Cara Memakai Sumpit dengan Benar

Wartalova.com – Adakah diantara kamu yang belum mengetahui bagaimana cara memakai sumpit dengan benar? Apalagi kamu adalah pecinta kuliner korean food, maka kamu harus bisa makan dengan sumpit.

Sumpit identik dengan beberapa makanan khas dari China, Jepang dan Korea. Buat yang suka jajan makanan ini, pasti tidak heran lagi melihat orang begitu lihai makan dengan menggunakan sumpit.

Kalo di Indonesia, warung Mie Ayam juga sudah menyediakan sumpit untuk menikmati kuliner legend ini.

Sumpit merupakan alat makan khas dari Asia Timur. Sumpit juga dibuat dari bahan yang beragam. Mulai dari sumpit kayu, sumpit yang dibuat dari bambu, dan ada yang dibuat dari plastik dan logam.

Nah, buat kamu yang suka makan mie dengan cara memakai sumpit? Apakah sudah benar cara kamu menggunakan sumpit?

Sudah tahukah kamu bagaimana sejarah tentang sumpit? Berikut ini ringkasan sejarah sumpit.

Sejarah Sumpit dan Jenis-Jenisnya

Sejarah Sumpit Di Asia Timur

Sejarah sumpit berawal dari China. Sumpit mulai digunakan sejak kurang lebih 5.000 tahun sebelum masehi. Dari sinilah asal muasal sejarah sumpit.

Maka dari itu, makanan khas china sudah pasti mie, karena itulah sumpit berawal dari china. Sumpit diprediksi sudah ada sejam zaman Neolitik.

Lalu, cara memakai sumpit tersebuar luas diseluruh daratan China, dan mulai digunakan sebagai alat makan dalam kehidupan sehari-hari.

Di Jepang, sumpit mulai digunakan pada abad ke-7, dan barulah setelah jepang Korea mulai menggunakan Sumpit sebagai alat makan.

Meskipun pada dasarnya sumpit sama saja, namun antara sumpit China, Sumpit Korea dan Sumpit jepang ada perbedaan. Hal ini karena antara 3 negara ini memiliki budaya yang berbeda-beda.

Nah, apa saja yang membedakan sumpit dari tiga negara tersebut? Berikut ini informasi selengkapnya.

1. Sumpit China

Yang pertama adalah sumpit China, masyarakat Chine menyebut Sumpit dengan nama Kuazi, memiliki bentuk panjang dan ujung sumpit tumpul.

Pada awalnya, sumpit China terbuat dari bambu, seiring perkembangan zaman, sumpit China kini populer dibuat dari bahan melamin.

Sumpit China mampu digunakan untuk berbagai keperluan makan, mulai dari makan nasi, mie dan kacang-kacangan.

2. Sumpit Korea

Berbeda lagi dengan sumpit Korea, memiliki cir khas yaitu dibuat dengan bahan dasar logam. Meskipun sama-sama dibawa oleh orang China, Sebutan sumpit korea adalah Jeoggarak.

Di Korea, ada juga sumpit yang dibuat dari bahan emas, perak dan logam. Sumpit ini digunakan pada zaman kerajaan dan digunakan oleh para bangsawan.

Namun, saat ini Jeoggarak dibuat dari bahan stainless steel yang dilengkapi juga dengan sendok makan berbentuk bulat yang dibuat dari logam.

3. Sumpit Jepang

Yang ketiga, adalah sumpit jepang. Sumpit jepang memiliki ciri khas yaitu lebih pendek dibanding dengan sumpit China dan Korea.

Sumpit jepang dibuat pendek karena orang jepang memiliki kebiasaan makan dengan mangkuk yang didekatkan ke mulut. Sumpit jepang memiliki bentuk buat dan ujungnya runcing.

Ujung sumpit yang di buat runcing ini dimaksudkan agar mudah mengambil tulang ikan, karena orang jepang memiliki kesukaan mengkonsumsi ikan.

Itulah beberapa perbedaan antara sumpit China, sumpit Korea dan sumpit Jepang yang dipengaruhi budaya masing-masing.

Cara Memakai Sumpit yang Benar tidaklah sulit!

Untuk memakai sumpit yang benar, caranya seperti gambar dibawah ini. Nah biar makin jelas, kamu bisa simak langkah-langkah menggunakan sumpit berikut ini.

Langkah-langkah Cara Memakai Sumpit dengan Benar

Sesuai yang sudah wartalova.com susun dari berbagai sumber, tentang bagaimana cara memakai sumpit yang benar berikut ini.

  1. Pertama, letakkan satu sumpit di antara jari telunjuk dan jempol, serta seimbangkan dengan jari manis.
  2. Kemudian Letakkan sumpit kedua di antara jari telunjuk dan jempol, taruh di jari tengah.
  3. Pegang sumpit kedua dengan kuat menggunakan jempol, telunjuk, dan jari tengah.
  4. Jari tengah memili fungsi untuk menggerakkan sumpit. Jadi, jari telunjuk dan jari tengah untuk mengambil makanan.

Atau kalo kamu masih belum bisa memakai sumpit dengan benar diatas, maka kamu juga bisa menggunakan sumpit layakanya memegang pensil. Letakkan diatas jari tengah.

Lalu kamu bsia selipkan sumpit dikedua sela-sela jempot dengan jari telunjuk. Taruh sumpit diatas jari manis. Gerakkan dengan jari tengah untuk mengambil makanan.

.Nah, seperti itulah cara memakai sumpit yang benar untuk makan. Kini kamu bisa menggunakan sumpit dan mengetahui sejarah singkat sumpit dari berbagai negara.

Semoga ringkasan cara memakai sumpit yang wartalova.com uraikan diatas bisa memberikan manfaat. Ikuti terus update info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *