Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Mengakses Hp Android Yang Layarnya Rusak

Cara Akses HP Android Layar Rusak –  Hp Android adalah perangkat yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Namun, terkadang layar ponsel dapat mengalami kerusakan akibat terjatuh atau tekanan berlebih. Meskipun sebagian besar layar ponsel dirancang untuk tahan lama, tidak jarang kita menemui layar yang retak atau rusak setelah mengalami beberapa kali terjatuh.

Saat layar ponsel Android rusak, ini dapat menjadi situasi yang sangat mengkhawatirkan. Bagaimana kita bisa mengakses data-data penting yang tersimpan di ponsel jika layarnya tidak lagi berfungsi? Untungnya, ada beberapa cara yang dapat kita coba untuk tetap mengakses ponsel meskipun layarnya mengalami kerusakan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan koneksi USB OTG (On-The-Go). Dengan menghubungkan ponsel yang rusak ke perangkat USB OTG, kita dapat menghubungkannya ke mouse atau keyboard eksternal. Dengan begitu, kita masih bisa mengontrol ponsel meskipun layarnya tidak berfungsi.

Selain itu, kita juga dapat mencoba menggunakan aplikasi remote control. Beberapa aplikasi remote control memungkinkan kita untuk mengontrol ponsel dari komputer atau perangkat lain melalui koneksi internet. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita dapat mengakses dan mengontrol ponsel Android yang layarnya rusak dari jarak jauh.

Dalam situasi yang genting, seperti layar ponsel yang rusak, penting untuk tetap tenang dan mencari solusi yang tepat. Dengan mencoba beberapa cara di atas, kita masih bisa mengakses data yang tersimpan di ponsel meskipun layarnya mengalami kerusakan.

Cara Mengakses Ponsel Yang Layarnya Rusak

Terdapat berbagai metode yang dapat digunakan untuk mengakses ponsel dengan layar yang tidak berfungsi dan memperoleh akses ke semua data yang tersimpan di dalamnya.

Cara Mengakses Hp Android Yang Layarnya Rusak

Akses Dengan USB OTG

Jika layar ponsel masih menampilkan gambar tetapi tidak merespons sentuhan, atau jika layar ponsel tidak merespons sama sekali, gunakan adaptor OTG untuk mengontrol ponsel menggunakan mouse.

Adaptor OTG, yang juga dikenal sebagai On-the-Go, memiliki dua terminal. Satu terminal terhubung ke port USB pada ponsel, sementara terminal lainnya berbentuk adaptor USB-A standar tempat mouse dapat disambungkan. Setelah kedua terminal terhubung, Anda akan dapat mengoperasikan ponsel tanpa perlu menyentuh layarnya.

Warta Menarik:   Cara Update Zoom Meeting Di Android, iOS, MacOS, Laptop dan Komputer Dengan Mudah

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua ponsel Android mendukung penggunaan OTG, jadi pastikan untuk memeriksa apakah ponsel Anda mendukung fitur ini atau tidak. Jika ponsel tidak mendukung OTG, Anda mungkin tidak dapat mengakses informasi yang tersimpan di dalamnya tanpa menggunakan perangkat lunak dari pihak ketiga.

Selain membantu mengatasi masalah aksesibilitas pada ponsel Android dengan layar yang rusak, adaptor OTG juga memiliki berbagai kegunaan lainnya, termasuk untuk menghubungkan keyboard eksternal.

Sebagai tambahan, jika layar sentuh ponsel masih merespons, Anda juga dapat memasang pelindung kaca tempered tipis di atas layar yang rusak. Hal ini dapat membantu Anda untuk melakukan pencadangan data yang tersimpan di dalam ponsel.

Akses HP Malalui Komputer

Metode ini diasumsikan layar masih menyala meskipun kontrol sentuhnya tidak berfungsi. Dengan cara ini, Anda dapat mengakses perangkat melalui komputer untuk mengambil semua data yang tersimpan di dalamnya. Untuk mengakses ponsel melalui komputer, Anda perlu mengaktifkan mode Debugging USB. Debugging USB memungkinkan perangkat Android berinteraksi dengan Android SDK (Software Developer Kit) melalui koneksi USB. Dengan mengaktifkan Debugging USB, perangkat Android dapat menerima perintah, file, dan data lainnya dari komputer. Sebaliknya, hal ini juga memungkinkan komputer untuk mengambil informasi yang diperlukan, seperti file log dari ponsel. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan mode Debugging USB pada ponsel Android:

  1. Gunakan adaptor OTG untuk menghubungkan ponsel ke mouse USB.
  2. Gunakan mouse untuk membuka kunci layar ponsel.
  3. Buka menu Pengaturan dan cari opsi “Tentang Ponsel”.
  4. Cari Nomor Bentukan dan ketuk opsi ini sebanyak 7 kali. Ini akan memunculkan pesan “Anda telah menjadi Pengembang”.
  5. Setelah opsi Pengembang muncul di menu Pengaturan, masuk ke dalamnya dan aktifkan Debugging USB.

Sambungkan ponsel Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Dari komputer, akses dan buka folder dari perangkat ponsel Anda, lalu salin data yang Anda butuhkan ke dalam komputer. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan perangkat lunak screen mirroring seperti Mobize, AppMirror, atau Airdroid untuk mengakses dan mentransfer semua jenis data dengan mudah. Dengan demikian, Anda dapat dengan cepat mengambil dan memindahkan file-file penting dari ponsel yang layarnya rusak ke komputer untuk disimpan atau diolah lebih lanjut.

Jika Layar HP Tidak Menyala

Ada kemungkinan kecil untuk dapat menghubungkan perangkat ke komputer saat layar ponsel tidak menyala. Namun, jika Anda masih bisa menyalakan ponsel meskipun layarnya tidak menampilkan apa pun, Anda dapat mencoba untuk menghubungkan kabel USB yang disertakan dengan perangkat ke komputer.

Warta Menarik:   Cara Mengatasi HP Bootloop Mudah Tanpa Harus ke Konter Untuk Semua Merk

Jika sebelumnya Anda telah mengizinkan akses transfer file pada perangkat Android, Anda akan melihat sebuah folder dengan nama ponsel Anda muncul di komputer. Gunakan folder ini untuk menyalin atau mentransfer file dari ponsel ke komputer dengan mudah.

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, kebanyakan pengguna akan menemukan lebih baik menggunakan alat pemulihan data Android. Meskipun penggunaannya mungkin agak rumit, Anda dapat menginstal Android Studio dan SDK Tools, asalkan sebelumnya telah mengaktifkan USB Debugging pada ponsel Anda.

Sebagian besar alat pemulihan data ini tersedia dalam versi berbayar, tetapi ada juga yang gratis yang dapat Anda coba, seperti MiniTool Mobile Recovery, Undeleter Recover file & data, dan DiskDigger. Meskipun versi gratisnya mungkin memiliki keterbatasan fitur, mereka bisa menjadi solusi yang berguna untuk memulihkan data dari ponsel yang rusak.

Jika tidak ada cara yang berhasil untuk mengakses ponsel yang mengalami masalah layar rusak, maka langkah selanjutnya yang dapat Anda ambil adalah membawanya ke tempat servis untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Cara Mencegah Layar HP Mati

Mengatasi ponsel Android dengan layar yang rusak bisa menjadi tugas yang menantang. Oleh karena itu, sangat penting untuk bersiap-siap jika situasi terburuk terjadi. Salah satu langkah yang dapat Anda ambil adalah dengan secara rutin mencadangkan ponsel Anda dan menginstal aplikasi seperti AirDroid, yang dapat memberikan akses ke data di ponsel Anda bahkan ketika Anda tidak dapat mengontrolnya secara langsung.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan berbagai alat cadangan Android untuk secara teratur mencadangkan data Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan informasi penting. Biasanya, Anda dapat mencadangkan foto dan dokumen penting ke Google Drive atau layanan cloud lainnya secara otomatis, sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya kapan pun Anda membutuhkannya.

Jika suatu saat Anda secara tidak sengaja menjatuhkan ponsel Anda dan layarnya pecah, Anda tidak akan kehilangan akses ke file-file penting Anda. Dengan menggunakan layanan cloud untuk mencadangkan foto secara otomatis, Anda dapat memiliki ketenangan pikiran yang lebih besar.

Selain itu, merupakan ide yang baik untuk menghubungkan ponsel Android Anda ke komputer secara teratur. Saat menghubungkan melalui USB, pastikan untuk mengetuk opsi “Transfer file” dan pilih “Always” untuk default ke mode Transfer File. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah memulihkan file-file yang Anda butuhkan jika layar ponsel Anda mengalami kerusakan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan kemungkinan untuk tetap dapat mengakses data Anda bahkan dalam situasi yang sulit.

Warta Menarik:   Cara Menyembunyikan Root Via Magisk Hide & Root Cloack

Penutup

Mengakses ponsel Android dengan layar rusak memang bisa menjadi tantangan, namun dengan persiapan yang tepat dan langkah-langkah yang bijaksana, kita dapat mengatasi masalah tersebut dengan lebih mudah. Penting untuk selalu menjaga ponsel dicadangkan dan menginstal aplikasi yang dapat membantu mengakses data meskipun layar tidak berfungsi sepenuhnya, seperti AirDroid. Dengan demikian, kita dapat memiliki akses yang lebih mudah terhadap informasi yang tersimpan di ponsel, bahkan dalam kondisi darurat.

Selain itu, menggunakan alat cadangan Android secara teratur juga merupakan langkah yang bijaksana untuk memastikan bahwa data yang tersimpan aman dan dapat diakses kapan pun diperlukan. Dengan mencadangkan foto, video, dan dokumen penting ke layanan cloud seperti Google Drive, kita dapat memiliki ketenangan pikiran yang lebih besar, karena data tersebut akan tetap tersedia meskipun ponsel mengalami masalah teknis.

Terakhir, penting juga untuk menghubungkan ponsel Android ke komputer secara teratur dan memilih opsi “Transfer file” agar selalu default ke mode Transfer File saat menghubungkan melalui USB. Dengan demikian, kita dapat dengan mudah memulihkan file-file yang diperlukan jika layar ponsel mengalami kerusakan. Dengan mempraktikkan langkah-langkah ini, kita dapat menghadapi situasi layar ponsel rusak dengan lebih tenang dan efisien.

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK