Web Analytics Made Easy - Statcounter

Mengetahui Fungsi Masing-masing Susunan Kabel Headset 4 Warna

Wartalova.com – Susunan kabel headset 4 warna mungkin sedikit asing bagi para pengguna headset dengan inovasi baru di zaman sekarang. Perbedaan warna pada alat tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya secara mendetail, di bawah ini sudah tersedia ulasan lengkapnya.

Sekilas dan Fungsi Susunan Kabel Headset 4 Warna

1. Apa Itu Headset?

Headset adalah peralatan yang terhubung ke telepon atau komputer dan memungkinkan pengguna untuk berbicara dan mendengarkan sambil membiarkan tangan mereka bebas. Ini merupakan barang yang sangat penting dalam dunia gaming dan pekerjaan, karena memberi wadah berkomunikasi secara bebas.

Headset sering digunakan di pusat dukungan teknis dan layanan pelanggan karena memungkinkan karyawan berkomunikasi dengan pelanggan sambil memasukkan data ke komputer. Selain itu, para gamer juga sering memakai alat ini agar mereka lebih fokus dalam mendengarkan audio dari komputer.

Tujuannya adalah untuk memungkinkan pengguna agar bisa mendengar dan berkomunikasi dengan orang lain saat bermain game menggunakan keyboard dan mouse. Selain itu, headset juga memiliki fungsi yang beragam, mulai dari menonton film, mendengarkan musik, bermain game, dan lain-lain.

2. Fungsi Headset

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau headset memiliki fungsi beragam di kehidupan. Bahkan, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menonton, mendengarkan musik, bermain game dengan lancar dan suaranya pun lebih jernih karena langsung ke telinga. Berikut ini fungsi detail headset!

1. Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik menjadi alasan utama yang pastinya sudah banyak orang tahu mengenai headset. Musik juga dapat membuat aktivitas sehari-hari lebih menyenangkan, apalagi jika mendengarkannya sambil berkegiatan, seperti bersih-bersih, berolahraga, memasak, dan masih banyak lainnya.

Bahkan, bagi beberapa orang, musik membantu mereka fokus dalam belajar. Untuk mendapatkan suara audio lebih jernih dari setiap genre musik yang Anda dengarkan, pastinya menggunakan headset bisa menjadi solusi alternatif. Selain itu, penggunaan headset juga tidak akan mengganggu orang di sekitar.

Warta Menarik:   Toko Frozen Food Terdekat: Solusi Mudah Belanja Makanan Beku

2. Mendengarkan Radio Digital

Mendengarkan Radio Digital

Di ponsel zaman dulu, Anda pastinya sudah tidak asing dengan keberadaan aplikasi radio digital di dalamnya. Umumnya, untuk mendapatkan sinyal radio secara lancar, pengguna akan membutuhkan headset yang tersambung pada ponsel.

Setelah tersambung, Anda bisa mencari channel yang sesuai dengan keinginan secara lancar. Mendengarkan musik dari radio digital pun bisa dilakukan kapanpun selama headset dapat digunakan dengan baik. Namun, seiring berjalannya waktu, keberadaan aplikasi ini sudah menghilang sejak lama.

3. Menonton Film

Menonton Film

Setelah berkegiatan atau bekerja terlalu padat, mungkin Anda membutuhkan waktu sendiri untuk merelaksasikan pikiran dan badan. Ada banyak kegiatan yang orang lakukan di sela-sela liburan mereka, seperti menonton film. Agar kegiatan tersebut lebih terasa juga fokus, cobalah menggunakan headset.

Headset membantu Anda menangkap semua pembicaraan yang pemain bicarakan di dalam film. Selain itu, headset juga memfokuskan telinga pada satu sumber suara saja, sehingga tidak akan terganggu dengan suara lainya. Karena film bergenre tertentu membutuhkan fokus lebih penontonnya agar bisa memecahkan masalah pada film tersebut.

4. Bermain Game

Bermain Game

Seperti yang sudah ada di penjelasan sebelumnya, banyak orang menggunakan headset untuk bermain game. Bahkan, sekarang sudah ada banyak gamer-gamer profesional yang berkomunikasi dengan penggemarnya melalui alat ini. Namun, jenis headsetnya berbeda karena khusus gaming.

Headset akan membantu para gamer untuk mendapatkan suara dari game secara personal dan lebih jelas. Bahkan, jika Anda bermain dengan team, penggunaan headset akan sangat membantu karena kelancaran komunikasi menjadi lebih meningkat. Bermain game pun menjadi menyenangkan karena tangkapan suaranya detail serta jernih.

5. Mengikuti Kelas Online atau Meeting

Mengikuti Kelas Online atau Meeting

Di masa pandemi seperti kemarin, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah daring dan juga WFH. Keduanya memanfaatkan jaringan internet secara online untuk berkomunikasi serta melangsungkan kegiatan secara jarak jauh menggunakan platform tertentu, seperti zoom atau google meet.

Saat melakukan kegiatan tersebut, tentu membutuhkan fokus yang lebih agar penyampaian materi bisa Anda pahami dengan mudah tanpa harus tercampur suara lain. Keberadaan headset akan sangat membantu apalagi jika alat tersebut memiliki fitur canggih untuk melancarkan komunikasi.

3. Fungsi Susunan Kabel Headset 4 Warna

Pemasangan kabel 4 warna ini memang terkenal cukup susah untuk proses penyambungan daripada kabel 3 warna pada headset. Hal ini karena banyaknya komponen yang harus Anda perhatikan selama pemasangan agar headset berfungsi secara benar. Mari bahas mengenai perbedaan warna kabel ini.

Warta Menarik:   Sport Station Terdekat: Temukan Toko Olahraga Terbaik di Sekitar Anda

Kabel merah biasanya menjadi patokan yang mengidentifikasikan sinyal pada audio speaker sebelah kanan. Kabel kuning pada headset 4 warna ini merupakan sebuah jalur negatif dari speaker yang nantinya bisa Anda sambungkan ke kabel audio yang sama dan tersambung ke ground.

Sedangkan kabel berwarna hijau mewakili sinyal audio pada speaker sebelah kiri. Untuk warna biru pada headset tersebut, Anda bisa menyambungkannya ke ground. Setiap warna harus tersusun sesuai fungsi dan penempatannya agar headset dapat berfungsi dengan baik saat pemakaian.

4. Cara Menyambungkan Kabel Headset yang Sudah Putus

Cara menyambungkan kabel headset yang sudah putus memang sedikit sulit apalagi bagi orang awam. Namun, jika mengetahui beberapa stepnya, Anda tidak perlu khawatir lagi apabila kabel headset putus. Perlengkapan yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak dan masih bisa ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Anda hanya membutuhkan alat-alat berupa korek api, selotip, dan korek api. Walaupun peralatannya sedikit dan minim, tidak perlu khawatir mengenai keberhasilannya, karena sudah terjamin akan sangat membantu. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, simak ulasan di bawah ini dengan seksama!

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memotong lalu merapikan kedua ujung pada kabel headset.
  • Kuliti bagian kabel dengan panjang sekitar 2 cm atau bisa menyesuaikan kebutuhan hingga kabel sinyal pada headset terasa bisa untuk memelintirnya. Lakukan secara perlahan bagian ini menggunakan gunting dan juga kuku. Jangan sampai ada kabel yang terputus nantinya.
  • Ketahui juga berapa jumlah kabel core yang ada di dalam headset tersebut. Minimal ada 4 (channel kiri, kanan, ground, dan mic)
  • Kemudian, bakarlah ujung kabel menggunakan korek api hingga lapisan pada coating hilang. Setelah itu, bersihkan ujung tersebut memakai kuku jari. Penyambungan dilakukan dengan cara memelintir kabel secara kuat agar kualitas pada audio lebih bagus nantinya.

cara memelintir kabel

  • Lakukan cara sebelumnya secara berurutan pada kabel berbeda warna.
  • Ambil selotip yang berguna untuk mempererat sekaligus merekatkan sambungan pada kabel. Tujuannya adalah agar tidak terjadi korslet.
  • Pasangkan selotip terakhir pada kabel utama agar semakin kuat dan rapi.

  • Melakukan pengecekan kualitas headset secara berkala untuk memastikan apakah sudah berhasil atau tidak.
Warta Menarik

Itu tadi penjelasan mengenai fungsi dan susunan kabel headset 4 warna yang mungkin saja Anda temui. Sekarang, tidak perlu bingung lagi jika ingin menggunakan headset jenis tersebut karena sudah bisa mengoperasikannya dengan baik juga lancar.

Warta Menarik:   Dokter Gigi Terdekat: Temukan Dokter Gigi Terbaik di Dekat Anda

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK