Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Mengatasi Windows 10 Lambat Jadi Kencang

Wartalova.comCara Mengatasi Windows 10 Lambat – Jangan buru-buru menginstal ulang Windows 10 di netbook Anda yang lambat! Ada beberapa cara untuk menangani masalah ini. Anda pasti merasa tidak nyaman dan terganggu ketika netbook tiba-tiba menjadi lambat. Masalah ini sering dialami oleh netbook atau komputer yang telah di-upgrade ke Windows 10.

Situasi bekerja yang semula fokus dapat terganggu ketika harus menghadapi netbook yang loadingnya memakan waktu lama. Apakah Anda pernah mengalami hal yang sama?

Saat netbook melambat, tentunya yang diinginkan adalah agar kembali normal secepat mungkin. Banyak orang biasanya menginstal ulang Windows 10 di netbook meskipun memerlukan waktu berjam-jam, terlebih lagi jika harus memindahkan beberapa file penting. Tapi tunggu dulu!

Sebenarnya, Anda tidak perlu terburu-buru memasang ulang netbook Anda karena tidak selalu dibutuhkan. Ada cara-cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah Windows 10 yang lambat di netbook Anda.

Sebelum memutuskan untuk menginstal ulang netbook atau komputer Anda, coba panduan di bawah ini terlebih dahulu!

1. Update Driver Graphic

Netbook atau computer yang lambat bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan, terutama setelah melakukan upgrade ke Windows 10. Salah satu penyebabnya adalah driver graphic yang belum diperbarui. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa driver graphic pada perangkat Anda sudah diperbarui agar dapat menghindari masalah tersebut.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memperbarui driver graphic pada netbook atau computer Anda:

  1. Buka “File Explorer” dan klik kanan pada “This PC”.
  2. Pilih “Properties” dan pilih “Piranti Manajer”.
  3. Pada menu Piranti Manajer, klik tanda panah ke kanan pada “Display Adapter”.
  4. Klik kanan pada adaptor grafis yang digunakan dan pilih “Update driver”.
  5. Pilih “Search automatically for update software driver” dan tunggu sampai proses pengolahan selesai.
  6. Pastikan bahwa netbook atau computer Anda terhubung dengan koneksi internet yang stabil dan cepat.
  7. Setelah driver graphic berhasil diperbarui, klik “Close”.

Jika setelah melakukan update driver graphic dan netbook atau computer masih terasa lambat atau lag, maka Anda bisa mencoba cara lain untuk meningkatkan kinerja perangkat Anda.

Dengan memperbarui driver graphic, Anda dapat memperbaiki masalah yang terkait dengan kinerja netbook atau computer Anda dan membuatnya lebih lancar. Pastikan Anda selalu memperbarui driver graphic secara teratur agar perangkat Anda selalu dalam kondisi optimal dan tidak terlalu banyak mengalami masalah teknis yang mengganggu.

Warta Menarik:   Cetak Stiker Terdekat: Solusi untuk Kebutuhan Percetakan Anda

2. Hapus File Sampah (Tidak Terpakai) di Netbook/Computer

Seterusnya Anda dapat meniadakan file-file sampah yang berada di computer/netbook Anda bila sesudah versus driver graphic telah terupdate tetapi computer masih lamban.

File-file sampah ini umumnya terselinap dan tidak teridentifikasi kehadirannya. Ada banyak step dalam meniadakan file-file sampah yang berada di netbook/computer, yaitu :

1. Hapus File Sampah Pada Folder Prefecth

Untungnya, menghapus file sampah pada folder Prefetch sangatlah mudah. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard Anda untuk membuka jendela Run.
  2. Ketikkan “prefetch” pada kolom dan klik “OK”.
  3. Jika muncul peringatan seperti di bawah ini, klik “Continue”.

Hapus File Sampah Pada Folder Prefecth

  1. Anda akan melihat banyak file dan folder pada folder Prefetch. File-file tersebut adalah file sampah yang dihasilkan oleh proses dari program yang telah berjalan.
  2. Untuk menghapus semua file sampah tersebut, pertama-tama klik tombol Ctrl+A untuk memilih semua file, lalu klik kanan dan pilih “Delete”.
  3. Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai.
  4. Jika muncul peringatan seperti di bawah ini, Anda dapat mencentang “Do this for all current items” dan klik “Skip”.

Peringatan Hapus File Sampah di prefetch Klik Skip

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menghapus file sampah pada folder Prefetch. Dengan demikian, netbook atau komputer Anda akan berjalan lebih lancar dan lebih cepat. Jangan lupa untuk melakukan hal ini secara berkala untuk menjaga kinerja sistem Anda tetap optimal.

2. Cara Menghapus File Sampah pada Folder %temp%

Anda mungkin pernah merasa kebingungan saat ingin membersihkan file sampah pada komputer Anda. Salah satu folder yang paling sering menyimpan file sampah adalah folder %temp%. Berikut adalah cara mudah untuk menghapus file sampah pada folder %temp% di Windows.

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard Anda untuk membuka jendela “Run”.
  2. Ketikkan %temp% pada kolom yang tersedia, kemudian tekan tombol Enter.
  3. Anda akan langsung dialihkan ke folder %temp% yang berisi berbagai file sampah yang tidak digunakan oleh sistem atau program.
  4. Pilih semua file sampah di dalam folder %temp% dengan menekan tombol “Ctrl + A”.
  5. Klik kanan dan pilih “Delete” untuk menghapus file sampah secara permanen.
  6. Tunggu hingga proses penghapusan selesai.

File sampah pada folder %temp% biasanya dihasilkan oleh beberapa program yang pernah Anda jalankan tetapi tidak digunakan lagi.

3. Hapus File Sampah di Folder TEMP

Ketika kita menggunakan komputer, beberapa file sementara atau file sampah seringkali muncul dan terbentuk di folder TEMP. File-file ini dapat mengganggu kinerja komputer dan memperlambat proses log in. Oleh karena itu, penting untuk secara teratur membersihkan folder TEMP untuk menjaga kinerja komputer tetap optimal. Berikut adalah cara mudah membersihkan file sampah di folder TEMP pada Windows.

  1. Pencet Windows + Tombol R pada keyboard Anda untuk membuka jendela Run.
  2. Ketikkan “TEMP” pada kolom (huruf besar semua) lalu klik OK.
  3. Setelah itu, Anda akan menemukan berbagai macam file/folder sampah yang tidak digunakan dan dapat memperlambat proses log in komputer. Klik crtl A untuk memilih semua file, klik kanan, dan pilih “Delete”.
  4. Selanjutnya, klik “File Explorer”, tentukan “This PC”, klik kanan “OS : C/ local disk C”, dan pilih “Properties”.
  5. Pilih tombol “Disk clean up” seperti pada gambar di bawah.
  6. Tunggu sejenak hingga sistem menghitung file sampah yang dapat dihapus.
  7. Centang file-file yang berbobot memori (bukan yang 0 kb). Jika komputer Anda jarang dibersihkan, jumlah file sampah yang dapat dihapus mungkin mencapai beberapa gigabyte.
  8. Klik OK dan pilih “Delete File”.
  9. Tunggu sejenak, sementara penghapusan sedang berlangsung, lalu klik OK untuk menyelesaikan proses.
Warta Menarik:   Corndog Terdekat - Nikmati Sensasi Gurih Dalam Gigitan

Dengan mengikuti langkah-langkah ini secara teratur, Anda dapat membersihkan file sampah di folder TEMP dan meningkatkan kinerja komputer Anda.

4. Hapus File Sampah yang Berada di Folder “Software distribution”

Dalam panduan ini, saya akan membahas cara menghapus file sampah yang berada di folder “Software distribution” pada sistem operasi Windows 10. Prosedur ini berguna untuk mengoptimalkan kinerja komputer Anda dengan membersihkan file yang tidak digunakan lagi dan membebaskan ruang penyimpanan.

  1. Masuk kembali ke “File Explorer”
  2. Click local disk C (tempat windows 10 di instal)
  3. Pilih folder “Windows”
  4. Click folder “Software distribution” > click folder “Unduh”
  5. Anda akan mendapati beberapa file/folder didalamnya. Hapus semua file didalamnya karena file-file itu sebagai file-file sampah yang tidak dipakai kembali dengan mendesak ctrl A pad keyboard > click kanan > lalu tentukan “Delete”

5. Membersihkan Recycle Bin

Masuk ke Recycle Bin lalu click kanan > tentukan “Empty this recycle bin” > tentukan yes > continue. Untuk menghapus recycle bin juga bisa dengan click ctrl + huruf A lalu click kanan > dan click “Delete”.

Yakinkan file-file sampah terselinap di netbook/ computer Anda telah terhapus semua hingga Anda dapat nikmati perform yang bisa lebih cepat dari netbook/PC Anda.

Performance Setting

Langkah yang ke-3 yang dapat Anda dapat kerjakan dengan lakukan seting pada “Performance Setting”. Ini ialah cara supaya kinerjance dari netbook/ computer Anda yang memakai Windows 10 dapat semakin baik. Anda dapat lakukan beberapa langkah di bawah ini!

  1. Click “File Explorer”
  2. Click kanan pada “This PC” > Tentukan “Properties”
  3. Tentukan “Advanced sistem seting” lalu click “Seting”
  4. Anda akan masuk di menu “Performnce Pilihan”, tukar opsi “Let Windows choose what’s the best for my komputer” jadi “Adjust for the best performnce”
  5. Lalu click “Apply > click OK

Panduan Untuk Membenahi Penampilan Netbook atau Computer

Dengan pilih “Adjust for the best performnce”, penampilan windows 10 kemungkinan sedikit kurang memikat baik dari sisi font atau ikon gambar.

Tetapi perform netbook akan berasa bisa lebih cepat saat Anda buka satu file atau program. Supaya penampilan dari windows 10 dapat semakin baik dari sisi performanya Anda dapat mengikut panduan berikut!

1. Langkah Membenahi Penampilan Font pada Folder Laptrop/ Computer

  • Click pada menu “Search” dan tuliskan “clear”
  • Tentukan “Adjust clear tipe teks”
  • Contreng sisi “Turn on clear tipe”, lalu click “Next” sama dalam gambar di bawah
  • Lanjutkan mengeklik “Next”, sampai berjumpa dengan tombol “Finis”
Warta Menarik:   Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel untuk Mengetahui Sisa Kuota yang Tersisa

 

2. Langkah Membenahi Penampilan Ikon Gambar pada File Gambar

Penampilan ikon gambar di netbook/ computer yang sudah dilakukan langkah-langkah untuk tingkatkan perform akan berbeda. Kita jadi tidak dapat menyaksikan preview gambar walau sudah men-setting menu view jadi “Ekstra large ikon” sama dalam gambar di bawah ini.

Anda kemungkinan kesusahan ambil gambar saat di butuhkan karena harus membukanya lebih dulu.

Lalu bagaimanakah cara supaya preview gambar dapat kelihatan tetapi tidak turunkan perform netbook/computer Anda? Karena itu, Anda dapat coba lakukan beberapa langkahdi bawah ini!

  • Click menu “View” > click menu “Pilihan” sama dalam gambar di bawah ini
  • Click “Change folder and search pilihan”
  • Kemudian click kembali “View”
  • Click “Restore Standar”
  • Click “Apply” > OK

Nach saat ini penampilan ikon gambar yang saat sebelum tidak terliha, sekarang dapat kelihatan previewnya saat kita tentukan pilihan “Large ikon” atau “Ekstra large ikon” dalam menu view.

Penutup

Nach itu cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk menangani Windows 10 yang lelet di netbook atau computer. Rupanya tidak susah kan? Daripada langsung memasang ulangi netbook atau PC, mengapa tidak coba beberapa cara sederhana di atas? Mudah-mudahan beberapa tips di atas berguna, dan selamat cobanya.

 

Kamu Perlu Baca Juga : Cara Mematikan Update Windows 10

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK