Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Menyembunyikan Root Via Magisk Hide & Root Cloack

Cara Menyembunyikan Root – Pada kesempatan ini, kami akan membahas strategi untuk menyembunyikan status root agar tidak terdeteksi oleh aplikasi serta game yang menerapkan SafetyNet. Proses ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi Magisk Manager dan Root Cloak.

Saat ini, banyak aplikasi Android telah mengadopsi SafetyNet sebagai langkah keamanan tambahan. Contohnya adalah aplikasi perbankan seperti BCA Mobile, Mandiri Online, dan BRI Mobile, serta platform dompet digital seperti OVO, LinkAja, DANA, dan GOPay. Selain itu, aplikasi ojek online seperti Gojek dan GRAB juga telah menggunakan SafetyNet. Dengan adanya SafetyNet, penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut akan terhalang jika perangkat Android telah di-root.

Tujuan utama SafetyNet adalah untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh aktivitas peretasan atau manipulasi sistem oleh pengguna yang tidak sah. Contohnya, SafetyNet mencegah pengguna untuk memanipulasi lokasi perangkat atau melakukan tindakan curang dalam aplikasi ojek online untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua pengguna yang melakukan proses root pada perangkat Android mereka memiliki niat untuk melakukan kegiatan yang melanggar aturan. Ada berbagai alasan mengapa seseorang memilih untuk melakukan root pada perangkat Android mereka.

Bagi pengguna yang ingin tetap menggunakan aplikasi seperti yang disebutkan di atas meskipun perangkat mereka sudah di-root, mereka dapat menggunakan teknik bypass atau menyembunyikan root dari aplikasi-aplikasi tersebut. Hal ini memungkinkan mereka untuk tetap mengakses fitur-fitur aplikasi tanpa terkendala oleh status root perangkat mereka.

Cara Menyembunyikan Status Root Via Magisk

Bagi pengguna yang menggunakan Magisk, terdapat fitur yang sangat berguna bernama Magisk Hide untuk menyembunyikan root perangkat agar tidak terdeteksi oleh aplikasi-aplikasi tertentu. Penggunaan metode ini lebih disarankan daripada menggunakan RootCloak. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Magisk Manager dan ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas layar.
  2. Pilih opsi “Setelan” dari menu yang muncul.
  3. Aktifkan fitur “Magisk Hide” dengan menggeser tombol ke posisi ON.
  4. Setelah itu, pilih opsi “Sembunyikan Magisk Manager” dan masukkan nama aplikasi atau permainan yang ingin Anda sembunyikan status root-nya.
  5. Setelah selesai, aplikasi Magisk Manager akan berubah nama sesuai dengan yang Anda masukkan sebelumnya.
  6. Sekarang, pilih opsi “Magisk Hide” lagi, lalu pilih aplikasi-aplikasi atau game-game yang mendeteksi perangkat yang telah di-root.
  7. Setelah itu, coba buka aplikasi atau game yang dimaksud untuk memastikan apakah masih dapat mendeteksi status root perangkat Anda atau tidak.
Warta Menarik:   Cara Membasmi Nyamuk - Teknik Paling Efektif

Bagaimana dengan pengguna yang melakukan root menggunakan SuperSU? Mereka dapat mencoba menggunakan Xposed Framework dengan modul bernama RootClock. Berikut adalah panduannya:

[Anda perlu menambahkan panduan tentang penggunaan Xposed Framework dengan modul RootClock sesuai dengan instruksi yang sesuai.]

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat menyembunyikan status root perangkat Anda secara efektif, memungkinkan Anda untuk tetap menggunakan aplikasi dan game tanpa terkendala oleh status root.

Cara Menyembunyikan Root Via RootCloak

Bagi pengguna yang memanfaatkan SuperSU untuk meraih akses root pada perangkat mereka, ada opsi untuk menggunakan Xposed Framework dan Modul RootCloak guna menyembunyikan akses root tersebut. Berikut langkah-langkah bagaimana cara menyembunyikan root via RootCloak:

  1. Buka aplikasi Xposed Framework dan pilih opsi “Module”, lalu lanjutkan dengan mengeksekusi pengunduhan dan pemasangan Modul RootCloak.
  2. Setelah Modul RootCloak berhasil dipasang, aktifkan modul tersebut dan lakukan restart pada perangkat Anda.
  3. Selanjutnya, buka aplikasi RootCloak, lalu pilih opsi “Kelola Aplikasi”.
  4. Klik tombol tambah (+) yang terletak di pojok kanan atas layar.
  5. Tambahkan aplikasi-aplikasi yang ingin Anda sembunyikan status root-nya dari daftar yang tersedia.
  6. Setelah selesai, silakan lakukan restart pada perangkat Anda untuk menerapkan perubahan.

Diantara kedua metode di atas, menurut penilaian saya, lebih disarankan untuk menggunakan Magisk karena aplikasi ini masih aktif dalam pengembangannya, berbeda dengan RootCloak yang sudah lama tidak mendapatkan pembaruan. Magisk menawarkan fitur-fitur terbaru dan lebih stabil dalam menyembunyikan root perangkat, sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna.

Penutup

Dalam upaya menghindari deteksi oleh aplikasi dan game yang menerapkan SafetyNet, telah disajikan dua metode yang efektif untuk menyembunyikan status root pada perangkat HP. Dengan mengikuti panduan yang telah diberikan, diharapkan pengguna dapat dengan leluasa mengakses berbagai aplikasi perbankan, layanan ojek online, dompet digital, serta media sosial seperti Snapchat. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati pengalaman bermain game yang populer seperti Pokemon GO dan Mario Kart Tour tanpa terkendala oleh status root pada perangkat mereka.

Pentingnya untuk diingat bahwa dengan mengikuti panduan ini, pengguna dapat menghindari batasan yang mungkin diberlakukan oleh aplikasi atau game yang sensitif terhadap perangkat yang telah di-root. Dengan demikian, mereka dapat menjaga keamanan dan stabilitas perangkat mereka sambil tetap memanfaatkan berbagai fitur dan layanan yang tersedia. Hal ini akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih bebas dan menyenangkan dalam menggunakan perangkat Android mereka.

Warta Menarik:   Cara Memperbaiki Speaker Bunyi Kresek-Kresek

Oleh karena itu, pengetahuan tentang cara menyembunyikan root pada perangkat HP menjadi penting bagi pengguna yang ingin menjelajahi berbagai fitur dan layanan tanpa terkendala oleh pembatasan yang mungkin diberlakukan. Semoga panduan ini dapat memberikan manfaat bagi pengguna dalam mengoptimalkan pengalaman penggunaan perangkat Android mereka secara keseluruhan. Dengan demikian, pengguna dapat merasa lebih percaya diri dan aman dalam menjelajahi dunia digital dengan perangkat mereka yang telah di-root.

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK