Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen Tanpa Aplikasi

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian di mana foto penting yang ada di ponsel atau laptop Anda terhapus secara tidak sengaja. Hal ini tentu saja sangat menjengkelkan, apalagi jika foto tersebut tidak terdapat backup. Namun, jangan khawatir, karena sekarang ada cara mengembalikan foto yang terhapus permanen tanpa aplikasi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba.

1. Cek Folder Trash

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa folder Trash atau Recycle Bin pada perangkat Anda. Kadang-kadang, foto yang terhapus secara tidak sengaja akan masuk ke dalam folder ini. Jika foto yang Anda cari terdapat di dalam folder Trash, Anda hanya perlu mengklik kanan pada foto tersebut dan memilih opsi Restore atau Kembalikan. Foto tersebut akan kembali ke folder awalnya.

2. Gunakan Google Photos

Google Photos adalah aplikasi penyimpanan foto online yang bisa digunakan untuk menyimpan foto secara otomatis pada akun Google Anda. Jika Anda pernah mengaktifkan fitur back up & sync pada aplikasi ini, maka foto yang terhapus dari perangkat Anda akan tetap tersimpan di Google Photos. Anda hanya perlu membuka aplikasi ini dan mencari foto yang hilang di dalam album Google Photos Anda.

3. Gunakan Command Prompt

Jika Anda menggunakan laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows, maka Anda bisa mencoba cara mengembalikan foto yang terhapus permanen tanpa aplikasi dengan menggunakan Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketik cmd dan tekan Enter.
  2. Ketik chkdsk D: /f dan tekan Enter (ganti D dengan huruf drive yang Anda gunakan untuk menyimpan foto).
  3. Tunggu proses scanning selesai.
  4. Ketik attrib -h -r -s /s /d D:*.* (ganti D dengan huruf drive yang Anda gunakan untuk menyimpan foto).
  5. Tunggu proses selesai.
  6. Cari folder bernama lost.dir di dalam drive Anda.
  7. Buka folder tersebut, dan cari foto yang hilang di dalamnya.
Warta Menarik:   Download Aplikasi Play Store: Semua yang Perlu Anda Ketahui

4. Gunakan Command Prompt pada Mac

Jika Anda menggunakan laptop atau komputer dengan sistem operasi Mac, maka Anda bisa mencoba cara mengembalikan foto yang terhapus permanen tanpa aplikasi dengan menggunakan Terminal. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Terminal dengan cara membuka Finder, lalu masuk ke Applications > Utilities > Terminal.
  2. Ketik cd ~/.Trash dan tekan Enter.
  3. Ketik ls -a dan tekan Enter.
  4. Cari foto yang hilang di dalam daftar file yang muncul.
  5. Ketik mv filename.jpg ~/Desktop (ganti filename.jpg dengan nama file foto yang ingin Anda kembalikan).
  6. Foto tersebut akan dipindahkan ke desktop Anda.

5. Gunakan Perangkat Lunak Recovery

Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka Anda bisa menggunakan perangkat lunak recovery untuk mengembalikan foto yang terhapus permanen. Ada banyak perangkat lunak recovery yang tersedia di internet, beberapa di antaranya adalah Recuva, EaseUS Data Recovery, Stellar Data Recovery, dan MiniTool Power Data Recovery. Unduh dan instal salah satu perangkat lunak tersebut, lalu ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengembalikan foto yang hilang.

6. Backup Secara Berkala

Seperti yang dikatakan sebelumnya, cara terbaik untuk menghindari kejadian foto terhapus permanen adalah dengan melakukan backup secara berkala. Anda bisa menggunakan layanan penyimpanan online seperti Google Photos, Dropbox, atau iCloud untuk menyimpan foto Anda secara otomatis, atau menggunakan perangkat lunak backup seperti Acronis True Image atau EaseUS Todo Backup.

FAQ

1. Apakah semua foto yang terhapus bisa dikembalikan?

Tidak semua foto yang terhapus bisa dikembalikan, terutama jika sudah terhapus secara permanen. Namun, dengan menggunakan perangkat lunak recovery, Anda masih memiliki peluang untuk mengembalikan foto tersebut.

2. Apakah perangkat lunak recovery aman digunakan?

Ya, perangkat lunak recovery yang terpercaya aman digunakan. Namun, pastikan Anda mengunduh perangkat lunak dari situs resmi dan mengikuti petunjuk yang diberikan dengan seksama.

3. Apakah backup secara berkala memakan banyak ruang penyimpanan?

Tergantung pada jumlah foto dan kapasitas penyimpanan yang Anda gunakan. Namun, sekarang banyak layanan penyimpanan online yang menawarkan kapasitas penyimpanan yang besar dengan harga yang terjangkau.

4. Apakah ada cara untuk mengembalikan foto yang terhapus dari ponsel Android?

Ya, Anda bisa menggunakan Google Photos atau perangkat lunak recovery untuk mengembalikan foto yang terhapus dari ponsel Android.

5. Apakah ada cara untuk mengembalikan foto yang terhapus dari iPhone?

Ya, Anda bisa menggunakan iCloud atau perangkat lunak recovery untuk mengembalikan foto yang terhapus dari iPhone.

Warta Menarik:   Cara Mudah Unduh Aplikasi di Ponsel Anda

6. Apakah ada cara untuk mencegah foto terhapus secara permanen?

Ya, cara terbaik untuk mencegah foto terhapus permanen adalah dengan melakukan backup secara berkala.

7. Apakah semua aplikasi penyimpanan online bisa digunakan untuk backup foto?

Tidak semua aplikasi penyimpanan online bisa digunakan untuk backup foto. Pastikan Anda menggunakan layanan penyimpanan online yang memang dirancang khusus untuk menyimpan foto, seperti Google Photos atau iCloud.

8. Apakah perangkat lunak recovery gratis?

Tidak semua perangkat lunak recovery gratis. Namun, ada beberapa perangkat lunak recovery yang tersedia dalam versi gratis dengan fitur yang terbatas.

9. Apakah perangkat lunak recovery bisa digunakan untuk mengembalikan data selain foto?

Ya, perangkat lunak recovery bisa digunakan untuk mengembalikan data selain foto, seperti video, dokumen, atau file musik.

10. Apakah backup online aman?

Ya, backup online aman jika Anda menggunakan layanan penyimpanan online yang terpercaya dan memperhatikan keamanan akun Anda, seperti menggunakan password yang kuat dan tidak membocorkan informasi pribadi Anda.

Sekian artikel tentang cara mengembalikan foto yang terhapus permanen tanpa aplikasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah serupa. Jangan lupa untuk melakukan backup secara berkala agar tidak mengalami kejadian yang sama di kemudian hari. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan jangan lupa untuk mengikuti update terbaru dari Wartalova.com.

Wartalova.com

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK