Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Hapus dan Kehilangan Kontak, Chat, Grup di Android iOS

Wartalova.com – Kamu mau ganti nomor Whatsapp? Simak nih Cara mengganti nomor WhatsApp tanpa hapus akun dan tanpa kehilangan Kontak, chat, Group di Android dan iOS. WhatsApp merupakan Aplikasi Chat yang hampir digunakan semua pengguna Smartphone dan iOS.

WhatsApp salah satu aplikasi chating terbaik, dengan banyak fitur yang bisa digunakan secara gratis. Fitur-fitur di WhatsApp cukup banyak, mulai dari chat, berbagi foto, video, voice chat, ataupun melakukan video call group. Video call jadi satu fitur paling disukai, karena terasa ringan dan cepat.

Selain fitur diatas, ada fitur yang bisa bikin aktifitas kamu berwarna, dengan membagikannya melalui Status WhatsApp. Status WhatsApp mirip Instagram Story, yang bisa membagikan aktifitas harian kamu kepada semua kontak. Jadi, jika kamu ingin berganti nomor, maka kamu tidak perlu menghapus akun WhatsApp, namun cukup dengan mengganti nomor lama kamu dengan nomor yang baru. Belum tahu caranya?

Cara menganti nomor WhatsApp tanpa hapus akun dan kehilangan kontak cukup mudah. Dengan cara ini, kamu tidak perlu menghapus akun, dan kehilangan group di WhatsApp. Berikut ini cara ganti nomor WA dengan mudah:

Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Kehilangan Kontak, Chat dan Group

Ingat mengganti nomor Whatsapp berarti nomor baru tidak terkait dengan akun WhatsApp. Gunakan nomor HP yang masih fresh atau tidak terhubung ke Akun WA. Karena jika, nomor sudah tedaftar, maka secara otomatis WhatsApp akan menolak penggantin nomor Whatsapp.

Simak langkah-langkah mengganti nomor WhatsApp agar kamu tidak kehilangan Kontak, chat ataupun Group WA yang kamu ikuti di Android dan iOS.  Jadi, ini cara ganti nomor WhatsApp tanpa ganti akun ya:

Warta Menarik:   Aplikasi iPhone: Meningkatkan Produktivitas dan Hiburan Anda

1. Buka Aplikasi WhatsApp kemudian Menu Setelah / Pengaturan

  • Silahkan buka aplikasi WhatsApp di smartphone Android atau iPhone.
  • Kemudian buka menu Pengaturan (Settings) malalui icon titik tiga di pojok kanan atas layar WhatsApp.

2. Pilih menu Akun

  • Setelah kamu pilih menu akun, maka kamu akan beralih ke laman profile.
  • Kemudian, silahkan pilih menu Akun (Account).

3. Tap Opsi ganti Nomor, Kemudian Klik Lanjut

  • Setelah kamu tap opsi ganti nomor, silahkan pilih menu Ganti Nomor / change Number.
  • Kemudian klik Tombol Lanjut (Continue).

4. Masukkan Nomor lama dan Nomor Baru

  • Pada tahapan ini, kamu diminta memasukkan nomor lama yang tertaut dengan WhatsApp. Jangan lupa masukkan kode +62 untuk nomor Indonesia.
  • Setelah nomor lama kamu masukkan, sekarang pada kolom kedua masukkan nomor WhatsApp baru yang ingin kamu tautkan dengan akun WhatsApp.
  • Lalu Klik Tombol lanjut.

5. Aktifkan Pilihan “Beri Tahu Kontak”

  • Untuk memberi tahu kontak terkait tindakan kamu mengganti nomor WhatsApp, kamu bisa mengkatifkan opsi “Beri Tahu Kontak”, supaya kamu tidak repot memberi tahu satu persatu.
  • Pastikan slide “Beri tahu kontak” Aktif.
  • Jika opsi ini sudah kamu aktifkan, maka kontak yang menyimpan nomor kamu ataupun yang sering melakukan chat dengan nomor WhatsApp lama kamu akan mendapat notifikasi terkait perubahan nomor WhatsApp Kamu.
  • Terkahir Klik Selesai.

6. Verifikasi Nomor WA Baru

  • Biasanya, setiap penggantin nomor, Whatsapp akan melakukan verifikasi dengan mengirimkan SMS ke nomor Baru.
  • Jika nomor WhatsApp yang baru tidak digunakan salam ponsel yang digunakan Whatsapp, maka kamu harus mengecek SMS yang masuk. Jika dalam ponsel, biasanya akan terbaca oleh WhatsApp secara otomatis.
  • Jika sudah terverifikasi, maka nomor WhatsApp kamu sudah aman dan bisa digunakan.

Kini aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan sudah menggunakan nomor WA Baru, kamu bisa melihat history chat, isi group ataupun media di WhatsApp masih sama dengan sebelumnya.

Dengan cara mengganti nomor WhatsApp diatas, kamu tidak perlu repot memberitaukan penggantin nomor WA baru ini, karena semua kontak yang menyimpan Nomor WhatsApp lama kamu bakal mendapatkan pemberitahuan scara otomatis.

Apa Yang Terjadi Setelah Mengganti Nomor WhatsApp?

Bagi sebagian orang, mengganti nomor WhatsApp mungkin sedikit takut kehilangan data ataupun history chat. Sebenarnya, kamu tidak perlu cemas soal itu, berikut ini detail penjelasan terkait penggantin nomor WhatsApp.

  • Jika kamu mengganti nomor yang terjadi di Group yang kamu ikuti adalah akan muncul notifikasi di Group terkait penggantin nomor WA, dan kamu tidak keluar dari Group.
  • Penggantian Nomor WhatsApp tidak mempengarhui kedudukan kamu dalam sebuah group, misalnya kamu adalah admin (dengan nomor WA lama), maka kamu tetap akan menjadi group tersebut dan masih berstatus sebagai admin.
  • Kontak WhatsApp yang mengirim pesan ke nomor WA kamu yang lama tidak akan terkirim, namun biasanya akan memberikan notifikasi terkait penggantian nomor WhatsApp yang baru. Namun, memberitahukan secara manual tentang penggantian nomor WhatsApp akan lebih baik.
  • Penggantin nomor WhatsApp tidak akan mempengaruhi data kontak, karena biasanya data kontak akan tersimpan di kotan ponsel atau kontak email.
Warta Menarik:   Program Aplikasi: Solusi Cerdas untuk Berbagai Kebutuhan Bisnis

FAQ Seputar Penggantian Nomor WhatsApp

Berikut ini pertanyaan seputar kasus penggantin nomor Whatsapp yang perlu kamu ketahui.

1. Apakah History Chat dan Foto Ikut Terhapus?

Mengganti nomor WhatsApp tanpa menghapus akun sudah tentu tidak mempengaruhi history Chat dan Foto atau Media di WhatsApp.

Data chat, Media baik foto, video dan Voice tidak akan terhapus karena tindakan mengganti nomor WA. Jadi kamu tidak perlu kawatir ya, tinggal cek aja di folder Whatsapp.

2. Apakah Saya Keluar Dari Group?

Tidak, Karena kamu tidak mengganti nomor WhatsApp dengan menghapus akun, Jadi Semua group yang kamu iktui akan tetap ada. Dalam percakapan group, maka akan muncul notifikasi tentang penggantian nomor Whatsapp saja.

Status kamu sebagai Admin juga tetap melekat, tidak akan berubah.

3. Apakah data kontak saya akan hilang?

Data kontak tidak disimpan di WhatsApp, melainkan disimpan pada perangkat Android yang kamu gunakan. Atau bisa juga disimpan pada akun Google, sehingga penggantian nomor Whatsapp tidak akan menghapus data kontak.

4. Apa orang lain bakal tahu jika saya telah mengganti nomor WA?

Orang yang bakal mendapatkan notifikasi adalah kontak yang menyimpan nomor kamu, mereka akan mendapat pemberitahuan. Dengan syarat, kamu sudah mengaktifkan opsi “Beri Tahu Kontak” pada saat proses ganti Nomor Whatsapp.

Namun, jika orang yang tidak menyimpan nomor WhatsApp kamu, maka tidak akan ada notifikasi dan kamu harus memberi tahu secara manual.

Penutup

Cara mengganti Nomor WhatsApp tanpa hapus akun mudah dilakukan dan nyatanya aman tanpa kehilangan data chat, group, video, foto dan semua media yang ada di WhatsApp.

Penggantian nomor WhatsApp lama dengan Nomor WA baru memang mengakibatkan perubahan pada WhatsApp, yaitu akan memindahkan informasi akun, group, history chat, dan lain-lain ke Nomor WhatsApp yang baru.

Beitulah cara mengganti nomor WhatsApp Tanpa Hapus Akun baik di Android dan iOS. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan kamu. Ikuti terus wartalova.com untuk unpdate tips menarik lainnya.

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK