Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Mengatasi HP Bootloop Mudah Tanpa Harus ke Konter Untuk Semua Merk

Wartalova.comCara mengatasi HP Bootloop merupakan suatu hal yang dirasa penting dalam pembahasaan kali ini. Bagi seorang pengguna smartphone berbasis Android, tentu sudah tidak asing dengan istilah yang bernama Bootloop.

Dikatakan demikian karena Bootloop biasa terjadi pada smartphone yang berbasis Android. Secara umum, Bootloop sendiri merupakan suatu proses booting yang terjadi secara berulang kali.

Karena sebetulnya cara mengatasinya sudah tersedia di internet. Mencari informasi terkait dan mencobanya sendiri di rumah merupakan langkah yang paling tepat dalam hal ini. Karena kerusakan ini masih bisa diatasi meski tidak oleh ahlinya.

Apa itu Bootloop?

Permalahan ini biasanya terjadi setelah HP digunakan dalam jangka waktu yang lama. Apa itu Bootloop? Bootloop merupakan kejadian proses booting pada HP atau Rebooting yang terus berulang, sehingga HP tidak akan masuk ke sistem secara sempurna.

Jadi, dengan terjadinya Bootloop, HP akan terus menerus melakukan booting tanpa henti dan tidak masuk ke sistem operasinya bisa Android atau iOS.

Seperti Ini Cara Mengatasi HP Bootloop Paling Mudah

Cara Mengatasi HP Bootloop Mudah Tanpa Harus ke Konter Untuk Semua Merk

Permasalahan ini biasanya muncul diawali dengan perangkat akan kembali mengulang proses booting dengan memunculkan logo Android atau pengembangan sebelum perangkat tersebut masuk ke dalam sebuah sistem.

Secara sederhananya, kamu hanya akan menjumpai perangkat yang menampilkan logo secara terus-menerus tanpa masuk pada sebuah sistem utama. Gejala tersebut dapat diidentifikasi sebagai Bootloop. Cara mengatasi HP Bootloop tentu adalah solusi terbaiknya.

Dari pembahasaan di atas, dapat disimpulkan jika Bootloop merupakan masalah yang akan sering ditemui oleh para pengguna smartphone berbasis Android. Atau istilah yang sering didengar adalah “mentok di logo”.

Jika permasalahan ini menimpa kamu, tidak usah memberikan respon berlebihan dan terlalu panik. Tenang, jangan terburu-buru untuk membawa smartphone ke tempat servis HP yang sudah jelas akan mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar jasanya.

Secara tingkat kerusakan, Bootloop terbagi menjadi dua macam. Yang pertama adalah Bootloop Light atau Bootloop ringan, biasanya fenomena ini hanya bersifat sementara dan akan kembali pada kondisi semula.

Warta Menarik:   Berikut 5 Aplikasi Penghasil HP, ada Android dan Iphone

Sedangkan yang kedua adalah Bootloop Hard atau parah. Fase ini terjadi ditandai dengan kegagalan masuk ke sistem secara permanen walau sudah dicoba berulang kali.

Sebelum mengetahui cara mengatasi HP Bootloop. Pahami terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab HP tersebut bisa Bootloop. Secara umum ada empat penyebab yang membuat perangkat ponsel mengalami Bootloop.

Yang pertama yaitu flashing custom ROM. Yaitu firmware berbasis sistem operasi Android yang telah mengalami modifikasi oleh seseorang dengan tujuan agar dapat memberikan performa yang jauh lebih baik dari firmware bawaan pabrik.

Selain itu ada juga yang dikarenakan menginstal MOD. Yaitu aplikasi tiruan yang hampir serupa dengan aplikasi asli dengan tujuan memiliki tingkat relevansi lebih baik dari aplikasi bawaan pabrik.

Dua penyebab lain terjadi Bootloop adalah restore system backup dan pengaturan permission salah. Jika restore system backup biasanya disebabkan oleh jumlah cache yang terlalu banyak karena jarang dibersihkan.

Sedangkan pengaturan permission salah adalah hal yang terkadang tidak pernah diwaspadai namun memiliki dampak sebagi penyebab terjadinya Bootloop.

Melihat pembahasan di atas, nampaknya pengetahuan perihal cara mengatasi HP Bootloop tentu sangat dibutuhkan. mengingat kejadian seperti itu bisa saja menimpa diri atau rekan. Untuk itu, berikut penjelasannya.

1. Restart HP

Untuk mengatasi permasalahan klasik yang sering terjadi pada smartphone terutama yang berbasis Android. Tenang saja, caranya tidak serumit seperti yang dibayangkan sebelum membaca tulisan ini.

Cara mengatasi HP Bootloop yang pertama yaitu dengan melakukan restart HP tersebut. Ini merupakan cara paling sederhana yang bisa dilakukan. Matikan HP dan keluarkan baterainya. Jika HP menggunakan baterai tanam, diamkan hingga mati dan tunggu selama 5 menit.

Setelah hal di atas dilakukan, lalu hidupkan kembali perangkat smartphone untuk melihat apakah masalah Bootloop telah terselesaikan. Terkadang hanya perlu soft reset cepat untuk menghilangkan bug dari proses startup.

Namun yang perlu di garis bawahi, Cara mengatasi HP Bootloop ini hanya berlaku untuk perangkat yang mengalami Bootloop ringan atau light. Tentu hasilnya akan berbeda ketika cara ini digunakan untuk HP yang Bootloop permanen.

2. Wipe Cache Partition

Wipe cache partition merupakan cara selanjutnya untuk mengatasi HP Bootloop. Wipe data atau factory reset ini memungkinkan untuk melakukan penghapusan semua data yang ada dalam perangkat tersebut.

Tanpa terkecuali, mulai dari file-file penting, foto, video, hingga musik. Maka dari itu, sebelum melakukan factory reset alangkah baiknya memindahkan terlebih dahulu data-data yang dirasa penting agar tidak menyesal karena telah terhapus.

Warta Menarik:   Cara Mengatasi Kamera WhatsApp Ngezoom Sendiri

Cara mengatasi HP Bootloop ini juga sering dikenal dengan istilah mengembalikan kembali pada pengaturan pabrik. Karena setelah melakukan cari ini, tampilan dari smartphone akan benar-benar kosong layaknya ketika pertama membelinya.

Jangan foto, video, atau data-data penting. Aplikasi yang tersedia saja hanya yang menjadi bawaan pabrik, wallpaper yang digunakan juga sesuai dengan pertama kali smartphone tersebut dibuat.

Sedangkan untuk cara masuk ke recovery mode tentu setiap HP berbeda. Namun secara umum dan yang sering banyak digunakan adalah tekan tombol home + tombol power + volume up + power.

Cara mengatasi Bootloop menggunakan metode ini perlu memerhatikan berbagai aspek. Untu memudahkan, sebagai contoh berikut cara melakukan factory reset pada HP yang berbasis Android.

  • Sebaiknya daya baterai lebih dari 70%
  • HP dalam kondisi mati
  • Tekan secara bersamaan dan tahan sesuai tombol dan jenis HP yang digunakan
  • Masuk ke sistem recovery mode Android
  • Gunakan tombol volume untuk mengarahkan kursor hingga tulisan factory reset
  • Tekan tombol home untuk memulai proses
  • Reboot handphone

Setelah semua tahapan ini dilalui namun tetap tidak membuahkan hasil. Berarti harus menggunakan cara mengatasi HP Bootloop dengan metode lain, yaitu firmware. Atau melakukan penginstalan ulang sistem operasi handphone.

3. Flashing ROM

Jika Bootloop terjadi setelah kamu melakukan flashing ROM baru atau setelah melakukan restore backup. Maka langkah ini sangat efektif untuk mengembalikan kembali kesehatan smartphone seperti semula.

Cara memperbaiki hp bootloop dengan flashing Room yang pertama adalah dengan mematikan HP secara total dan mencabut baterai. Diamkan kurang lebih 5 menit lalu nyalakan kembali. Setelah itu masuk ke recovery (CWM, TWRP, dan sejenisnya).

Pada proses rocovery ini dapat menggunakan tombol volume, tombol home, dan tombol power untuk melakukan navigasi atau pengarahan. Namun kembali lagi, setiap ponsel memiliki cara tersendiri jika berbicara mengatasi permasalahan ini.

Setelah masuk ke dalam ruang recovery, tersedia beberapa langkah yang harus dilakukan. Untuk itu berikut uraiannya.

  • Pilih menu advanced
  • Pilih opsi “wipe dalvik-cache”
  • Buka menu “Mounts & Storage”
  • Pilih opsi “wipw/cache”
  • Reboot

Jika ditinjau dari semua pembahasan di atas, tentu permasalahan Bootloop HP bukan suatu hal serius untuk dipikirkan. Karena langkah-langkah yang harus dilakukan tidak terlalu rumit bahkan cenderung mudah.

Cara mengatasi Bootlop yang sudah dibahas tersebut bisa kamu terapkan untuk berbagai merk smartphone, mulai dari HP Samsung, Oppo, Xiaomi, Nokia dan lain sebagainya.

Tidak perlu repot-repot membawanya ke tempat servis HP yang tentu akan mengeluarkan biaya tambahan. Hanya perlu membuka internet dan mencari tutorial untuk menyelesaikan permasalahan Bootloop yang terjadi pada smartphone kamu.

Bootloop merupakan sebuah permasalahan klasik bagi seorang pengguna setia smartphone berbasis Android. Ini merupakan permasalahan yang bahkan sering ditemui dan mudah untuk diselesaikan.

Namun tentu tidak semua orang memiliki keahlian dalam bidang tersebut. Terbukti masih saja terdapat orang yang kebingungan ketika Bootloop terjadi. Maka dari itu penting sekali mengetahui cara mengatasi HP Bootloop.

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK