Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Memasang Soket Input Mic dan Menghubungkannya ke Komputer dengan Mudah

Wartalova.com – Saat tidak bisa mengeluarkan suara, tentu akan sangat mengganggu, apalagi jika ada acara atau kegiatan tertentu yang membutuhkan alat tersebut. Untuk memastikannya, Anda harus melihat terlebih dahulu kabelnya, apakah putus atau tidak, jika sudah lihatlah cara memasang soket input mic tersebut.

Cara Memasang Soket Input Mic

Soket input mic merupakan komponen yang penting agar microphone dapat mengeluarkan suara dengan jernih dan lancar. Apalagi jika sedang berada di acara tertentu, tentu semua orang harus mendengarkan suara secara jelas agar acara berjalan lancar. Jika soket putus, berikut cara memasangnya!

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melepas bagian luar pada soket agar terpisah dengan bagian dalamnya. Untuk bisa memisahkannya, longgarkan satu baut menggunakan obeng plus. Jika sudah, tariklah body luar soket sampai terlepas dari bagian dalamnya.
  • Kemudian, lepaskan sisa kabel jika masih ada yang menempel pada titik-titik penyolderan menggunakan solder.
  • Langkah selanjutnya yakni mengupas kabel yang tadinya terhubung pada jack. Gunakanlah tang atau bisa juga gunting kecil untuk melakukan tahapan ini.
  • Kemudian, berikan timah menggunakan alat solder pada masing-masing ujung kabel. Lalu gabungkan kabel kedua ujung kabel dengan cara membungkusnya lalu solder agar lebih erat.
  • Berikutnya yakni memastikan kabel masuk ke bagian soket yang tadinya Anda lepas. Pastikan semua kabel sudah terpasang dengan baik dan sesuai ketentuan.

Dalam melakukan tahapan ini, Anda memerlukan ketelitian yang tinggi agar tidak ada kesalahan dalam proses pemasangan. Perhatikan juga penyambungan kabel agar sesuai dengan ketentuan yang ada. Untuk melihatnya lebih detail, bisa melihat video tutorialnya.

Cara Menghubungkan Mikrofon ke Komputer

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghubungkan mikrofon ke komputer dengan mudah dan tidak membutuhkan jasa service tertentu. Namun, pastikan urutannya sesuai serta runtut agar tidak ada kesalahan lain timbul. Berikut macam-macam caranya!

Warta Menarik:   Bank bjb Terdekat: Pilihan Terbaik untuk Urusan Keuangan Anda

Menghubungkan Mikrofon Komputer Dasar

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memasang soket input adalah dengan menghubungkan mikrofon ke komputer dasar. Cara-caranya juga sangat sederhana dan pastinya mudah bagi para pengguna mengikutinya. Berikut tahap-tahapnya!

Periksa Jack Microphone

Periksa Jack Microphone

Sebagian besar mikrofon komputer dasar akan memiliki salah satu dari dua jenis colokan: colokan TRS 1/8″, yang serupa dengan colokan yang terdapat pada sepasang headphone, atau colokan USB, yang datar.

Sebagian besar komputer memiliki port yang sesuai untuk keduanya dari jack ini. Jika Anda menggunakan mikrofon XLR, jack berukuran seperempat inci, atau jenis mikrofon lainnya, lanjutkan ke bagian berikutnya.

Temukan Port yang Sesuai di Komputer Anda

Temukan Port yang Sesuai di Komputer Anda

Jika mikrofon Anda memiliki colokan USB, sebagian besar PC memiliki dua atau lebih port USB di bagian samping atau belakang komputer. Jika Anda memiliki jack berukuran delapan inci, cukup sambungkan ke port ini dan mulailah menguji suara.

Sebagian besar laptop tidak memiliki port mikrofon karena dilengkapi dengan mikrofon internal. Namun, sebagian besar laptop memungkinkan Anda menyambungkan headphone dan mengubah pengaturan suara nanti.

Uji Mikrofon Baru dengan Program Rekaman Pilihan

 

Pendekatan paling sederhana dan tercepat untuk menguji level dan pengaturan Anda adalah pergi ke pilihan suara input Anda dan memastikan bahwa perangkat yang baru saja Anda sambungkan terlihat dan dipilih untuk digunakan.

Buka program perekaman dan coba gunakan mikrofon dan sesuaikan levelnya. Di Windows, gunakan Perekam Suara, sedangkan di Mac, Quicktime atau GarageBand sudah cukup. Jika Anda tidak memiliki sinyal, lanjutkan ke bagian terakhir untuk saran pemecahan masalah.

Memecahkan Masalah Umum

Cara paling banyak orang lakukan adalah dengan memecahkan masalah umum yang terjadi pada microphone apabila tidak tersambung ke komputer. Simaklah ulasan langkah-langkah lengkapnya di bawah ini!

Periksa Pengaturan Input Suara Anda

 

Jika tidak mendapatkan sinyal, buka pengaturan suara komputer. Tidak ada driver di Mac, jadi satu-satunya hal lain yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke Pengaturan Sistem. Lalu, lakukan pemeriksaan dengan mengklik “Suara”, pilih “Input”, dan pastikan mikrofon, bukan mikrofon bawaan.

Di PC, buka Control Panel dan navigasikan ke “Hardware and Sound”, lalu “Sound”, yang akan membuka jendela baru. Klik rekaman di bagian atas. Pilih hingga centang biru tampak. Kemudian klik Properties. Lalu, di bagian bawah, ubah pengaturan menjadi “Utilize this Device”.

Warta Menarik:   Toko Ikan Hias Terdekat: Menemukan Hobi Baru dengan Mudah

Atur Tingkat Input

Pada sebagian besar komputer, Anda dapat menyesuaikan level volume input. Dengan mikrofon berkualitas rendah, biasanya perlu disesuaikan sedikit tinggi untuk mendapatkan sinyal setengah jalan yang layak, tetapi Anda tidak ingin meledakkan levelnya.

Biasanya lebih baik membiarkannya dalam pengaturan default, sekitar 50%. Di Mac, buka System Preferences dan pilih “Sound.” Sedangkan di PC bertipe lain, Anda dapat melakukannya di bagian “Suara” di “Perangkat Keras dan Suara”.

Periksa Volume Speaker dan Komputer Anda

Periksa Volume Speaker dan Komputer Anda

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa volume speaker dan komputer apakah sudah bisa terdengar atau tidak. Ini berguna apabila memiliki speaker eksternal atau headphone yang tersambung.

Caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan kembali apakah level volume, serta pengaturan di desktop Anda sudah sesuai dengan benar, atau bahkan tidak mampu mendengarkan audio apa pun dari komputer tersebut.

Mengecek Pengaturan pada Microphone

Saat menghidupkan microphone, Anda harus melakukan pengecekan apakah sudah terhubung dengan benar atau tidak. Perlu memperhatikan pemasangan kabel agar rata, dan pengaturan lainnya, tergantung pada mikrofon haruslah sesuai.

Beberapa mikrofon kondensor dan mikrofon berbicara akan memiliki berbagai pengaturan saklar, di antaranya akan lebih keras atau memiliki jangkauan suara lebih luas daripada lainnya. Ubah di bagian tertentu untuk mendapatkan gambaran tentang kebutuhan Anda.

Periksa Pengaturan dalam Program yang Anda Gunakan

Aplikasi pemrosesan audio yang berbeda akan memiliki opsi input berbeda yang harus Anda perhatikan. Bahkan jika menyesuaikannya di pengaturan sistem, beberapa perangkat lunak perekaman mungkin masih tersetel untuk mengambil mikrofon internal atau suara dari sumber lain.

Jika menggunakan Skype, lakukan cara ini, yakni denganmembuka bagian Alat>Opsi>Pengaturan audio dan pilih mikrofon. Kalau mikrofon Anda tidak terdaftar atau masih tidak berfungsi, lihat apakah mikrofon memerlukan perangkat lunak atau driver agar berfungsi.

Merestart Komputer Anda

Merestart Komputer Anda

Restart komputer jika perlu. Agar beberapa komputer mendeteksi perangkat keras baru yang Anda pasang, Pengguna mungkin perlu keluar dari perangkat lunak yang mereka coba gunakan, atau bahkan memulai ulang.

Jika mikrofon masih tidak berfungsi, coba mikrofon lain atau gunakan mikrofon di komputer lain. Cara ini  berguna dalam membantu Anda menentukan apakah masalahnya ada pada komputer atau mikrofon.

Warta Menarik:   Stasiun Kereta Terdekat: Cara Mudah Mencari Stasiun Kereta Api di Sekitar Anda

Itu tadi ulasan lengkap mengenai cara memasang soket input mic ke komputer secara mudah. Sekarang, Anda tidak perlu khawatir dan panik lagi apabila masalah demikian terjadi saat berada dalam keadaan darurat. Ikuti setiap tahap di atas dengan runtut agar lebih mudah mengatasinya.

 

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK