Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Cepat Mengetik 10 Jari Untuk Pemula, Lengkap Anti Typo!

Wartalova.com – Masih belum bisa mengetik cepat? Biar lebih efisien dalam bekerja maka Anda harus menyimak dengan seksama panduan cara cepat mengetik 10 jari untuk pemula yang bakal meningkatkan kecepatan dan membuat kerja lebih efisien.

Bekerja saat ini dintuntuk untuk bisa melakukan ketik 10 jari di Laptop atau komputer, hal ini dilakukan agar pekerja lebih efisien dalam menggunakan waktu kerja. Banyak tips mengetik 10 jari untuk pemula, bahkan ada web belajar mengetik 10 jari untuk pemula yang bisa diakses secara gratis.

Jadi untuk belajar mengetik cepat tidak harus pergi ke tempat pelatihan khusus seperti 10 finger typing, karena dari rumah juga bisa melakuan latihan mengetik cepat 10 jari secara autotidak. Jadi, lebih murah bahkan tidak perlu keluar biaya.

Selain sebagai penunjang pekerjaan, memiliki kemampuan mengetik cepat 10 jari akan memberikan nilai lebih pada diri sendiri dan tentu bisa digunakan untuk mencari uang diluar pekerjaan utama. Seperti menjadi Freelancer ataupun jasa penulis content.

Nah, Bagimana cara cepat mengetik 10 jari untuk pemula? Berikut ini panduan lengkap mengetik cepat yang sudah penulis wartalova praktekkan sehari-hari:

Cara Cepat Mengetik 10 Jari Cocok Untuk Pemula

1. Atur Posisi Tangan dan Fungsi Jari Pada Keyboard

Agar bisa menerapkan tips mengetik cepat 10 jari, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah mengatur posisi tangan dan mengetahui fungsi jari pada keyboard. Karena dalam semua jari akan bekerja sama secara aktif, sehingga 10 jari memberikan kontribusi sehingga benar-benar mampu mengetik dengan cepat.

Posisi jari yang tepat seperti apa agar memberikan kecepatan dalam mengetik di laptop, tanpa adanya typo?

10 jari akan memiliki fungsi masing-masing pada keyboard, yang terbagi dalam dua group yaitu 5 jari kanan dan 5 jari kini. Adapun rincian posisi jari tangan pada keyboard adalah sebagai berikut:

Posisi jari pada keyboard

Posisi Jari Tangan Kiri:

  • Jari Telunjuk Kiri : Mengetik huruf 4, 5, R, T, F, G, V Dan B.
  • Jari Tengah Kiri : Mengetik huruf 3, E, D dan C.
  • Jari Manis Kiri : Mengetik huruf 2, W, S, dan X.
  • Jari Kelingking Kiri : Mengetik tombol bagian kiri seperti 1, A, Q, Z, Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, Alt.
  • Jempol Kiri : Mengetik tombol spasi. Gunakan bergantia dengan jempol kanan.
Warta Menarik:   Ps Terdekat: Solusi Mudah dan Cepat untuk Kebutuhan Anda

Posisi Jari Tangan Kanan:

  • Jari Telunjuk Kanan : Mengetik huruf 6, 7, Y, U, H, J, N, dan M.
  • Jari Tengah Kanan : Mengetik huruf 8, I, K, dan Koma (,) atau tanda lebih kecil (<).
  • Jari Manis Kanan : Mengetik huruf 9, L, O, dan titik (.) Atau tanda lebih besar (>).
  • Jari Kelingking Kanan : Mengetik tombol pada bagian kanan seperti P, titik koma (;), petik (“), Enter, dan tombol selain (Lebih detail lihat gambar diatas).
  • Jempol Kanan : Mengetik tombol spasi. Gunakan bergantin dengan jempol kiri.

2. Kuasai Shortcut (Pintasan)

Kuasai Shortcut (Pintasan)

Untuk membantu meningkatkan kecepatan dalam mengetik, penguasan shortcut sangat penting. Keyboard yang berfungsi untuk mengetik memiliki banyak shortcut yang bisa digunakan. Seperti shortcut untuk membuat huruf tebal (Bold), Huruf Miring (Italic), huruf bergaris bawah (Underline) dan lain sebagainya.

Untuk pengolahan kata seperti mengetik di Microsoft Word, ada beberapa shortcut dasar yang wajib diketahui, sehingga waktu bekerja untuk mengetik akan lebih cepat dan efisien.

Beberapa shortcut dasar antara lain:

  • Tombol Ctrl + C = Untuk menyalin text atau Object.
  • Tombol Ctrl + V = Untuk Menempel (Paste) Text atau Object.
  • Tombol Ctrl + A = Untuk Menyeleksi Semua Text atau Object.
  • Tombol Ctrl + B = Untuk Membuat format Text tebal (Bold).
  • Tombol Ctrl + I = Untuk membuat format text miring (Italic).
  • Tombol Ctrl + U = untuk membuat format text bergaris bawah (Underline).
  • Dan Selengkapnya buka Daftar Shortcut di Microsoft Word.

3. Perhatikan Posisi Duduk

Perhatikan Posisi Duduk Yang Baik

Dalam bekerja dengan laptop atau computer, posisi duduk harus diperhatikan. Bukan hanya mempengaruhi kecepatan mengetik, namun posisi duduk berpengaruh pada kesehatan.

Posisi duduk berperan penting dalam menerapkan teknik mengetik cepat. Posisi duduk yang baik dalam menerapkan cara cepat mengetik 10 jari adalah posisi punggung tetap santai namun tidak membungkuk, dengan posisi kepala sedikit condong kedepan.

Sedangkan untuk posisi kaki, paha sejajar dengan laintai dan telapak kaki menapak kelantai dengan santai. Dengan posisi duduk yang tepat, akan lebih mudah dalam mempraktekkan teknik mengetik 10 jari.

Agar lebih nyaman, gunakan kursi yang bisa diatur tinggi rendahnya untuk menyesuaikan dengan meja Anda bekerja.

4. Teruslah berlatih

Teruslah berlatih Cara cepat mengetik 10 Jari

 

Cara mengetik cepat 10 jari tidak akan efektif tanpa latihan yang maksimal dan terus menerus. Apalagi hanya praktek satu dua kali, maka tidak akan berpengaruh. Praktekan dengan konsisten, jadikan mengetik cepat 10 jari sebagai kebiasaan dalam bekerja sampai benar-benar menguasai teknik 10 jari ini.

Warta Menarik:   Eiger Terdekat: Menemukan Toko Eiger Terdekat di Kota Anda

Untuk menunjang praktek mengetik cepat, ada banyak media yang bisa digunakan. Mulai langsung dengan mengetik di Microsoft Word, menggunakan media belajar mengetik cepat bahkan ada game belajar mengetik cepat.

Namun, yang lebih efisien pastinya sambil bekerja sambil mempraktekkan tips mengetik 10 jari ini, sampai benar-benar menguasai dan mengetik cepat sudah menjadi kebiasaan.

Penutup

Bagaimana? Sudah tahukan cara cepat mengetik 10 jari untuk pemula? Teknik ini bisa dengan mudah diaplikasikan, karena intinya pada cara memposisikan jari pada keyboard. Jika jari keyboard sudah otomatis menempati pada posisinya masing-masing, maka sudah pasti dengan mudah bakal menguasai cara mengetik 10 jari.

Kunci kedua adalah latihan mengetik cepat 10 jari dengan konsisten, semakin sering berlatih makin cepat Anda mengusai metode mengetik 10 jari.

Media belajar yang cepat bisa langsung praktek dengan pekerjaan sehari-hari, menggunakan media game belajar mengetik ataupun mengunjungi website belajar mengetik cepat.

Oke, sekiranya sudah cukup tips dan cara cepat mengetik 10 jari yang wartalova beberkan dengan gambling ini. Semoga bisa memberikan wawasan dan menjadi tutorial yang bermanfaat untuk Anda semua.

Ikuti terus update dari wartalova.com untuk mendapatkan info dan tips menarik lainnya.

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK