Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Lock 4G Only Hp Xiaomi Semua Tipe

Cara Lock 4G Xiaomi – Operator telekomunikasi di Indonesia telah mulai mengadopsi layanan teknologi internet berkecepatan tinggi generasi keempat (4G) long term evolution (LTE) pada akhir tahun 2014. Saat ini, Indonesia menempati posisi di antara 5 besar negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak di dunia. Namun, ironisnya, dalam hal kecepatan internet 4G, Indonesia termasuk dalam 5 negara dengan performa terendah dari total 77 negara yang telah mengadopsi teknologi ini.

Kondisi ini menimbulkan keprihatinan, mengingat pentingnya akses internet yang cepat dan stabil dalam mendukung berbagai aktivitas di era digital ini. Harapan masyarakat Indonesia adalah agar layanan 4G di negara ini dapat meningkat baik dari segi kecepatan maupun kestabilannya di masa mendatang.

Meskipun hampir semua tipe HP Xiaomi telah mendukung jaringan 4G di Indonesia, namun tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas jaringan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu. Pengguna perangkat terbaru pun tidak selalu dijamin akan mendapatkan kualitas jaringan yang baik, terutama jika mereka tinggal di daerah yang jauh dari jangkauan Base Transceiver Station (BTS) dari operator yang mereka gunakan.

Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan infrastruktur telekomunikasi, termasuk peningkatan jangkauan BTS dan kualitas layanan 4G, menjadi sangat penting bagi kemajuan teknologi dan konektivitas di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan bahwa di masa depan, masyarakat dapat menikmati akses internet yang cepat, andal, dan merata di seluruh wilayah Indonesia.

Kenapa Harus Lock 4G Network Di Xiaomi

Bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil yang jauh dari Base Transceiver Station (BTS), seringkali mereka hanya bisa pasrah ketika jaringan 4G di perangkat Xiaomi mereka tiba-tiba beralih ke 3G/HSDPA. Perubahan jaringan yang sering ini dapat menyebabkan gangguan pada koneksi internet, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan keterlambatan dalam proses unduhan dan menjadi salah satu faktor utama penyebab peningkatan nilai PING.

Selain itu, operator seluler seringkali menawarkan kuota internet yang lebih besar untuk penggunaan jaringan 4G mereka. Namun, sangat disayangkan apabila kuota yang digunakan hanya sebagian dari kuota utama (kuota yang berlaku untuk semua jaringan), sementara kuota khusus untuk jaringan 4G tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Oleh karena itu, penting untuk mengunci jaringan 4G di perangkat Xiaomi Anda agar tidak beralih secara otomatis ke jaringan 2G/3G. Dengan mengunci jaringan, Anda dapat memastikan konsistensi dalam penggunaan jaringan 4G, sehingga dapat memaksimalkan keuntungan dari kuota internet yang lebih besar dan menghindari gangguan dalam koneksi internet akibat perpindahan jaringan yang tidak diinginkan.

Warta Menarik:   Produk Lokal untuk Memperbaiki Skin Barrier

Untuk melakukan penguncian jaringan 4G di perangkat Xiaomi, terdapat beberapa langkah yang dapat Anda ikuti sesuai dengan model perangkat dan versi sistem operasi yang digunakan. Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda dapat lebih mengontrol penggunaan jaringan pada perangkat Anda sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Dengan demikian, Anda dapat menikmati pengalaman menggunakan internet yang lebih lancar dan efisien pada perangkat Xiaomi Anda.

Cara Lock 4G LTE Only HP Xiaomi

Menghadapi tantangan ini, Anda perlu mengimplementasikan strategi untuk menjaga agar sinyal 4G pada perangkat Xiaomi Anda stabil. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda terapkan untuk mengunci jaringan 4G pada HP Xiaomi Anda:

  1. Aktifkan fitur penguncian. Di dalam pengaturan perangkat Xiaomi Anda, carilah opsi untuk mengunci jaringan 4G LTE secara eksklusif. Dengan mengaktifkan opsi ini, Anda dapat mencegah perangkat beralih secara otomatis ke jaringan lainnya.
  2. Gunakan aplikasi tambahan. Selain menggunakan fitur bawaan, Anda juga dapat mengunduh aplikasi tambahan dari toko aplikasi yang dapat membantu Anda mengunci sinyal 4G dengan lebih mudah. Pilih aplikasi yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Manfaatkan fitur khusus. Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang cukup, Anda dapat memanfaatkan fitur khusus seperti Engineer Mode pada perangkat Xiaomi Anda. Dengan akses ke mode ini, Anda dapat melakukan penyesuaian yang lebih detail terhadap pengaturan jaringan perangkat Anda.

Berikut ini beberapa cara mengunci jaringan 4G HP Xiaomi secara detail langkah demi langkah:

Kode Kunci 4G Xiaomi

Kode rahasia yang akan saya bagikan di bawah ini sangat berguna untuk mengakses berbagai menu tersembunyi pada perangkat Xiaomi Anda. Di dalam menu tersebut, Anda dapat melakukan berbagai pengujian jaringan, seperti uji tes informasi radio, uji tes ping jaringan, dan memantau kinerja IC WTR atau RF.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengubah pengaturan jaringan seperti GSM, WCDMA, dan 4G LTE melalui menu yang tersedia. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengakses dan mengunci sinyal 4G pada perangkat Xiaomi Anda menggunakan kode kunci jaringan:

  1. Dial ke ##4636##
  2. Pilih Informasi Telepon1.
  3. Jika Anda menggunakan SIM 2 sebagai default untuk internet, pilih Informasi Telepon2.
  4. Pada menu yang muncul, pilih jenis jaringan yang Anda inginkan.
  5. Pilih opsi “LTE Only”.

Dengan demikian, sinyal 4G akan terkunci secara otomatis pada perangkat Anda.

Namun, perlu diingat bahwa apabila sinyal 4G tidak muncul setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kemungkinan besar wilayah Anda memiliki jaringan yang lemah atau bahkan tidak ada sinyal sama sekali. Jadi, pastikan Anda berada di wilayah dengan jaringan yang memadai sebelum mencoba mengunci sinyal 4G pada perangkat Xiaomi Anda.

Warta Menarik:   Cara Root HP Oppo Dengan Aplikasi Oppo Tools

Lewat Engineering Mode Xiaomi (Mediatek)

Bagi pengguna Xiaomi dengan chipset Mediatek, ada alternatif lain untuk mengunci sinyal 4G dengan mengakses menu Engineering Mode menggunakan kode kunci atau aplikasi MTK Engineering Mode.

Berikut adalah langkah-langkahnya untuk mengunci 4G melalui Engineering Mode:

  1. Dial ##3646633##.
  2. Pilih “Network Selecting”.
  3. Pilih SIM 1 atau SIM 2, tergantung pada kartu SIM yang digunakan untuk internet.
  4. Jika sinyal 4G tidak muncul, pilih menu “Band Mode”.
  5. Pilih SIM yang digunakan untuk internet.
  6. Beri centang pada opsi band LTE yang tersedia.
  7. Terakhir, pilih “SET”.
  8. Kembali ke layar sebelumnya dan coba lagi untuk menggunakan sinyal 4G.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengunci sinyal 4G pada perangkat Xiaomi dengan chipset Mediatek Anda melalui Engineering Mode.

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Selain menggunakan kode kunci atau akses Engineering Mode, Anda juga dapat mengandalkan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci jaringan LTE pada perangkat Android Anda. Khususnya bagi pengguna smartphone Android berbasis Android 11, di mana metode penguncian menggunakan kode-kode telah tidak lagi tersedia dan mengharuskan pengguna untuk mengandalkan aplikasi tambahan yang dapat diunduh melalui Play Store.

Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah Force LTE Only. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi ini, buka aplikasi tersebut dan pilih metode yang sesuai dengan versi Android perangkat Anda. Jika Anda menggunakan Xiaomi dengan Android 12, pilih Method 2, sedangkan untuk pengguna Android 10 ke bawah, pilih Method 1.

Setelah masuk ke halaman Informasi Telepon dalam aplikasi, Anda dapat menemukan opsi untuk mengatur jenis jaringan yang diinginkan. Pilih opsi “LTE Only” untuk mengunci perangkat pada jaringan 4G secara eksklusif. Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda berhasil mengunci jaringan 4G pada perangkat Android Anda melalui aplikasi tambahan.

Untuk mengunci jaringan 4G pada SIM 2, Anda dapat memilih opsi “Phone Indeks” dan selanjutnya pilih “Phone 1”. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa kedua kartu SIM pada perangkat Anda terkunci pada jaringan 4G dengan cara yang sama. Selalu pastikan untuk memilih opsi yang sesuai dengan konfigurasi perangkat Anda untuk hasil yang optimal.

Kekurangan Lock 4G Di Xiaomi

Penting untuk diingat bahwa ada kelemahan yang perlu dipertimbangkan saat Anda mengunci jaringan ke 4G secara eksklusif pada perangkat Xiaomi. Salah satunya adalah ketidakmampuan untuk melakukan komunikasi telepon, baik itu melakukan panggilan keluar maupun menerima panggilan masuk.

Namun, ada pengecualian untuk pengguna Smartfren, karena operator ini menyediakan layanan VOLTE (Voice Over LTE). Dengan demikian, pengguna dapat tetap melakukan komunikasi melalui telepon bahkan saat terkoneksi dengan jaringan 4G/LTE.

Warta Menarik:   J&T Express Terdekat - Menemukan Layanan Kurir Terbaik di Dekat Anda

Bagi pengguna yang tertarik untuk menggunakan layanan Smartfren pada perangkat Xiaomi mereka, saya telah membagikan panduan tentang cara melakukan pengaturan Smartfren 4G. Silakan baca postingan saya yang berjudul “Cara Setting Smartfren 4G Di HP Xiaomi” untuk informasi lebih lanjut. Dengan demikian, Anda dapat memaksimalkan penggunaan layanan 4G tanpa kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi melalui telepon.

Daftar HP Xiaomi Support 4G

Berikut adalah daftar beberapa model ponsel Xiaomi Redmi dan Poco yang mendukung konektivitas jaringan 4G LTE.

Model Model
Redmi 4A Redmi 4
Redmi 4X Redmi 3
Redmi 3s Redmi Note 4X
Mi A2 Mi A2 Lite
Redmi Note 3 Redmi Note 4
Redmi Note 10 Poco M3
Poco X3 NFC Pocophone F1
Redmi 5 Redmi 5 Plus
Redmi 5A Redmi 6
Redmi 6A Redmi 7
Redmi 7A Redmi 8
Redmi 8A Redmi 8A Pro
Redmi 9 Redmi 9A
Redmi 9C Redmi 9T
Redmi Go Redmi Note 5
Redmi Note 5A Redmi Note 5A Prime
Redmi Note 6 Pro Redmi Note 7
Redmi Note 8 Redmi Note 8 Pro
Redmi Note 9 Redmi Note 9 Pro
Redmi 10 Redmi S2

Penutup

Teknologi LTE merupakan bagian dari jaringan 4G yang memberikan kecepatan download dan upload hingga mencapai 100 Mbps (megabits per detik). Di Indonesia, operator seluler menggunakan sejumlah band frekuensi 4G, termasuk Band 5 (FDD LTE 850 MHz), Band 3 (FDD LTE 1800 MHz), dan Band 40 (TDD LTE 2.300 MHz).

Namun, penting untuk diingat bahwa jika perangkat 4G LTE yang Anda gunakan tidak mendukung band frekuensi yang digunakan oleh operator, maka Anda tidak akan bisa menerima sinyal 4G. Oleh karena itu, saat membeli smartphone 4G LTE yang bukan resmi, pastikan bahwa perangkat tersebut mendukung frekuensi 4G yang telah disebutkan sebelumnya.

Dengan demikian, diharapkan solusi yang telah dibagikan dapat membantu mengatasi masalah sinyal 4G yang sering berpindah ke jaringan 3G/H. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pengguna perangkat Xiaomi.

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK