Build Chou Tersakit dan Terkuat di Mobile Legends 2022

Chou merupakan salah hero fighter Mobile Legends yang cukup kuat dan banyak diminati untuk digunakan bermain mode Classic atau Ranked. Chou biasanya dimainkan sebagai fighter offlaner dengan damage yang tinggi, dan juga biasa berperan sebagai tank jika ia menggunakan build item defense.

Chou memiliki skill serangan dengan efek crowd control yang baik, sehingga tidak heran jika banyak yang menggunakannya. Skill Jeet Kune Do (skill 1) memiliki tipe physical skill dan blink dimana skill ini mengeluarkan pukulan ke depan pada tiap penggunaan skill dan memberikan 180-250 physical damage. Skill ini memiliki tiga kali serangan, dan serangan ketiganya menyebabkan efek Airborne kepada lawan disekitar.

Kemudian untuk skill Shunpo (skill 2) memiliki tipe blink, yang bisa digunakan Chou untuk melakukan Dash ke depan. Skill ini juga memberikan efek Immune terhadap crowd control, dan setelah Chou melakukan Dash, physical penetration Chou akan meningkat sebesar 15 serta Chou akan mendapatkan sheild yang dapat menyerap 200-400 damage selama 2 detik.

Selanjutnya untuk skill ultimate The Way of Dragon memiliki tipe serangan physical skill. Skill ini memiliki dua kali penggunaan, dimana penggunaan pertama Chou akan melakukan tendangan untuk menyebabkan efek knockback kepada lawan dan memberikan 400-600 physical damage, lalu untuk penggunaan kedua, Chou akan melemparkan lawan di udara dan memberikan physical damage minimal sebesar 400 (+200% physical ATK tambahan).

Dengan melihat skill yang dimiliki Chou, kita bisa menyimpulkan kalau memang pada dasarnya Chou sudah memiliki damage yang cukup tinggi, terutama pada ultimate-nya. Sehingga jika ditambahkan dengan build yang pas, maka Chou bisa menjadi hero yang kuat dan juga sakit di Land of Dawn.

Kisah Tentang Hero Chou Mobile Legends

Hero Chou Mobile Legends

Sebelum menuju pembahasan utama tentang rekomendasi build Chou tersakit dan terkuat di Mobile Legends, kita bisa menilik kisah hero Chou terlebih dahulu. Karena kisah dibalik adanya hero Chou ini mungkin tidak banyak diketahui, padahal kisahnya cukup bagus, loh.

Chou dikisahkan sebagai seorang yang lahir di daerah kumuh terpencil penuh kemiskinan yang jauh dari pusat kota. Karena hidup dipinggiran kota, ia menjalani hari-harinya dengan kualitas hidup yang rendah dan banyak mengalami kesusahan.

Meskipun Chou hidup dalam kondisi yang mengerikan, tetapi ia masih menjaga kebaikan hatinya dengan hari demi hari yang ia habiskan untuk menjaga orang tua dan anak-anak dengan penuh semangat. Waktu itu, terdapat kekacauan dan kerusuhan besar di Land of Dawn yang menyebar ke seluruh negeri hingga akhirnya mulai mempengaruhi daerah terpencil tempat tinggal Chou.

Hingga pada suatu hari, Chou berhasil menyelamatkan seorang Biksu Mystic yang sedang berada di bawah pengejaran oleh para pembuat kekacauan di daerah terpencil ini, dan setelah itu Chou membawa biksu tersebut ke permukimannya untuk merawatnya dan mengobati luka-luka Biksu.

Sebagai balas budi dari sang Biksu, Chou akhirnya diajari banyak ilmu bela diri Kung Fu dan Biksu itu juga memberikan Chou kemampuan Asian Kung Fu kuno yang sangat hebat. Sang Biksu juga mengatakan kepada Chou, bahwa dunia membutuhkan seorang pahlawan nyata yang siap berjuang dan mengakhiri kekacauan di Land of Dawn.

Dengan ilmu yang dipelajarinya dan kemampuan Kung Fu kuno yang diberikan Biksu, Chou bersumpah untuk saat ini dan seterusnya bahwa ia akan menjadi seorang pahlawan sejati dengan menggunakan ilmu bela diri Kung Fu nya untuk menegakan keadilan dan menolong banyak orang yang membutuhkan dengan rasa ikhlas serta tanpa pandang bulu.

Ketika Chou ingin memulai perjalanan menjadi pahlawan sejati, ia berpamitan dengan Biksu dan setelahnya Biksu yang ada di hadapan Chou tiba-tiba menghilang ke dalam bayangan ~ Tamat.

Build Chou Mobile Legends Tersakit dan Terkuat

Skin Hero Chou Dragon Boy

Nah, selanjutnya jika kamu ingin menggunakan atau bermain hero Chou di Rank atau Classic, maka silakan kamu perhatikan penggunaan build yang kamu gunakan. Karena untuk bisa memaksimalkan skill dan damage yang dimiliki Chou, kamu menggunakan equipment build yang tepat.

Nah, untuk rekomendasi equipment-equipment tersebut agar menjadi build Chou tersakit dan terkuat di Land of Dawn akan kami tuliskan di bawah ini.

Tough Boots

Pertama, kamu harus membeli equipment movement atau sepatu terlebih dahulu. Nah, rekomendasi sepatu terbaik untuk susunan build Chou kali ini adalah Tough Boots. Tough Boots ini memiliki pasif mengurangi durasi efek crowd control yang diberikan oleh hero lawan dan memberikan tambahan magical defense.

Atribut Tough Boots:

  • + 40 Movement Speed
  • + 22 Magical Defense

Pasif Unik – Fortitude: Durasi efek crowd control yang diterima berkurang sebesar 30%

Blade of Heptaseas

Equipment kedua yang harus kamu beli tentunya adalah item attack, agar di awal Chou memiliki damage yang sakit agar bisa mengeliminasi musuh dengan mudah. Nah, equipment attack yang pas untuk Chou adalah Blade of the Heptaseas, yang memberikan pasif utama sebagai pembunuh DPS.

Atribut Blade of Heptaseas:

  • + 70 Physical Attack
  • + 250 HP
  • + 15 Physical PEN

Pasif Unik – Ambush: Jika tidak ada damage yang diterima dan diberikan selama 5 detik, maka basic attack berikutnya akan memberikan tambahan physical damage yang setara dengan 160 ditambah 40% physical attack dan menyebabkan efek slow sebesar 40% pada target/lawan selama 1.5 detik.

Jadi, ini sangat cocok untuk memperkuat dan menambahkan damage yang besar pada basic attack atau pukulan Chou.

Blade of Despair

Setelah game berjalan dari early menuju ke pertengahan atau mid game pastinya Chou sudah semakin sering melakukan war. Sehingga ia sangat membutuhkan damage yang tinggi agar bisa membunuh hero musuh dengan mudah dengan beberapa combo saja. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, silakan kamu beli equipment Blade of Despair (item physical attack paling tinggi).

Atribut Blade Of Despair:

  • + 160 Physical Attack
  • + 5% Movement Speed

Pasif Unik – Despair: Ketika Chou menyerang unit lawan atau hero musuh yang memiliki HP di bawah 50% maka akan meningkatkan physical attack Chou sebesar 25%. Efek ini akan aktif sebelum damage diberikan ke hero atau unit lawan dan efek ini berlangsung selama 2 detik.

Endless Battle

Agar damage Chou semakin sakit lagi, terutama pada basic attack-nya, maka kamu harus membeli equipment attack Endless Battle. Nah, item ini selain memperkuat basic attack, juga memberikan tambahan physical attack, cooldown reduction, movement dan lifeteal.

Atribut Endless Battle:

  • + 65 Physical Attack
  • + 5 Mana Regen
  • + 250 HP
  • + 10% Cooldown Reduction
  • + 5% Movement Speed
  • + 10% Physical Lifesteal

Pasif Unik – Divine Justice: Dalam waktu 3 detik setelah menggunakan skill, maka basic attack Chou yang berikutnya akan memberikan true damage tambahan sebesar 60% dari physical attack dengan cooldown selama 1.5 detik.

Pasif Unik – Chase Fate: Saat pasif divine justice sedang aktif, maka movement speed hero Chou akan bertambah sebesar 10%.

Windtalker

Setelah gameplay memasuki fase late game, maka kamu bisa menambahkan item Windtalker yang bisa menambahkan attack speed dan juga critical chance dari Chou agar Chou bisa menjadi fighter tersakit di Land of Dawn. Selain itu, Wintalker ini akan membuat basic attack dari Chou menimbulkan splash atau percikan ke lawan di sekitar target utama.

Atribut Windtalker:

  • + 40% Attack Speed
  • + 20 Movement Speed
  • + 10% Critical Chance

Pasif Unik – Typhoon: Setiap 5-3 detik bassic attack dari Chou akan menimbulkan efek splash yang memberikan 150-362 magic damage kepada 3 lawan disekitar. Dan juga dapat memberikan critical kepada unit yang diserang, dan damage sebesar 200% kepada Minion.

Pasif Unik – Activate: Setiap kali pasif unik Typhoon dikeluarkan, movement speed akan meningkat sebesar 5% dalam waktu yang singkat.

Malefic Roar

Agar build Chou ini menjadi yang paling sakit, maka di akhir silakan kamu beli equipment Malefic Roar. Damage tambahan physical penetration dari Malefic Roar sangat dibutuhkan Chou untuk bisa mengeliminasi lawan dengan sekali combo.

Atribut Malefic Roar:

  • + 60 Physical Attack
  • + 35% Physical PEN

Pasif Unik – Armor Buster: Setiap physical defense yang dimiliki oleh hero musuh akan meningkatkan physical penetration hero Chou sebesar 0.05% (maksimal hingga 20%) saat memberikan damage pada lawan.

Spare Equipment

Slot spare equipment juga harus kamu isi, karena di dalam gameplay mungkin saja kamu perlu menyesuaikan build dengan lawan. Atau mungkin saja jika di dalam permainan, Chou membutuhkan item defense sebagai pengganti dari item di atas.

Untuk itu, di bawah ini saya merekomendasikan dua item untuk mengisi slot spare equipment.

Brute Force Breastplace

Spare equipment yang yang saya rekomendasikan untuk mengisi slot pertama adalah equipment defense Brute Force Breastplate, yang mana ini untuk menunjang kebutuhan pertahan Chou karena item tersebut memberikan stack defense untuk Chou. Ya, secara Chou kan cara bertarungnya jarak dekat dengan baku hantam gitu, jadi mungkin saja di kondisi tertentu lebih membutuhkan item defense tambahan, daripada item full damage seperti di atas.

Atribut Brute Force Breastplate:

  • + 770 HP
  • + 45 Physical Defense

Pasif Unik – Brute Force: Ketika menggunakan skill atau basic attack akan menambahkan movement speed Chou sebesar 2%, physical & magic defense sebesar 4. Pasif ini akan berlangsung selama 4 detik dan bisa di stack hingga 5 kali.

Athena’s Shield

Untuk slot spare equipment yang kedua bisa kamu isi dengan item defense Athena’s Sheild. Item ini cocok digunakan Chou ketika menghadapi Mage dengan burst magic damage yang tinggi. Athena’s Sheild sendiri akan memberikan Chou tambahan sheild yang bisa menahan burst magic damage dari hero lawan.

Atribut Athena’s Sheild:

  • + 900 HP
  • + 62 Magical Defense
  • + 2 HP Regen

Pasif Unik – Sheild: Sheild dari item ini akan aktif ketika hero pengguna (Chou) menerima magic damage. Ketika sheild tersebut aktif, maka dapat mengurangi magic damage yang diterima Chou sebesar 25% selama 5 detik (termasuk magic damage/burst magic damage). Dan sheild akan dapat aktif kembali setelah Chou meninggalkan pertarungan selama 10 detik.

Susunan Emblem Untuk Hero Chou

Ketika bermain hero Chou maka kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan Emblem Assassin daripada Emblem Fighter. Untuk susunan atau custom Emblem Assassin yang cocok dengan Chou adalah seperti gambar di atas.

Untuk detailnya adalah talent pertama diisi dengan 3/3 Agility untuk mendapatkan movement speed tambahan. Pada talent kedua diisi dengan 3/3 Invasion untuk mendapatkan physical PEN yang lebih besar. Lalu untuk talent ketiganya adalah Killing Spree.

Dengan menggunakan susunan emblem ini, Chou akan mendapatkan movement speed tambahan, physical PEN, dan juga akan mendapatkan HP tambahan ketika berhasil mengeliminasi musuh (efek dari talent Killing Spree).

Battle Spell Chou

Flicker menjadi battle spell terbaik untuk hero Chou jika bermain sebagai offlaner. Flicker membantu Chou berpindah tempat dalam sekejap untuk menggiring atau menendang musuh ke temanmu yang bisa menghabisinya. Chou juga bisa menggunakan Flicker untuk mendorong lawan ke turret atau kabur ketika dikeroyok.

Namun, tidak harus Flicker yang digunakan Chou, karena itu juga tergantung cara bermain kamu, karena bisa juga Chou menggunakan battle speel Aegis jika Chou berperan sebagai Tank. Chou akan mendapat tambahan shield selama tiga detik dari Aegis yang dapat menyerap damage. Jika Chou berada di dekat rekan satu tim, hero teman yang HP-nya paling sedikit akan mendapatkan 70 persen efek shield tersebut.

Oh iya, jika kamu ingin bermain Chou sebagai Tank, maka sebaiknya gunakan build yang digunakan oleh Top Global seperti yang saya tuliskan di bawah. Karena build utama tadi lebih ke Chou yang berperan sebagai offlaner dengan damage yang tinggi.

Alternatif Build Chou by Top Global & Pro Player

Seperti biasa, selain merekomendasikan build Chou tersakit dan terkuat di atas, disini saya juga telah menyiapkan alternatif build Chou yang bisa kamu coba gunakan. Alternatif Build ini datang dari Top Global Chou dan dari pro player Chou.

Build by Top Global Chou

Untuk alternatif build yang pertama dari Top Global Chou ini lebih ke defense, karena Chou Top Global ini sering dimainkan sebagai Tank. Pada gambar di atas, bisa kamu lihat juga custom Emblem dan battle speel yang digunakannya.

Nah, untuk susunan equipment build-nya secara detail adalah sebagai berikut:

  • Tough Boots: + 40 Movement Speed, + 22 Magical Defense (Mengurangi Durasi Efek Crowd Control)
  • Cursed Helmet: + 1200 HP, + 25 Magical Defense (Untuk Tank Ketika Membersihkan Lane)
  • Dominance Ice: + 500 Mana, + 70 Physical Defense, + 5% Movement Speed, + 10% Cooldown Reduction (Mengurangi Efek Heal dan Attack Speed Lawan)
  • Athena’s Shield: + 900 HP, + 62 Magical Defense, + 2 HP Regen (Menahan Burst Magic Damage)
  • Immortality: + 800 HP, + 40 Physical Defense (Ressurrect)
  • Guardian Helmet: + 1550 HP, + 20 HP Regen (Memulihkan HP Saat Meninggalkan Pertarungan)
  • Radiant Armor (Cadangan): + 950 HP, + 52 Magical Defense, + 12 HP Regen (Menahan Continuous Magic Damage)
  • Brute Force Breastplate (Cadangan): + 770 HP, + 45 Physical Defense (Stack Defense)

Build by Pro Player Chou

Lanjut untuk alternatif build yang kedua ini datang dari salah satu pro player Chou, yang mana dia menggunakan Chou sebagai offlaner dengan build damage diselingi sedikit defense. Untuk battle speel dan custom Emblem-nya bisa kamu coba dengan meniru susunannya pada gambar di atas.

Lalu untuk detail equipment build-nya adalah seperti di bawah ini:

  • Warrior Boots: + 40 Movement Speed, + 22 Physical Defense (Stack Physical Defense)
  • Blade of Despair: + 160 Physical Attack, + 5% Movement SPD (Physical Attack Tertinggi)
  • Endless Battle: + 65 Physical Attack, + 5 Mana Regen, + 250 HP, + 10% Cooldown Reduction, + 5% Movement Speed, + 10% Physical Lifesteal (Memperkuat Basic Attack)
  • Windtalker: + 40% Attack Speed, + 20 Movement Speed, + 10% Critical Chance (Basic Attack Menimbulkan Splash)
  • Blade of the Heptaseas: + 70 Physical Attack, + 250 HP (Pembunuh DPS)
  • Brute Force Breastplate: + 770 HP, + 45 Physical Defense (Stack Defense)
  • Queen’s Wings (Cadangan): + 25 Physical Attack, + 900 HP, + 10% Cooldown Reduction (Damage Reduction)
  • Immortality (Cadangan): + 800 HP, + 40 Physical Defense (Ressurrect)

Akhir Kata

Apabila kamu menggunakan Chou sebagai offlaner maka sebaiknya gunakan susunan build yang utama atau menggunakan susunan build dari pro player Chou. Dan jika kamu menggunakan Chou sebagai Tank, maka silakan gunakan build dari Top Global Chou seperti di atas.

Untuk pembahasan mengenai build Chou tersakit dan terkuat lengkap dengan battle spell, custom Emblem, dan alternatif build dari Top Global & pro player Chou mungkin sampai sini dulu. Oh iya, perlu kamu ingat juga kalau di dalam gameplay kamu harus menyesuaikan dengan pertempuran di Land of Dawn yang kamu hadapi dalam memilih equipment dalam pertandingan.

Cukup sekian artikel pada kesempatan ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita seputar Mobile Legends Bang Bang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *