Web Analytics Made Easy - Statcounter

Download SuperSU v2.82 Terbaru 2024

SuperSU v2.82 – Salah satu langkah untuk memperoleh akses root adalah dengan mengunduh SuperSU, berbeda dengan Kingroot atau framaroot. SuperSU ini memerlukan custom recovery TWRP agar bisa melakukan rooting pada perangkat Android Anda.

Dapat disimpulkan bahwa SuperSU menjadi pilihan terakhir jika upaya menggunakan aplikasi atau perangkat lunak PC untuk mendapatkan akses root tidak berhasil. Anda hanya perlu menginstalnya melalui custom recovery seperti TWRP atau CWM.

Alat rooting SuperSU ini berisi binary SU bersama dengan manajer Superuser yang bermanfaat untuk mengatur hak akses root pada setiap aplikasi dan juga dapat digunakan untuk menghapus file root yang telah tertanam dalam sistem.

Sebelum Anda menginstal SuperSU pada perangkat Android, sebaiknya Anda memahami konsep dasar tentang root. Secara sederhana, rooting berarti memperoleh akses root atau hak administratif pada perangkat Android.

Anda dapat mengakses sebagian besar fitur Android, tetapi tidak dapat melakukan banyak hal tanpa hak administratif.

Download SuperSU

Download SuperSU v2.82 Terbaru 2024

Dengan memperoleh akses root atau hak administratif, Anda memiliki kendali penuh atas perangkat Android Anda. Anda dapat menjelajahi folder root Android dan melakukan modifikasi pada file sistem, termasuk mengubah, menginstal, atau menghapus beberapa file dalam sistem Android.

Berikut ini saya sertakan file SuperSU terbaru versi 2.8.2 yang dapat diunduh dan diinstal melalui TWRP.

Versi 2.8.2
Nama File SuperSU.zip
Ukuran File 5.64 MB
Tipe File zip

Download

Cara Install SuperSu

Setelah berhasil mengunduh file SuperSU, langkah selanjutnya adalah memasangnya menggunakan custom recovery seperti TWRP atau CWM.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk memasang SuperSU:

  1. Unduh file SuperSU yang tersedia di atas.
  2. Masuk ke menu TWRP. Caranya berbeda-beda tergantung pada jenis HP Anda, misalnya dengan menekan tombol Volume Up dan Power, atau Volume Down dan Power, atau kombinasi tombol lainnya.
  3. Di dalam TWRP, pilih opsi Backup dan lakukan pencadangan sistem. Untuk yang belum familiar dengan proses pencadangan ROM, dapat mengikuti panduan “Cara Cadangkan dan Pulihkan ROM via TWRP”.
  4. Setelah pencadangan selesai, pilih opsi Install di TWRP.
  5. Pilih file SuperSU.zip yang telah diunduh sebelumnya.
  6. Setelah memilih file, geser ke arah kanan (Swipe to confirm flash).
  7. Proses pemasangan SuperSU akan dimulai. Tunggu beberapa saat hingga selesai.
  8. Setelah proses selesai, pilih opsi Reboot System.
  9. Perangkat Anda akan restart. Setelah kembali ke layar utama, Anda akan melihat aplikasi SuperSU Manager, menandakan bahwa rooting telah berhasil. Untuk memastikan, Anda dapat menggunakan aplikasi Root Checker yang tersedia di Google Play Store.
Warta Menarik:   XXIII XXIV Lights Bokeh Bokeh Full JPG Apk VPN No Internet Positif

Kelebihan dan Kekurangan SuperSU

Manajemen root ini telah ada sejak Android diperkenalkan. SuperSU memiliki fungsi yang lebih sederhana dibandingkan dengan Magisk. Ini hanya memungkinkan atau menolak perintah atau aplikasi untuk mengakses root. Namun, tentu saja, ada kelebihan dan kelemahan masing-masing.

SuperSU mengandalkan prinsip modifikasi sistem boot untuk melakukan perubahan hingga ke tingkat sistem yang lebih dalam.

Kelebihan:

  • Sangat mudah digunakan karena tidak ada pengaturan yang rumit. Pada dasarnya, hanya mengelola izin untuk setiap aplikasi atau perintah yang ingin mengakses root Android.
  • Instalasi simpel.
  • Mendukung akses root pada versi Android yang lebih lama.

Kekurangan:

  • Tidak kompatibel dengan versi Android terbaru karena pengembangannya telah dihentikan.
  • Sulit untuk memulihkan jika terjadi kesalahan selama proses rooting, kecuali dengan flashing sistem.
  • Fungsionalitas terbatas.
  • Memerlukan aplikasi tambahan dan proses yang rumit untuk menyembunyikan root.

Penutup

Jika Anda berencana untuk menghapus rooting atau SuperSU dari perangkat Anda, Anda dapat mengikuti panduan yang telah saya jelaskan sebelumnya dalam postingan tentang Cara Menghapus SuperSU.

Saya berharap dengan menggunakan SuperSU, Anda akan lebih mudah dalam melakukan modifikasi pada sistem file atau menginstal berbagai aplikasi yang hanya kompatibel dengan perangkat Android yang telah di-root.

Untuk tetap mendapatkan pembaruan terbaru dari aplikasi ini, Anda dapat mem-bookmark situs ini agar tidak ketinggalan informasi mengenai pembaruan SuperSU di masa mendatang.

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK