Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Mengatasi Trauma dan Menyembuhkannya

Setelah mengalami pengalaman yang mengganggu, seseorang mungkin memerlukan waktu untuk pemulihan. Walaupun begitu, terdapat beragam metode yang dapat membantu dalam penyembuhan trauma.

Salah satu contoh dari pengalaman traumatis adalah kehilangan seseorang, kecelakaan, pelecehan, atau masalah dalam hubungan. Bagaimanakah cara untuk mengatasi trauma?
7 Langkah Efektif Mengatasi Trauma

Trauma adalah tanggapan tubuh dan pikiran terhadap kejadian yang mengganggu. Terdapat beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengatasi trauma:

1. Menerima Dukungan dalam Penyembuhan Trauma

Salah satu langkah awal dalam mengatasi trauma adalah memiliki keinginan untuk pulih dan menerima bantuan serta dukungan dari individu lainnya. Menurut saran dari Very Well Health, individu yang mengalami trauma dapat mencari dukungan dari lingkaran terdekat seperti keluarga, teman, atau profesional kesehatan mental. Penting untuk memiliki keyakinan bahwa ada orang-orang yang siap membantu serta bersedia menerima bantuan yang ditawarkan.

2. Merawat Diri Sendiri

Menjaga diri adalah langkah penting untuk menempatkan kebutuhan diri sebagai prioritas utama dan memusatkan perhatian pada proses pemulihan dari trauma. Sesuai dengan penjelasan dari Choosing Therapy, cara merawat diri bervariasi bagi setiap individu, namun intinya adalah memenuhi kebutuhan dan keinginan pribadi. Misalnya, perawatan emosional dapat meliputi kegiatan seperti mendengarkan musik, menonton film, memanjakan diri dengan pijat, atau menikmati makanan favorit.

3. Menitikberatkan Kesehatan Jasmani

Saat mengalami trauma, penting bagi seseorang untuk memberikan perhatian khusus pada kesehatan mentalnya. Namun, jangan melupakan pentingnya menjaga kesehatan fisik, karena kondisi fisik dapat berdampak besar pada kesejahteraan mental.

Untuk meningkatkan kesehatan fisik, individu dapat memperhatikan pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi, rajin berolahraga, dan memastikan tidur yang cukup dan berkualitas.

4. Menulis Jurnal

Mencatat dalam jurnal adalah salah satu metode umum untuk mengurangi stres, yang pada gilirannya dapat mendukung proses penyembuhan dari trauma. Jika tidak lebih, menulis jurnal memberikan kesempatan untuk merenungkan perasaan pribadi.

Aktivitas membuat jurnal dapat membantu mengenali faktor pemicu trauma dan juga dapat berfungsi sebagai bentuk refleksi atas peristiwa harian.

5. Beristirahat

Saat mengalami proses penyembuhan dari trauma, seseorang mungkin merasa lebih lelah dari biasanya. Mungkin tubuh terasa lelah, tetapi pikiran tidak dapat berfungsi secara optimal. Ini disebabkan oleh fakta bahwa penyembuhan trauma membutuhkan banyak energi.

Warta Menarik:   Cara Cek Pulsa Telkomsel yang Mudah dan Cepat

Oleh karena itu, salah satu langkah terbaik untuk mengatasi kurangnya energi, baik secara fisik maupun mental, adalah dengan beristirahat. Menghentikan sejenak aktivitas, termasuk hal-hal yang menyenangkan, dapat memberikan waktu untuk merestorasi energi dan mencegah kelelahan yang berlebihan.

6. Eksplorasi Pengalaman Baru yang Menyenangkan

Ketika menghadapi trauma, seseorang sering kali terperangkap dalam siklus emosi negatif seperti kesedihan, kecemasan, atau rasa malu. Oleh karena itu, keluar dari zona nyaman dan mencoba aktivitas yang menyenangkan dapat menjadi langkah yang efektif dalam proses penyembuhan dari trauma.

Misalnya, mengunjungi tempat baru, mencoba hal-hal baru, atau menikmati makanan yang belum pernah dicoba bersama orang yang dicintai dapat menjadi solusi untuk mengatasi trauma. Pengalaman positif tersebut dapat menjadi pengalih perhatian dari stres dan membuka pandangan baru terhadap kehidupan.

7. Menyikapi Penyembuhan dengan Kesabaran

Untuk mencapai kesembuhan dari trauma, penting untuk tidak terburu-buru atau mengabaikan proses penyembuhan. Karena proses penyembuhan memerlukan waktu dan kesabaran. Oleh karena itu, dibutuhkan sikap pengertian dan kesabaran dari individu sendiri serta orang-orang yang berperan penting dalam kehidupannya.

Itulah 7 langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi trauma yang dapat mengganggu kesehatan mental seseorang. Jika Anda mengalami trauma, sangatlah penting untuk tidak ragu untuk berkonsultasi dengan seorang terapis yang dapat membantu dalam proses kesembuhan Anda. Semoga informasi ini membantu Anda dalam memperoleh pemulihan yang lebih baik!

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK