Web Analytics Made Easy - Statcounter

Cara Flash Xiaomi Redmi 5 Plus via MiFlash (Vince)

Cara Flash Xiaomi Redmi 5 Plus – Pada permulaan tahun 2018, Xiaomi memperkenalkan Redmi 5 Plus, menciptakan beragam pengalaman bagi penggunanya. Sebagian merasa puas, namun tidak sedikit yang mengalami kendala seperti bootloop, hang, dan masalah lainnya.

Kondisi semacam itu dapat terjadi pada smartphone favorit Anda. Penyelesaiannya mungkin dengan hard reset, atau instal ulang melalui recovery atau TWRP, atau menghubungi layanan pelanggan Xiaomi.

Namun, tidak selalu reset atau instal ulang via recovery dapat menyelesaikan masalah di Redmi 5 Plus Anda. Solusi terakhir adalah dengan melakukan flashing firmware fastboot menggunakan PC atau Laptop.

Bagi yang berencana melakukan flashing Redmi 5 Plus, tersedia MiFlash dan firmware Fastboot Redmi 5 Plus MIUI 9 dan MIUI 10.

Perlu diingat, jika Redmi 5 Plus Anda belum Unlock Bootloader, proses flashing tidak akan berjalan. Untuk yang belum Unlock Bootloader, perlu melakukan test point terlebih dahulu.

Download Firmware dan MiFlash Tool Redmi 5 Plus

Unduh MiFlash Tool 7.4.25 kemudian Instal alat flash Xiaomi ini di PC atau Laptop yang menjalankan sistem operasi Windows. Disarankan untuk me-restart PC / Laptop setelah proses instalasi.

Download MiFlash Tool 7.4.25

Pilih ROM Fastboot yang sesuai di bawah ini, tersedia MIUI 9 dan MIUI 10. Jika saat ini menggunakan ROM China (tanpa bahasa Indonesia), pilih versi firmware China. Kemudian ekstrak ROM Fastboot ini di drive C:.

Firmware Link Download
Redmi 5 Plus Firmware Global Stable MIUI 10.2.3.0 Android Oreo Download
Redmi 5 Plus Firmware Global Stable MIUI 9.6.5.0 Android Oreo Download
Redmi 5 Plus Firmware China Stable MIUI 10.3.2.0 Android Oreo Download
Redmi 5 Plus Firmware China Stable MIUI 9.6.3.0 Android Nougat Download

Cara Flash Redmi 5 Plus Menggunakan Mi FlashTool

1. Kalau semua bahan sudah siap, sekarang kalian masuk ke menu Fastboot Mode dengan cara, matikan Redmi 5terlebih dahulu baru kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power bersama-sama, tahan sejenak sampai masuk ke Fastboot Mode. Seperti contoh gambar di bawah ini.

2. Langkah berikutnya adalah membuka MiFlash Tool dan memilih file ROM Fastboot yang sudah diekstrak sebelumnya di drive C:. Setelah memilih file ROM, pada bagian bawah aplikasi, pilih opsi Clean All atau Clean All and Lock jika ingin mengunci kembali bootloader perangkat.

Warta Menarik:   Cara Menjadi Streamer di MLive

3. Kemudian, sambungkan Redmi 5 Plus ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan untuk menggunakan kabel USB yang resmi dari Xiaomi atau minimal kabel dengan kualitas yang baik. Setelah terhubung ke komputer, Mi Flash Tool akan mendeteksi ID dan perangkat kita. Jika belum terdeteksi, cukup klik tombol Refresh.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5 Plus via MiFlash (Vince)

4. Tiba saatnya untuk melakukan flashing, cukup tekan tombol Flash dan proses akan dimulai secara otomatis. Anda dapat melihatnya dari kemajuan yang ditampilkan pada progress bar yang berwarna hijau.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5 Plus via MiFlash (Vince)

5. Proses flashing dapat memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit, bahkan mungkin lebih lama. Setelah proses flash selesai, status Success akan ditampilkan di Mi Flash, dan Redmi 5 Anda akan reboot secara otomatis. Jika tidak, cobalah cabut kabel USB dan tahan tombol Power hingga perangkat bergetar.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5 Plus via MiFlash (Vince)

Cara Test Point Redmi 5 Plus “Vince”

Jika Anda belum melakukan Unlock Bootloader (UBL) pada Redmi 5 Plus Anda, satu-satunya opsi adalah dengan melakukan Test Point. Untuk melakukannya, pertama-tama buka casing Redmi 5 Plus Anda. Setelah itu, ambil kawat atau pinset dan hubungkan ke dua titik yang dilingkari merah. Selanjutnya, tahan koneksi tersebut dan sambungkan Redmi 5 Plus ke PC atau laptop menggunakan kabel USB.

Jika perangkat masih belum terdeteksi setelah melakukan langkah-langkah di atas, coba lepaskan kabel USB dan ulangi prosesnya. Setelah Redmi 5 Plus terdeteksi, lepaskan kawat atau pinset yang digunakan sebelumnya, lalu Anda dapat melanjutkan proses flashing seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi masalah yang mungkin timbul pada smartphone Anda dan memulihkannya kembali ke kondisi yang normal. Flashing firmware menggunakan Mi Flash Tool adalah salah satu cara efektif untuk menginstal ulang sistem operasi pada perangkat Xiaomi Anda.

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami masalah dengan Redmi 5 Plus Anda. Jika Anda mengikuti setiap langkah dengan teliti, Anda akan dapat melakukan flashing dengan lancar dan mengembalikan kinerja perangkat Anda seperti semula.

Profil Penulis

Wawan Kurniawan
Wawan KurniawanMenulis dan Menulis Semoga Bermanfaat!
Hobi menulis dan membuat blog dengan berbagai macam niche, mulai dari tekno sampai tips sehari-hari yang dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

//CLOCK