.

 

Fitur-Fitur Google Form

A. Template Siap Pakai

Google Form menyediakan berbagai template siap pakai yang mempermudah Anda dalam membuat formulir dengan cepat. Anda dapat memilih template yang sesuai dengan tujuan dan gaya yang Anda inginkan, seperti formulir pendaftaran, kuesioner kepuasan, atau formulir acara.

B. Pertanyaan Kustom

Google Form memungkinkan Anda membuat berbagai jenis pertanyaan, mulai dari pilihan ganda, isian singkat, hingga jawaban panjang. Anda juga dapat menambahkan pertanyaan terkait gambar, video, atau file.

Warta Menarik:   Cara Mematikan Update Windows 10 Secara Otomatis

C. Logika Terkait

Anda dapat menggunakan logika terkait untuk mengatur alur pertanyaan berdasarkan jawaban sebelumnya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat formulir yang lebih dinamis dan responsif.

D. Kolaborasi Tim

Google Form memungkinkan Anda untuk mengundang anggota tim atau kolaborator lain untuk bekerja sama dalam membuat atau mengedit formulir. Ini sangat berguna jika Anda bekerja dalam tim atau ingin mengumpulkan masukan dari beberapa orang.

E. Integrasi dengan Google Sheets

Data yang terkumpul melalui Google Form secara otomatis disimpan dalam Google Sheets. Anda dapat dengan mudah mengelola dan menganalisis data tersebut dengan menggunakan fitur spreadsheet Google Sheets.

Manfaat Penggunaan Google Form

A. Pengumpulan Data yang Efisien

Dengan Google Form, Anda dapat mengumpulkan data dari banyak orang secara efisien. Tidak perlu lagi mengumpulkan formulir secara fisik atau mengirimkannya melalui email. Semua respons dapat langsung masuk ke dalam Google Sheets.

B. Fleksibilitas dan Kemudahan Akses

Google Form dapat diakses melalui perangkat apa pun yang terhubung ke internet. Responden dapat mengisi formulir di komputer, ponsel, atau tablet sesuai kenyamanan mereka.

C. Analisis Data yang Mudah

Data yang terkumpul dapat dengan mudah dianalisis menggunakan berbagai fitur analisis Google Sheets. Anda dapat membuat grafik, menghitung rata-rata, atau menemukan pola dari respons yang terkumpul.

D. Personalisasi dan Branding

Google Form memungkinkan Anda untuk mempersonalisasi formulir dengan mengubah tema, mengunggah gambar, dan menyesuaikan tata letak. Anda juga dapat menambahkan logo atau mengganti warna sesuai dengan merek Anda.

Google Form adalah alat yang sangat berguna untuk mengumpulkan data dan informasi dari banyak orang dengan mudah dan efisien. Dengan fitur-fitur yang fleksibel dan kemudahan akses, Google Form dapat digunakan dalam berbagai konteks, seperti riset, penelitian pasar, pendaftaran acara, atau survei kepuasan pelanggan. Jika Anda ingin mengumpulkan data secara cepat dan memiliki analisis data yang mudah,

Semoga sedikit informasi tips cara mengisi Google Form ini bisa memberikan manfaat untuk Pembaca wartalova.com semua. Ikuti terus dan dapatkan info menarik lainnya.

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK