Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Mengaktifkan Always on Display HP Samsung A30s / A30

Always on Display Samsung Galaxy A30s merupakan salah satu ponsel canggih dari Samsung yang memukau dengan layar Super AMOLED yang menampilkan warna-warna yang cerah dan tajam. Hal ini menciptakan pengalaman visual yang sangat mendalam bagi penggunanya.

Meskipun tidak dirancang khusus untuk keperluan gaming, Samsung Galaxy A30s menawarkan daya tahan baterai yang luar biasa dan kinerja yang sangat baik, baik dalam penggunaan sehari-hari maupun dalam situasi yang lebih menuntut.

Layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci pada Samsung Galaxy A30s menampilkan resolusi sebesar 1080 x 2340 piksel, dengan rasio layar-ke-tubuh mencapai 84,9%. Kehadiran teknologi layar Super AMOLED menjadikan ponsel ini unggul di antara pesaingnya.

Warna-warna yang ditampilkan di layar terlihat sangat menarik dan hidup, bahkan dapat dilihat dengan jelas di bawah sinar matahari langsung. Samsung juga memperkenalkan antarmuka One UI yang canggih pada ponsel ini, dengan opsi Always on Display yang memungkinkan layar tetap aktif dan menampilkan informasi penting meskipun perangkat terkunci atau dalam mode standby. Dengan begitu, pengguna dapat dengan mudah melihat pemberitahuan dan informasi lainnya tanpa harus membuka kunci ponsel.

Apa itu Always On Display dan Fungsinya?

Always On Display (AOD) adalah salah satu fitur yang umumnya ditemukan pada layar Super Amoled pada smartphone. Fitur ini memungkinkan layar tetap aktif dan menampilkan informasi penting seperti jam, tanggal, level baterai, dan pemberitahuan, bahkan saat dalam kondisi mode standby. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat dengan mudah memeriksa waktu atau notifikasi tanpa harus membuka kunci perangkat dan mengaktifkan layar.

Keberadaan Always On Display sangat mempermudah pengguna dalam mengakses informasi dasar tanpa harus mengganggu kenyamanan penggunaan smartphone. Misalnya, saat layar dalam keadaan mati, pengguna masih dapat melihat jam atau memeriksa pemberitahuan penting tanpa harus secara aktif menyalakan layar. Beberapa smartphone, seperti Galaxy A30 dan A30s dari Samsung, sudah dilengkapi dengan fitur Always On Display yang dapat diaktifkan melalui pengaturan.

Fitur ini tidak hanya memudahkan pengguna, tetapi juga memiliki manfaat dalam menghemat daya baterai karena pengguna tidak perlu secara terus-menerus menyalakan layar untuk melihat informasi dasar. Dengan demikian, Always On Display tidak hanya meningkatkan kenyamanan pengguna tetapi juga efisiensi penggunaan daya pada smartphone. Seiring dengan perkembangan teknologi layar, fitur ini terus mengalami peningkatan dan menjadi salah satu fitur yang sangat dihargai oleh pengguna smartphone.

Warta Menarik:   Cara Memperbaiki Sinyal HP yang Hilang

Cara Mengaktifkan Alywas On Display di Samsung A30s dan Galaxy A30

Fitur Always On Display (AOD) memudahkan pengguna untuk mengecek waktu, tanggal, dan pemberitahuan tanpa perlu membuka kunci perangkat atau mengaktifkan layar. Fitur ini juga menyediakan opsi kustomisasi yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan dengan gambar atau gaya jam sesuai preferensi mereka.

Bagi pengguna Samsung Galaxy A30 yang ingin menggunakan fitur Always On Display, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti.

Aktifkan Always On Display

Aktifkan Always On Display

Sebelum menggunakan fitur AOD, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, buka aplikasi Pengaturan pada Galaxy A30 Anda.
  2. Kemudian, gulir ke bawah dan ketuk opsi Layar Kunci.
  3. Selanjutnya, geser ke bawah lagi dan ketuk tombol toggle Always on Display untuk mengaktifkannya.

Kustomisasi Always On Display

Sekarang Anda dapat menyesuaikan tampilan pada Always on Display, di mana Anda dapat mengatur jam, tanggal, pemberitahuan, dan lainnya. Berikut adalah cara untuk mengatur AOD di Samsung A30 dan Galaxy A30s.

Silakan buka menu Pengaturan pada ponsel Samsung Anda, lalu navigasikan ke opsi Layar Kunci dan ketuk Always on Display.

Berikutnya, pilihlah opsi yang ingin Anda tampilkan saat Always on Display diaktifkan:

1. Tombol Home dan jam: Opsi ini akan menampilkan tombol Home dan jam.
2. Jam: Hanya akan menampilkan jam.
3. Tombol Beranda: Hanya akan menampilkan tombol Home.

Berikut adalah beberapa pengaturan yang tersedia:

1. Ketuk untuk Tampilkan: Pengaturan default ini memerlukan kamu untuk mengetuk layar agar Always on Display muncul selama 10 detik setiap kali diaktifkan.

2. Tampilkan Selalu: Dengan pengaturan ini, Always on Display akan selalu aktif setiap kali layar ponsel tidak digunakan. Pilih opsi ini jika tidak ingin melakukan tap untuk melihat AOD.

3. Tampilkan sesuai Jadwal: Opsi ini memungkinkan penjadwalan tampilan Always on Display. Aktifkan fitur ini untuk menampilkan AOD pada waktu-waktu tertentu sesuai kebutuhan.

Penutup

Samsung telah menerapkan fitur Always On Display pada beberapa model ponsel mereka, termasuk dalam seri Galaxy A, Galaxy S, dan Galaxy Note. Fitur ini memungkinkan ponsel menampilkan informasi penting seperti waktu, tanggal, dan status baterai langsung pada layar saat perangkat terkunci atau dalam mode siaga.

Tak hanya itu, pengguna juga diberikan opsi untuk menyesuaikan tampilan Always On Display sesuai preferensi mereka, termasuk menampilkan foto, jam dengan berbagai gaya, dan pemberitahuan. Pengaturan untuk fitur ini dapat diakses dan disesuaikan melalui menu pengaturan perangkat.

Warta Menarik:   Cara Memperbaiki Kamera HP yang Buram Dengan Mudah

Beberapa perangkat Samsung juga dilengkapi dengan fitur yang dikenal sebagai Face-up display yang menampilkan informasi serupa saat ponsel diletakkan menghadap ke atas di atas permukaan datar.

Itulah cara untuk mengaktifkan dan menggunakan AOD (Always on Display) pada Hp Samsung A30 dan A30s. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencobanya.

 

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK