Web Analytics Made Easy - Statcounter

Doa Pembuka Majlis dan Doa Penutup Lengkap Dengan Arab sert Latinnya

Pemuka doa biasanya membacakan pengantar dan penutup dalam pertemuan. Pada suatu acara, sebaiknya dimulai dengan membacakan doa sebagai pengantar dan penutup majelis.

Majelis merupakan tempat untuk memperoleh pengetahuan, menyelenggarakan berbagai kegiatan, termasuk acara keagamaan serta acara formal dan informal.

Tata Cara Membaca Doa Pembuka dan Penutup Majelis Menurut Ajaran Nabi Muhammad Saw.

Menurut petunjuk Nabi Muhammad saw., disarankan untuk mengucapkan doa pembuka dan penutup majelis saat menghadiri acara di majelis.

Dengan meresit doa pembuka dan penutup majelis, diharapkan bahwa acara tersebut akan mendapatkan kelancaran dan keberkahan dari Allah Swt.

Karena itu, membiasakan diri untuk membaca doa pembuka dan penutup majelis seharusnya menjadi kebiasaan setiap kali mengikuti suatu acara.

Dibawah ini terdapat bacaan lengkap doa pembuka dan penutup majelis beserta maknanya:

Doa Pembuka Majelis

1. Doa Pembuka di Acara Majelis Ilmu #1

Doa Pembuka Majlis

Doa Pembuka Majelis Bahasa Arab:

الْحِمْدُلِلَّهِ الأَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ الإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ . وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Bacaan Doa Pembuka Majelis Latin:

Alhamdulillahilladzi an’amanaa bini’matil iimaan walislaam. Wanusholii wanusalimu ‘alaa khoril anam sayyidinaa muhammadin wa’alaa alihi wasohbihi ajma’iina imaa.

Arti Bacaan Doa Pembuka Majelis:

“Segala puji bagi Yang Maha Kuasa yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa itikad dan islam. Selawat dan doa keselamatanku terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad saw. berserta keluarga dan para sahabat-sahabat nabi semuanya.”

2. Doa Pembuka Majelis Ilmu #2

Doa Pembuka Majelis Bahasa Arab:

ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪَ ﻟِﻠﻪِ ﻧَﺤْﻤَﺪُﻩُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻌِﻴْﻨُﻪُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻩْ ﻭَﻧَﻌُﻮﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦْ ﺷُﺮُﻭْﺭِ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻨَﺎ ﻭَﻣِﻦْ ﺳَﻴِّﺌَﺎﺕِ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟِﻨَﺎ، ﻣَﻦْ ﻳَﻬْﺪِﻩِ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓَﻼَ ﻣُﻀِﻞَّ ﻟَﻪُ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻀْﻠِﻞْ ﻓَﻼَ ﻫَﺎﺩِﻱَ ﻟَﻪُ. ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪ ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ

Doa Pembuka Majelis Latin:

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’inuwanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina. Man yahdillah falaa mudhillalahu wamin yudhillhu falaa haadiyalahu. Asyhadu anna muhammdan abduhuu warosuluh.

Arti Bacaan Doa Pembuka Majelis:

Warta Menarik:   Baju Hitam Tudung Warna Apa Yang Tepat?

“Kami panjatkan segala puji kepada-Nya dan kami mohon pertolongan-Nya. Seraya memohon ampun dan perlindungan-Nya dari segala keburukan jiwaku dan kejelekan amaliahku. Barang siapa telah Allah berikan petunjuk jalan baginya, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya. Dan barang siapa yang telah Allah sesatkan jalannya, maka tiada yang bisa memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad hamba Allah dan utusan Allah.”

3. Doa Pembuka Majelis

Doa Pembuka Majelis Bahasa Arab:

الْحَمْدُلِلَّهرَبِّالْعَالَمِيْنَوَالصَّلاَةُوَالسَّلاَمُعَلَىأَشْرَفِاْلأَنْبِيَاءِوَالْمُرْسَلِيْنَوَعَلَىاَلِهِوَصَحْبِهِأَجْمَعِيْنَأَمَّابَعْدُ

Doa Pembuka Majelis Latin:

Alhamdulillahi rabbil’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala isyrofil anbiyaa i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Arti Doa Pembuka Majelis:

“Segala puji bagi Yang Maha Kuasa Tuhan Seluruh Alam. Semoga selawat dan keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia, keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

3. Doa Pembuka Majelis di Acara Diskusi

Doa Pembuka Majelis Bahasa Arab:

الْحَمْدُلِلَّهِوَالسَّلاَمُعَلَىرَسُوْلِاللذَهشسَيِّدِنَاوَمَوْلاَنَامُحَمَّدِبْنِعَبْدِاللَّهِأَمَّابَعْدَهُ

Doa Pembuka Majelis Latin:

Alhamdulillahi wash-sholatu wassalaamu ‘alaa rosuulillahi sayyidinaa wamaulaanaa muhammadibni abdillahi amma ba’duhu.

Arti Doa Pembuka Majelis:

“Puji syukur kepada Allah, doa selawat serta keselamatan biar selalu dicurahkan kepada Rasulullah junjungan dan pembimbing kita, Nabi Muhammad bin Abdillah.”

Doa Penutup Majelis

Doa Penutup Majlis

1. Doa Penutup Majelis Permohonan Keberkahan Ilmu

Doa Penutup Majelis Bahasa Arab:

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﺭْحَمْنَا ﺑِﺎْﻟﻘُﺮْﺁﻥْ، ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻪُ ﻟَﻨَﺎ ﺇِِﻣَﺎﻣًﺎ ﻭَﻧُﻮْﺭًﺍ ﻭَﻫُﺪًﺍ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔْ، ﺃَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺫَﻛِّﺮْﻧَﺎ ﻣِﻨْﻪُ ﻣَﺎ ﻧَﺴِﻴْﻨﺎ وَعَلِّمْنَا ﻣِﻨْﻪُ ﻣَﺎ ﺟَﻬِﻠْﻨَﺎ ﻭَﺍﺭْﺯُقْنَا ﺗِﻼَﻭَﺗَﻪُ ﺁﻧَﺎﺀَ ﺍﻟْﻠَﻴْﻞِ ﻭَﺃَﻃْﺮَﺍﻑَ ﺍﻟﻨَّﻬَﺎﺭْ ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻪُ ﻟَﻨَﺎ ﺣُﺠَّﺔً ﻳَﺎ ﺭَﺏَّ ﺍْﻟﻌَﺎﻟَﻤْﻴِﻦ

Doa Penutup Majelis Latin:

Allohummarham na bil qur’an. Waj’al hu lanaa imaama, wa nuuro, wa hudaa, wa rohmah. Allohumma dakkir na minhu ma nasiina, wa ‘allimna minhu ma jahilna warjuqna tilaawatahu. Aana-al laili wa atroofan nahaar. Waj’alhu lana hujjatan, yaa Robbal ‘alamiin.

Arti Doa Penutup Majelis:

“Ya Allah, rahmatilah kami dengan Al-Qur’an. Jadikan ia pimpinan, cahaya, petunjuk, dan rahmat. Ya Allah, ingatkanlah kami apa yang terlupa darinya dan ajarkanlah apa yang tidak kami ketahui darinya. Dan berikanlah kami rezeki membacanya sepanjang siang dan malam. Serta jadikanlah ia hujjah penolong kami. Wahai Allah Tuhan semesta alam.”

2. Doa Penutup Majelis Permohonan Rezeki Yang Lebih Luas

Doa Penutup Majelis Bahasa Arab:

ﺭَﺏِّ ﺍْﻧﻔَﻌْﻨَﺎ ﺑِﻤَﺎ ﻋَﻠَّﻤْﺘَﻨَﺎ، ﺭَﺏِّ ﻋَﻠِّﻤْﻨَﺎ ﺍَّﻟﺬِﻱْ ﻳَﻨْﻔَﻌُﻨَﺎ، ﺭَﺏِّ ﻓَﻘِّﻬْﻨَﺎ ﻭَﻓَﻘِّﻪْ ﺃَﻫْﻠَﻨَﺎ، ﻭَﻗَﺮَﺍﺑَﺎﺕِ ﻟَﻨَﺎ ﻓِﻲ ﺩِﻳْﻨِﻨَﺎ، ﺗَﻮَﺳَّﻠْﻨَﺎ ﺑِﺘَﻌَﻠُّﻢٍ، ﺗَﻮَﺳَّﻠْﻨَﺎ ﺑِﺘَﻌْﻠِﻴﻢٍ، ﺍَﻥْ ﺗَﺮْﺯُﻗَﻨَﺎ الوَاسِعَةَ، ﻭَﺍَﻥْ ﺗَﺮْﺯُﻗَﻨَﺎ ﺍﻷَﻣَﺎﻧَﺔ

Warta Menarik:   Hukum Hutang dalam Islam, Seperti Apa?

Doa Penutup Majelis Latin:

Robbinfa’naa bi maa ‘allamta na, robbi ‘allim na alladzi yanfa’una. Robbi faqqih na wa faqqih ahlana, wa qoroobaatin lana fi diini na. Tawassalna bi ta’allumin, tawassalna bi ta’limiin. An tarzuqo nal wasi’ah, wa an tarzuqo nal amaanah.

Arti Doa Penutup Majelis:

“Ya Allah, berilah kami manfaat dari apa yang telah engkau ajarkan pada kami. Ya Allah, berilah kami pengetahuan terhadap apa yang bermanfaat bagi kami. Ya Allah, berilah pemahaman pada kami, dan pada keluarga kami, serta para kerabat kami dalam memahami agama. Kami bertawasul dengan belajar, kami bertawasul dengan mengajar. Agar Engkau beri kami rezeki yang luas dan agar Engkau beri kami rezeki amanah.”

3. Doa Penutup Majelis Permohonan Keteguhan Hati

Doa Penutup Majelis Bahasa Arab:

رَبّنَا اَفْرغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبّتْ اَقْـدَامَنَا

رَبّنَا آتِنَا فِى لدّنْيا حَسَنَة وَفِى الاَخِرَة حَسَنة وَقِنأ عَذَابً النّار

سُبحَان رَبّكَ رَبّ العِزّةِ عَمّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على الْمُرْسَليْن والْحَمْدُ لِلهِ رَبّ الْعَالَمِيْن

Doa Penutup Majelis Latin:

Rabbana Afrigh Alainaa Shobran Wa Tsabit Aqdaamanaa. Rabbanaa Aatina Fiddunya Hasanah Wafil Aakhirati Hasanah Waqinaa Adzaabannaar. Subhaana Rabbika Rabbil Izzati Ammaa Yashifuun Wasalaamu Alal Mursaliin Walhamdulillahi Rabbil Aalaamiin.

Arti Doa Penutup Majelis:

 

“Ya Allah, curahkanlah kesabaran atas kami, dan teguhkanlah pendirian kami terhadap cobaan dan kebenaran. Ya Allah, berkahilah semua ilmu yang kami dapat selama kegiatan ini sehingga kami dapat mengamalkan setelah kami bubar dan ke rumah masing-masing sehingga kami bisa menjadi suri teladan dalam keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.”

FAQ

Apa Pentingnya Membacakan Doa Pembuka Majlis?

Membacakan doa pembuka majlis sangat penting karena doa tersebut menjadi sarana untuk memohon kelancaran, keberkahan, dan petunjuk Allah Swt. agar acara dapat berjalan dengan baik.

Apa Fungsi Doa Penutup Majlis dalam Sebuah Acara?

Doa penutup majlis memiliki fungsi untuk menyimpulkan acara dengan memohon kepada Allah Swt. agar acara tersebut diterima, mendapatkan keberkahan, dan diakhiri dengan kebaikan.

Bagaimana Cara Memilih Doa Pembuka Majlis yang Sesuai Sunah?

Pilihlah doa pembuka majelis yang sesuai dengan ajaran sunah Rasulullah saw. dengan merujuk pada hadis-hadis yang menerangkan doa-doanya, sehingga doa tersebut menjadi lebih diterima di sisi Allah.

Pertanyaan 4: Mengapa Doa Pembuka dan Penutup Majlis Harus Sesuai dengan Acara? Jawaban: Doa pembuka dan penutup majelis yang sesuai dengan acara memberikan kesan yang lebih mendalam dan membantu menciptakan atmosfer yang penuh keberkahan, sesuai dengan tema atau tujuan acara tersebut.

Warta Menarik:   10 Sebab-Sebab Mandi Wajib Syarat dan Rukunnya

Bisakah Doa Pembuka Majelis Dibaca Secara Pribadi?

Ya, doa pembuka majelis bisa dibaca secara pribadi sebelum memulai acara atau pertemuan. Hal ini dapat menjadi wujud kesungguhan dan koneksi pribadi dengan Allah Swt. sebelum memimpin atau menghadiri suatu majlis.

Penutup

Dalam kesimpulan, doa pembuka dan penutup majlis memegang peranan penting dalam melaksanakan setiap acara atau pertemuan. Doa pembuka majelis merupakan awal yang baik untuk memohon petunjuk dan keberkahan Allah Swt., sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan kelancaran. Sebaliknya, doa penutup majlis menjadi penutup yang harmonis, di mana kita meresapi keberkahan yang didoakan serta mengakhiri acara dengan harapan mendapatkan ridha dan keberkahan dari Allah Swt. Tradisi membacakan doa sesuai sunah Rasulullah saw. menjadi langkah yang bijak, mengingat keutamaan dan keteladanan dari Nabi dalam setiap aspek kehidupan.

Semoga, dengan mengikuti tuntunan doa pembuka dan penutup majlis ini, setiap acara yang kita selenggarakan menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. dan memberikan manfaat yang baik bagi semua peserta. Kesadaran akan pentingnya doa dalam setiap kegiatan sehari-hari dapat mengukuhkan nilai-nilai spiritualitas dan keberkahan, memberikan keberhasilan serta membawa keharmonisan dalam setiap majlis yang kita laksanakan.

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK