Web Analytics Made Easy - Statcounter

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A14 5G Hanya 3 Jutaan

Wartalova.com – Kabar terbaik dari Samsung tahun ini adalah dengan diluncurkannya produk terbaru yaitu Samsung Galaxy A14 5G. Smartphone Samsung Ini menggunakan dua jenis chipset, yaitu Exynos 1330 dan MediaTek Dimensity 700 dalam versi Global. Apa saja Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A14 5G?

Namun, untuk di Indonesia hanya versi Mediatex Dimensity 700 yang masuk secara resmi.

Hadirnya HP Samsung Galaxy A14 5G ini menjadi salah satu smartphone 5G paling murah di awal tahun 2023 ini. Memang, Samsung mengunggulkan pada sisi Konektivitas, yaitu sudah masuk di jaringan 5G.

Meskipun fitur unggulannya adalah support jaringan 5G, ada fitur lain yang tidak kalah menarik dan mumpuni dengan harga yang cukup murah. Fitur-fitur apa saja yang membuat Samsung Galaxy A14 ini masuk dalam daftar hp yang wajib di coba?

Secara garis besar, berikut ini perbandingan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A14 5G yang paling mendasar.

Kelebihan Samsung Galaxy A14 5G:
  • Desain minimalis dengan opsi warna menarik
  • Layar yang luas dan sudah 90 Hz
  • Memori lapang, masih ada slot microSD
  • Performa Dimensity 700 yang mumpuni
  • Kemampuan kamera utama yang oke
  • Baterai besar
  • Sensor lengkap, ada NFC
  • Antarmuka bebas Iklan, upgrade terjamin
Kekurangan Samsung Galaxy A14 5G:
  • Bobotnya agak berat
  • Tidak ada kamera ultrawide
  • Pengecasan tembus 2 jam
  • Tidak ada charger di kotak penjualan

Itu gambaran secara umum, namun jika kamu tertarik dengan HP ini, sebaiknya simak ulasan secara lengkap apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A14 5G dibawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A14 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy A14 5G

Berikut ini spesifikasi HP Samsung Galaxy A14 5G selengkapnya:

Layar PLS LCD 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 700
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Selengkapnya Baca disini
Cek Harga Saat Ini Shopee

Kelebihan Samsung Galaxy A14 5G

Samsung merupakan salah satu produsen Smartphone yang popular di Indonesia, dan dulu banyak orang beranggapan bawah Samsung selalu Overprice pada produknya. Namun, dengan hadirnya Galaxy A14 5G ini, tudingan itu bisa terpatahkan. Sepertinya, semakin hari Samsung menghadirkan produk smartphone dengan harga yang terjangkau dan dibareng dengan fitur yang logis.

Berikut ini ulasan beberapa kelebihan yang diusung Samsung Galaxy A14 5G:

1. Desain Minimalis dan Pilihan Warna Lebih Menarik

Desain Minimalis dan Pilihan Warna Lebih Menarik

Dengan membidik pengguna Muda, Samsung membuat produk Galaxy A14 5G dengan model minimalis. Sebelumnya, Samsung juga membuat desian minimalis lainnya pada HP Galaxy A32 dan Galaxy A52. Dengan model minimalis, Samsung ingin membuat penggunya lebih nyaman.

Desain yang minimalis bisa dilihat dari tutup cashing bagian belakang, tepatnya pada desain penempatan kamera. Galaxy A14 5G dibekali dengan 3 kamera belakang, yang disusun minimalis berjejer secara vertical tanpa adanya modul. Selain itu, minimalis juga bisa dilihat dari tepi cashing, yang dibuat secara mendatar (Flat).

Desain minimalis ini bisa kamu bandingkan dengan Flagship Galaxy S22 5G. Memang, sebagian pengguna beranggapan sisi yang flat mengurangi kenyamanan saat digenggam. Namun, sebagain lain menyukai desai flat karena akan tampak lebih elegant.

Untuk menghindari pengguna yang tidak suka dengan sisi Flat, Samsung mendesain Galaxy A14 ini dengan Frame atau rangka sedikit melengkung. Dengan demikian, sisi rangka yang sedikit melengkung ini akan mengikuti konstur tangan saat menggenggam Samsung Galaxy A14 5G.

Warta Menarik:   Aplikasi Dapat Uang: Cara Mudah Mendapatkan Uang Tambahan

Berbeda dengan kebanyak desain HP Sony yang didesain dengan lapisan mengkilap, Galaxy A14 5G dibuat dengan lapisan penutup belakang yang memiliki tekstur. Jika kamu gesek dengan kuku atau koin, maka akan menimbulkan bunyi.

Sedangkan bagian depan, seperti kebanyakan HP level Entry didesain dengan corak yang khas, dengan kamera depan untuk foto selfie dengan gaya Infinity V dan bezel layar yang lebih tebal.

Samsung Galaxy A14 5G yang resmi di Indonesia adalah versi MediaTek Dimensity 700 dengan tiga pilihan warna. Ketiga warna tersebut adalah warna Hitam, Silver dan Red Dark. 3 Warna ini paling banyak digunakan dan disukai pengguna Samsung di Indonesia.

2. Desain Layar Luas dengan rate 90 Hz

Desain Layar Luas dengan rate 90 Hz

Kelebihan lain yaitu Luas Layar yang cukup besar yaitu PLS LCD 6.6 Inci. Dengan layar selebar ini, cocok banget untuk menonton video Youtube dan bermain game. Sedangkan Rasio LCD ini adalah 20:9 dengan resolusi Full HD+ yang membuat tampilannya lebih tajam.

Selain tampilan yang tajam, Layar Galaxy A14 5G ini adalah dibelaki dengan fitur refresh Rate 90 Hz. Hal ini akan membuat pengguna bisa menikmat pengalaman navigasi yang halus, hal ini bisa dirasakan saat pengguna melakukan scrolling layar, pasti terasa lebih cepat dan nyaman.

Dengan Refresh Rate 90 Hz, sudah pasti Samsung Galaxy A14 ini mampu menampilkan animasi pada game dengan frame rate 90fps. Jadi, layak dicoba untuk bermain game dengan HP 5G ini. JIka game kamu lebih tinggi frame ratenya, maka semakin halus tampilan animasinya. Menarik bukan?

3. Memori Besar dan Ada Slot MicroSD

Memori Besar dan Ada Slot MicroSD

Salah satu komponen smartphone yang paling menjadi pertimbangan adalah bagian memori internal. Karena, memori menjadi penyimpanan yang dibutuhkan baik untuk system operasi ataupun data pengguna mulai dari foto, file document, aplikasi, game dan lain sebagainya.

Samsung Galaxy A14 5G dibekali dengan momori internal 128 GB dan RAM 6 GB. Hanya ada satu varian ini pada HP ini yang beredar resmi di Indonesai.

Namun, jika kamu masih merasa kurang besar memori 128 GB, kamu dapat menambahkan memori external atau microSD pada slot yang disediakan.

Berbeda dengan kebanyakan model HP, karena slot microSD pada Samsung Galaxy A14 5G ini terpisah sari slot simcard. Kamu bisa memasang memori External pada slot ini hingga 1TB. Dengan kapasitas yang besar, kamu bisa menyimpan banyak file foto, video, music atau film kesayangan.

4. Performa MediaTek Dimensity 700 Mantab

Performa MediaTek Dimensity 700 Mantab

Samsung Galaxy A14 5G dibekali dengan Chipset MediaTek Dimensity 700. Ini merupakan chipset murah yang mampu menghubungkan dengan jaringan 5G, jadi banyak produsen smartphone memilih chipset ini untuk menekan harga murah.

Dengan menggunakan chipset inilah Samsung Galaxy A14 5G bisa lebih murah dengan fitur sudah bisa koneksi 5G. Chipset Dimensity 700 memiliki performa yang bagus, bila dibandingkan dengan chipset sekelasnya seperti Helio G96.

Seperti apa komponen dalam Chipset DImensity 700 ini? Secara rinci, chipset 7 nm ini mengusung komponen mulai dari 8 Inti CPU Dua Cotex A76, GPU menggunakan Mali-G57 MC2 (950 MHz), APU yang merupakan Komponen Prosesor AI dan ISP yang mampu mengusung kamera 64 MP. Rincian CPU nya adalah Dua Cortex A76 yang merupakan Inti Performa (2.2 GHz) dan Inti Efisien Cortex A55 2.0 GHz.

Sedangkan Memori internya menggunakan UFS 2.2 dan RAM LPDDR4X, dengan spesifisikasi ini kamu bakal dibuat nyaman untuk digunakan sehari-hari.  Untuk kebutuhan standar seperti Live Streaming, Chatting, dan multitasking sudah pasti lancer dan tanpa ada lag yang menghambat.

Untuk bermain game cukup lancar, beberapa game yang pernah diujikan salah satunya adalah Call of Duty, game ini bisa berjalan lancar dengan setelah grafis Medium dan frame rate High.

Untuk uji coba game PUBG Mobile, Galaxy A14 5G dapat menjalankannya pada setelah HD High. Pada game  Genshin Impact, berjalan lancar pada setingan grafik Low 60 fps.

5. Kamera Utama Sangat Hidup

Kamera Utama Sangat Hidup

Samsung Galxy A14 5G dibekali dengan tiga kamera belakang. Dari ketiga kamera ini yang dapat bekerja secara optimal adalah kamera utama dengan fitur autofocus 50 MP dan bukaan f/1.8. Sedangkan dua kamera lain, yaitu makro dan Deep Sensor hanya memiliki Resolusi 2 MP dan bukaan f/2.4. Tiga kamera ini dibantu dengan 1 lampu flash.

Warta Menarik:   Aplikasi Auto Headshot FF: Cara Ampuh Mendapatkan Headshot dengan Mudah di Free Fire

Sedangkan pada bagian depan HP, dibekali dangan satu kamera selfie fixed focus 13 MP dan bukaan f/2.0. Kemampuan kamera depan dan belakang untuk merekam video adalah dengan resolusi maksimal 1080 fps.

Berdasarkan hasil uji coba yang wartalova.com lakukan, kamampuan kamera utama Samsung Galaxy A14 5G dapat bekerja dengan baik. Hasilnya cukup memuaskan, warna yang ditangkap cukup oke dan hasil fotonya sangat hidup.

Hasil kamera akan tetap sama bagusnya ketika kamu menggunakanya dalam mode portet. Demikian juga pada hasil kamera selfie, hasilnya tajam dan warnya tampak hidup. Jadi tidak ada masalah pada kamera utama maupun kamera Selfie.

Sedangkan uji coba pada fungsi rekaman video hasilnya cukup baik, meskipun masih ada kekurangan yaitu tampak kurang natural. Hal ini dibsebabkan oleh pemrosesan AI. Namun  bila dilihat dari kelas harganya hasil videonya cukup bisa diterima. Sedangkan rekaman suara cukup jelas hal ini sudah pasti karena Samsung Galaxy A14 5G ini membawa dua mikrofon.

6. Kapasitas Baterai Besar

Kapasitas Baterai Besar

Baterai yang diusung Galaxy A14 5G ini cukup besar, yang memiliki kapasitas 5000 mAh. Baterai yang besar menjadi pertimbangan tersendiri bagi pengguna, karena ingin menggunakan smarphone seharian penuh tanpa takut kehabisan daya.

Wartalova belum melakukan pengujian baterai Galaxy A14 5G ini, namun dari berbagai sumber menyebutkan bahwa kapasitas baterai bisa dibandingkan dengan Galaxy A22 5G. Pada uji coba Galaxy A22 5G untuk memutar video local dengan resolusi 1080p, mampu bertahan 19 jam 27 menit. Dengan spesifikasi baterai yang sama, Samsung Galaxy A14 5G diprediksi memiliki hasil kurang lebih sama.

7. Sensor Lengkap dan Ada NFC

Sensor Lengkap dan Ada NFC

Bagian komponen sensor merupakan komponen yang ada di luar SoC. Sehingga, HP yang memiliki SoC sama belum tentu memiliki sensor yang sama. Sensor merupakan tanggung jawab bagi produsen smartphone itu sendiri.

Nah, pada kali ini Samsung tidak tanggung-tanggung memasang sensor pada Samsung Galaxy A14 5G, karena hp ini dibelaki dengan lima sensor fisik dan satu sensor virtual. Keenam sensor tersebut adalah Sensor Sidik Jari (Pemindai) pada tombol power, Akselerometer, proksimitas, giroskop, kompas dan sensor cahaya yang merupakan sensor virtual.

Berbeda lagi dengan Samsung Galaxy A14 5G versi US, selain dibelaki dengan keenam sensor diatas, ditambah lagi dengan sensor barometer. Hal ini dikhususkan untuk Negara dengan empat musim yang memerlukan informasi tekanan udara yang penting.

Sedangkan sensor NFC, ini bisa kamu gunakan untuk mengisi atau top-up saldo e-money dengan menggunakan Samsung Galaxy A14 5G.

8. Interface Tanpa Iklan dan Update terjamin

Interface Tanpa Iklan dan Update terjamin

Interface yang digunakan Samsung adalah dengan OneUI.  Interface ini membuat orang jatuh cinta, karena tampilan yang simple dan memiliki fitur-fitur fungsional, jarang ada bug dan bebas iklan yang mengganggu.

Seperti halnya pada HP Samsung lainnya, baik itu Kelas flasgship ataupu kelas entry, smartphone Samsung semua menggunakan antarmuka One UI dan tanpa adanya iklan. Hal ini sudah pasti karena Samsung ingin penggunanya merasas nyaman dan tidak terngganggu adanya iklan.

Kelebihan Samsung Galaxy A14 5G adalah HP kelas entry yang sudah menggunakan OneUI Core 5 dengan mengadopsi Sistem Operasi Android 13. Mungkin inilah salah satu Samsung entry level yang paling up-to-date.

Dan yang menarik lagi, bahwa Samsung memastikan HP seri A14 G ini bakal mendapatkan dukungan penuh sampai empat tahun kedepan. Adapun rinciannya adalah upgrade sitem operasi (OS) yaitu dua kali dan update sitem security sampai tahun keempat setelah hp dirilis.

Kekurangan Samsung Galaxy A14 5G

Meskipun hadir dengan berbagai kelebihan, yang salah satunya sudah mampu menangkap sinyal 5G, namun Samsung Galaxy A14 5G masih memiliki beberapa kekurangan. Beberapa poin yang menjadi sorotan dari review wartalova.com mungkin bisa menjadi informasi penting untuk kamu.

1. Bobotnya Sedikit Berat

Bobotnya Sedikit Berat

Kekurangannya salah satunya adalah bobotnya sedikit berat. Meskipun desain yang diusung bagus, sedap dipandang dan nyaman digenggam.

Samsung Galaxy A14 5G juga memiliki tombol clicky yang nyaman serta bagian cashing belakang tidak meninggalkan bekas sidik jari yang menonjol.

Mungkin sebagain dari juga menyadari desain dari Samsung Galaxy A14 Ini sedikit lebih tebal dan berat. Bahkan jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy A13, lebih tebal 0.03 MM dan lebih berat 10 gram.

Warta Menarik:   Halte Terdekat: Solusi Cepat dan Efisien untuk Perjalananmu

Secara keseluruhan, dimensi Galaxy A14 5G adalah 167.7 x 17 x 9.1 mm dengan berat 205 gram. Buat kamu yang sudah biasa menggunakan ponsel ringan, akan terasa berbeda jika menggunakan Galaxy A14 5G, maka kamu akan sedikit butuh beradaptasi.

2. Tidak ada Kamera Ultrawide

Tidak ada Kamera Ultrawide

Meskipun tidak ada kamera ultrawide, hasil foto dari kamera utama dan kamera utama bisa dibilang bagus. Demikian juga dengan hasil rekaman video, bisa diupload dimedia social karena kualitas cukup bagus. Jadi, tetap keren meskipun tidak ada kamera ultrawide.

Kamera utama yang didukung dengan kamera pendamping makro dan sensor kedalaman tidak terlalu berpengaruh bila dibandingkan dengan satu kamera ultrawide.

Kenapa kamera ultrawide penting? Kebanyakan orang tidak akan mengambil gambar objek kecil dalam jarak dekat, hal seperti ini biasanya hanya dilakukan para seniman. Apalagi kini banyak kamera sudah dilengkapi dengan AI yang bisa menciptakan foto bokeh, sehingga sensor kedalaman tidak berguna lagi.

3. Pengecasan Bisa Tembus sampai 2 jam

Pengecasan Bisa Tembus sampai 2 jam

Samsung Galaxy A14 5G dibekali dengan kapasitas baterai mencapai 5000 mAh. HP ini sudah dilengkapi dengan fitur pengisian cepat 15W. Seperti HP Samsung pada kelas entry lainnya yang sama seperti Galaxy A22 5G dan A13.

Jadi, berapa lama pengisian baterai mulai dari nol sampai full 100%?  Berdasarkan uji coba yang sudah dilakukan pada HP dengan spesifikasi Baterai yang sama yaitu Galaxy A22 5G, pengisian baterai membutuhkan waktu 2 jam 13 menit.

Dua model HP ini Samsung Galaxy A14 5G dan A22 5G mempunyai spesifikasi teknologi pengisian yang sama, SoC, spek layar yang sama, maka waktu yang dibutuhkan mengecas baterai cukup lama.

4. Tidak ada Charger Bawaan

Tidak ada Charger Bawaan

Samsung Galaxy A14 5G yang dijual resmi di Indonesia, dijual tanpa charger di kotak penjualannya.  Hal ini sama juga dengan yang ada di Amerika Serikat dan India. Galaxy A14 5G dijual tanpa Charger. Desain kotaknya jadi lebih tipis, yang berisi unit HP, Sim Ejector, Kabel USB C dan dokumen.

Hal inilah yang menuai pro kontra diantara pengguna Samsung. Sebagai mendukung langkah menghilangkan charger dalam penjualan smartphone, karena dianggap sejalan dengan kampanye ramah lingkungan. Namun, ada juga yang kontra karena dianggap tidak memikirkan kebutuhan konsumen untuk mengisi daya baterai HPnya.

JIka kamu yakin ingin menggunakan HP Samsung Galaxy A14 5 G ini, pastikan kamu memiliki chargernya atau harus keluar uang lagi untuk membeli charger secara terpisah.

Penutup

Sebagai penutup, wartalova bakal menyimpulkan apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A14 5G ini yang hadir di tahun ini dengan fitur mampu menangkap sinyal 5G.

Samsung Galaxy A14 5G ini hadir di Indonesia dengan versi Mediatex Dimensity 700 yang dibandrol dengan harga cukup murah yaitu sekitar 3 jutaan, yaitu 2.999.000 Rupiah.

HP cocok buat kamu yang ingin mencoba kecepatan koneksi 5G. Selain koneksi yang powerfull, ada fitur lain yang menarik. Seperti halnya desain yang minimalis, layar lebar, dilengkapi dengan chipset yang memiliki performa tinggi, hasil foto dan video kamera bagus, dan dukungan software jangka panjang.

Meskipun demikian, Samsung Galaxy A14 5G bukanlah HP sempurna, karena sudah pasti ada kekurangannya. Seperti halnya bobot yang cukup berat, tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide, apalagi tidak ada charger dalam box penjualannya.

Namun, jika Kamu cukup dengan spesifikasi diatas, maka HP ini layak untuk dipertimbangkan. Jika kamu tertarik langsung saja lihat harga terbaru saat ini disini.

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK