Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris (Hitam, Putih, Pink dan Hijau)

Wartalova.com – Pernah mengalami tiba-tiba layar laptop bergaris? Menyedihkan memang lagi fokus bekerja tiba-tiba ada laptop bermasalah. Tenang, kamu sudah tepat membaca konten ini, karena ini membahas bagaimana cara mengatasi layar laptop bergaris hitam, putih, pink ataupun hijau.

Sudah barang tentu Layar adalah komponen hardware yang pernannya penting pada Laptop atuapun Komputer. Monitor berfungsi untuk menampilkan semua informasi yang di proses komponen VGA Card. Jika minitor tidak berfungsi, maka kamu tidak bisa menggunakan laptop atau komputer untuk bekerja dan beraktivitas lainnya. Terkecuali, jika kamu memanfaatkan perangkat keras lain, sebagai pengganti monitor yaitu proyektor.

Seperti diawal pembahasan, layar monitor yang tiba-tiba bermasalah bakalan menggantu semua aktivitas pekerjaan kamu. Itulah peranan penting yang dimiliki sebuah monitor. Jadi, jika terjadi masalah maka kamu pasti berusaha mencari solusi dan cara mengatasi layar laptop bergaris.

Banyak masalah yang bisa muncul pada layar monitor atau laptop, sebagai contoh munculnya garis pada layar, berkedip saat membuka aplikasi, atau layar menjadi blank putih. Apa yang menyebabkan semua masalah tersebut? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak pembahasan penyebab dan cara mengatasi layar laptop bergaris di Windows 10, 8, dan Windows 7 dibawah ini.

Penyebab layar laptop bergaris

Banyak dari pengguna Komputer yang menganggap bahwa penyebab layar monitor atau layar laptop bergaris adalah karena adanya permasalahan pada perangkat keras. Hal ini belum tentu benar 100 persen, karena kamu harus tahu bahwa permasalahan layar bergaris bukan karena perangkat keras semata, namun ada banyak kemungkinan yang terjadi, bisa dari maslah software atau ada kesahalan lainnya.

Apa saja yang mungkin menjadi penyebab layar laptop bergaris? Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab layar bergaris putih, hitam, pink ataupun hijau.

  • Kabel Fleksibel bermasalah – Kabel fleksibel merupakan kabel yang digunakan sebagai penghubung antara layar laptop dan komponen di matherborad. Maka, bisa jadi permasalahan pada kabel yang menyebabkan layar laptop bergaris. Apalagi laptop sering dibuka dan ditutup.
  • Sistem mengalami error – Masalah layar bergaris juga bisa disebabkan karena faktor sistem yang mengalami error. Hal ini salah satu penyebabnya adalah karena driver VGA sudah usang atau corrupt.
  • Pemasangan layar tidak presisi– Hal ini bisa saja terjadi karena pemasangan layar tidak presisi, sehingga ada bagian layar yang tidak tampil sempurna.
  • RAM tidak berfungsi – Jika ini menjadi penyebab layar laptop mengalami garis, maka yang harus kamu lakukan adalah memeriksa RAM, bisa saja ram sudah mati atau kotor. Bersihkan dengan menggunakan penghapus karet.

VGA Rusak – Komponen pada laptop dan komputer yang berhubungan langsung dengan Monitor adalah VGA Card. Jadi, jika VGA mengalami masalah secara otomatis akan berdampak pada layar, bisa blank putih, atau layar bergaris.

Layar laptop tertekan atau terbanting – Laptop dirancang untuk dibawa kemana-mana atau bekerja secara mobile. Sehingga rawan jatuh ataupun tertekan. Memang, sangat mudah untuk untuk dibawa dan minimalis, berbeda dengan komputer. Namun, Laptop memiliki resiko yang lebih besar, seperti tertindih benda berat dan terjatuh. Hal inilah yang bisa menyebabkan layar menjadi bergaris.

Mengalami benturan – Benturan atau goncangan yang keras menjadi salah salah satu penyebab layar laptop bergaris, memang hal ini tidak sengaja. Namun, jika sering di bawa mobile dengan sepeda motor terkadang terkena goncangan tanpa kita sadari yang menyebabkan layar laptop bergaris.

Cara mengatasi layar laptop bergaris

Setelah kamu mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab layar laptop bergaris putih, hitam, pink ataupun hijau diatas, maka kamu bisa mendiagnosa penyebab mana yang membuat layar laptop kamu bergaris. Apakah ada permasalahan software atau ada kerusakan hardware yang membua layar bergaris?

Nah, jika kamu bisa mendiagnosa penyebabnya apa, maka kamu bisa membaca beberapa solusi mengatasi layar laptop bergaris dibawah ini.

1. Restart laptop Anda

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar bergaris adalah dengan mencoba melakukan restart laptop. Kok pake restart? Ini jika masalah yang ditimbulkan karena adanya kegagalan atau sistem error. Seperti adanya service pada sistem yang tidak berjalan semestinya (error). Sehingg agar sistem bisa berjalan dengan normal, maka perlu dilakukan restart.

Hal ini memang sering terjadi, apalagi laptopnya memiliki banyak program dan aplikasi game. Namun kamu harus memperhatikan, bahwa solusi ini hanya berlaku ketika masalah layar bergaris disebabkan karena adaya service sistem yang tidak berjalan atau crash.

2. Update driver Display Adapters

Driver Display Adapter merupakan hal penting untuk membuat tampilan dilayar monitor, apabila ada kendala maka sudah pasti bermasalah pula pada tampilan layar. Driver yang, corrupt atau tidak terinstall dengan baik, usang dan meminta update bisa saja menjadi penyebab layar bergaris. Nah, agar bisa memastikan apakah driver bermasalah atau tidak, silahkan periksa driver display adapter dengan cara berikut ini:

  • Silahkan buka start Menu Windows -> Pilih Device Manger.
  • Setelah masuk ke Device Manager >> Klik pada bagian driver display
  • Akan muncul driver display adapter yang kamu gunakan >> Klik kanan dan pilih Update Driver.
  • Pilih Search automatically for Drivers. Pastikan laptop kamu terhubung ke internet.
  • Maka sistem akan mencari update driver secara otomatis dan online, driver akan di install otomatis.
  • Silahkan close jika sudah updat selesai.
  • Kemudian, kamu bisa merestart laptop untuk memberikan efek installasi driver baru.

Itu cara untuk update driver secara manual, untuk mempermudah driver apa saja yang perlu di update, kamu bisa menggunakan bantuan Tools Software Pencari Driver Online atau download langsung dari situs resmi laptop kamu

3. Coba Ganti kabel fleksibel baru

Solusi lainnya adalah dengan mengganti kabel fleksibel yang baru. Sebagain orang mungkin bingung apa itu kabel fleksibel? Ini merupakan kabel yang menghubungkan antara layar laptop dengan komponen di motherboard. Hal ini untuk mengatasi layar laptop kamu yang bergaris karena adanya masalah pada kabel fleksibel, sehingga setelah diganti yang baru diharapkan layar kamu bisa kembali normal.

Apa yang menyebabkan kabel fleksibel rusak? Ini bisa saja terjadi karena laptop sering buka tutup layar. Apalagi kondisi sering buka tutup layar ini sudah berlangsung dalam waktu yang lama, dan faktor usia laptop juga mempengarhui hal ini.

Kamu perlu tahu, bahwa mengganti kabel fleksibel cukup sulit, butuh keahlian khusus. Sehingga wartalova.com menyarankan kamu untuk meminta bantuan kepada tukang service laptop.

4. Periksa VGA dan RAM laptop

Perisak VGA dan RAM Laptop jika masalah layar bergaris kamu belum menemui titik terang. Coba cek bagaimana kondisi VGA dan RAM laptop kamu. RAM dan VGA merupakan komponen yang berkaitan erat dengan monitor. Jika ada kendalam di kedua komponen tersebut, misal RAM kotor dan berdebu, maka cobalah untuk membersihkan bagian yang berwarna kuning dengan karet penghapus pensil.

Lebih jelasnya berikut langkah-langkah membersihkan RAM dan VGA:

Pertama cobalah periksa RAM. Buna cover belakang laptop, biasanya ada yang diberi tanda icon RAM. Cobalah untuk melapas RAM dengan mengungkit pengamannya, lalu dicabut. Bersihkan RAM dengan penghapus pensil dan silahkan pasang kembali.

Kedua, silahkan periksa bagian VGA Laptop. Jika VGA tidak bisa dilepas, maka cukup kamu bersihkan pada bagian pin dan body dengan menggunakan kuas atau penghapus pensil.

Setelah keduanya selesai, kamu bisa menutup kembali cover belakang laptop dan menghidupkan kembali. Periksa apakah layar laptop sudah tidak bergaris lagi?

5. Jalankan aplikasi Pixel Repair

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan aplikasi aplikasi Pixel Repair, yaitu aplikasi untuk memperbaiki pixel atau layar laptop bergaris. Aplikasi ini dapat memperbaiki pixel yang rusak. Banyak penyebab kerusakan pada pixel atau layar bergaris seperti terkenan tekanan, tertindih dan lain-lain.

Berikut ini ini langkah-langkah menggunakan Pixel Repiar: https://softfamous.com/pixelrepairer/

  • Pertama silahkan download aplikasi Pixel Repair. Extract file dan silahkan langsung di install.
  • Setelah install selesai, silahkan buka aplikasi Pixel Repair. Kemudian pilih menu Search >> klik Enable untuk memulai. Jangan terkejut, karena pada saat memeriksa pixel pada layar laptop atau komputer akan berubah warna menjadi biru. Periksa warna pada layar laptop, apakah ada warna yang lain? Jika ada warna lain, berarti ada pixel yang mati. Setelah selesai memeriksa layar, silahkan keluar dengan menekan tombol ESC pada keyboard.
  • Setelah itu, kamu bisa membuka menu Repair >> Klik Menu Add. Berikutnya akan muncul window yang memberikan keterangan area perbaikan layar.
  • Lalu silahkan Drak gotak tersebut ke lokasi dimana terdapat Dead Pixel atau layar bergaris. Ulangi sampai area yang bergaris atau dead pixel tertutup semua.
  • Silahkan tunggu beberawa saat kurang lebih 3-6 menit, tergantung banyaknya area yang diperbaiki. Setelah proses perbaikan dead pixel selesai, kamu bisa klik DELETE pda kotak teresbut.
  • Setelah selesai, silahkan close aplikasi Pixel repair dengan menakan tombol ESC dan restart Laptop kamu untuk melihat efeknya.

6. Mengganti layar Laptop

Langkah ini bisa kamu lakukan jika kerusakan pada layar laptop kamu parah, seperti banyak garis-garis, atau mati separuh. Maka kemungkinan besar, memang layar laptop kamu sudah rusak dan tidak mungkin di repair lagi. Penyebab Layar yang mati separuh, atau terlalu banyak garis cukup komplek, bisa saja karena jatuh terlalu keras, tertekan benda berat dan memang karena usia laptop yang sudah tua.

Jika kondisi layar laptop kamu sudah seperti diatas, maka solusi mengatasinya yang terbaik adalah dengan mengganti layar laptop dengan yang baru.

Untuk mengganti layar laptop caranya cukup sulit, keculai kamu sudah profesional dalam memperbaiki laptop. Untuk yang masih awam, sebaiknya diserahkan kepada ahlinya yang berpengalaman agar tidak menimbulkan kerusakan pada layar yang baru.

7. Datang ke tempat service

Dari ke-enam cara mengatasi layar laptop bergaris diatas belum membuahkan hasil, maka solusi terbaik yang bisa kalu lakukan adalah datang ke service laptop.

Permasalahan yang serius sebaiknya memang ditangani orang sudah ahli dibidangnya, seperti kerusakan pada layar leptop, maka ke service laptop jadi solusi terbaik. Namun, kamu juga harus memastikan tempat yang kamu tuju memiliki reputasi yang baik.

Cari review di Google Map tentang service Laptop yang ingin kamu tuju, apakah memberikan pelayanan profesional dan handal atau banyak mengecewakan pelanggannya. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti laptop makin bertambah rusak, ataupun ada komponen laptop yang ditukar, biaya terlalu mahal dibandingkan dengan harga laptop, dan hal lain yang bisa membuat kamu rugi.

Penutup

Permasalan pada laptop yang salah satunya layar bergaris memang membuat tidak nyaman dalam bekerja. Apalagi buat nonton film kesayangan kamu, menggangu bukan?

Jika hanya bergaris kecil saja, mungkin masih bisa untuk bekerja. Namun, jika kerusakan pada layar sampai menutup sebagian besar layar, maka membuat kamu tidak bisa bekerja.

Hal tersebut biasanya terjadi karena kesalahan pengguna, seperti laptop terbentur dengan keras, tertindih barang yang berat, dan lain-lain. Memelihara laptop harus hati-hati, karena kesalahan seperti diatas bisa menyebabkan kerusakan yang parah.

Nah, itulah beberapa kemungkinan penyebab layar laptop bergaris dan cara memperbaiki layar laptop bergaris hitam, putih, biru dan pink.

Jika kamu mengalami hal yang sama, kamu bisa mencoba beberapa solusi yang sudah wartalova.com tulis runtut diatas.

FAQ Seputar Masalah pada Layar Laptop

Apa penyebab layar laptop bergaris?

Kerusakan layar bergaris pada laptop sering terjadi disebabkan adanya kerusakan pada part hardware. Misalnya, komponen ada yang rusak karena terjatuh, layar terkena benturan, atau karena kabel fleksibel yang rusak.

Layar laptop bergaris apakah aman digunakan?

Layar laptop yang bergaris aman digunakan, agar tidak memperparah garis pada layar, sebaiknya laptop tidak bepergian. Namun, jika kondisi layar bergarisnya membuat mata silau, atau terlalu banyak pixel yang mati, sebaiknya di ganti terlebih layarnya.

Apa itu kabel Fleksibel?

Kabel fleksibel adalah kabel elastis yang digunakan laptop untuk menghubungkan layar laptop dengan komponen yang ada di mainboard. Sehingga layar bisa menampilkan data dan gambar dari VGA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *